5 Update Instagram Paling Signifikan Sepanjang 2018

instagram updates

Dengan jumlah pengguna aktif yang mencapai hampir miliaran per Juni 2018 lalu, Instagram sukses menjadi salah satu media sosial paling populer di dunia. Lebih dari sekadar aplikasi fotografi dan video, Instagram juga telah menjadi sebuah platform digital marketing yang powerful. Berdasarkan data dari powerdigitalmarketing.com, peluang orang-orang berinteraksi dengan brand melalui Instagram ternyata sepuluh kali lebih besar jika dibandingkan dengan Facebook.

Demi mempertahankan para pengguna sekaligus brand yang memanfaatkan platform mereka, tahun ini pun Instagram melakukan sejumlah update, baik kecil maupun besar. Dari sekian banyak update selama 2018, berikut adalah beberapa update Instagram yang dianggap paling signifikan.

IGTV

Sudah banyak riset yang menyebutkan bahwa kini semakin banyak orang menonton konten video melalui smartphone mereka. Hal ini jugalah yang sepertinya melatarbelakangi munculnya IGTV, fitur baru Instagram berupa platform video berbentuk vertikal. Berbeda dari IG Stories yang hanya mampu menampilkan video dengan batasan hitungan detik, IGTV memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan menikmati video vertikal dengan durasi mencapai enam puluh menit.

Halaman eksplor baru

Pada dasarnya, halaman Eksplor di Instagram menampilkan konten yang menurut algoritma Instagram sesuai dengan ketertarikan kita. Namun, terkadang ada saja konten yang membuat Anda mengernyitkan kening karena tidak tahu dari mana asal muasalnya. Nah, sebagai solusi dari hal tersebut, Instagram pun melakukan update cukup besar pada halaman Eksplor.

Kini, saat membuka halaman tersebut, Anda bisa melihat deretan kategori di bagian atas. Deretan kategori ini berbeda-beda pada tiap pengguna, tergantung dari konten apa yang paling sering Anda like atau comment. Beberapa kategori yang bisa muncul adalah Art, Food, Movies, Music, Animals, dan Travel. Jadi, ketika misalnya Anda mengklik kategori Travel, maka konten yang muncul pada Eksplor hanyalah yang terkait dengan travel.

Nametags

Bagi yang pernah menggunakan Snapchat, kemungkinan besar Anda sudah tidak asing dengan fitur baru Instagram ini. Nametags bisa dikatakan QR Code versi Instagram. Untuk menggunakannya, Anda dapat membuat gambar seunik mungkin yang nantinya bisa discan melalui fitur Stories untuk difollow. Brand bisa menggunakan fitur Nametags dan menempatkannya di toko atau kafe agar orang bisa dengan mudah menemukan dan follow akun Instagram Anda.

Story mention sharing

Dulu, ketika ada orang yang mention username Anda di konten IG Stories mereka, Anda harus terlebih dulu mengambil screenshot untuk mengunggah ulang konten tersebut di IG Stories. Prosesnya cukup panjang bukan? Untungnya ada fitur baru Instagram yang memungkinkan Anda untuk langsung me-repost IG Stories selama username Anda dimention oleh orang lain. Tak perlu khawatir akan kelewatan karena Instagram akan mengirim notifikasi melalui Direct Mesasge bahwa kamu baru saja dimention.

Shopping tags

Sejak Maret 2018, brand bisa lebih mudah menjual produk-produk unggulan mereka dengan adanya fitur Shopping Tags. Melalui fitur ini, Anda dapat memasarkan produk secara spesifik dalam sebuah foto dengan mencantumkan tag. Ketika pengguna mengklik tag tersebut, nama dan harga produk akan terlihat dan para pengguna juga akan langsung diarahkan menuju website eCommerce milik bisnis Anda.

Menariknya lagi, fitur Shopping Tags juga bisa Anda terapkan di IG Stories. Setiap konten yang menerapkan fitur ini ditandai dengan adanya simbol tas belanja. Konten-konten dengan Shopping Tags ini juga dimunculkan pada halaman Explore Instagram.


Mengingat jumlah penggunanya ada begitu banyak, baik individu maupun brand, kemungkinan besar Instagram akan terus melakukan update demi memberi kepuasan maksimal kepada penggunanya. Kita tunggu saja terobosan apa lagi yang akan Instagram berikan pada 2019 nanti.

Sumber: Social Media Today, Power Digital Marketing