5 Update Penting dari Konferensi F8 Facebook 2018

F8 Facebook

Facebook Developer Conference (F8) 2018 resmi diadakan pada 1-2 Mei 2018 lalu di San Jose, California. Konferensi F8 ini diselenggarakan untuk mengumumkan berbagai teknologi baru dari Facebook dan berbagai lini produk lainnya seperti Instagram, WhatsApp, Oculus, dan lain-lain. F8 tahun ini diklaim sebagai konferensi terbesar mereka karena menyediakan lebih dari lima puluh sesi interaktif.

Dari begitu banyaknya update yang disampaikan oleh Facebook, ada beberapa informasi yang menjadi sorotan dan dibicarakan oleh para pelaku industri teknologi. Cek ulasan selengkapnya di bawah ini!

Clear history

Facebook clear history

Sejak terjadi kasus bocornya data pengguna Facebook oleh aplikasi pihak ketiga Cambridge Analytica, Facebook benar-benar mengutamakan pengaturan privasi pada update kali ini. Pada ajang F8 2018, Mark Zuckerberg mengumumkan fitur baru bernama clear history.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengecek situs eksternal mana saja yang mengirimkan informasi tentang Anda kepada Facebook, lalu Anda bisa menghapus informasi tersebut melalui perangkat analytic Facebook. Tak hanya itu, Anda juga bisa dapat mematikan fitur data-collection pada Facebook sekaligus situs pihak ketiga yang menggunakan perangkat data-collection Facebook.

Facebook groups

facebook group tab

Pada hari pertama F8 2018, Mark Zuckerberg menyebutkan bahwa kini sebanyak 1,4 miliar orang menggunakan Facebook Groups setiap harinya. Facebook percaya bahwa fitur groups mampu menciptakan interaksi yang berkesan bagi penggunanya. Demi memberi kemudahan dan kenyamanan lebih kepada para pengguna groups, Facebook pun meluncurkan fitur groups tab. Fitur ini akan memudahkan Anda untuk melakukan navigasi seluruh grup sehingga akses kontennya pun akan lebih efisien.

Sharing to stories

spotify instagram story

Meski dianggap meniru Snapchat ketika pertama kali diluncurkan pada 2016 lalu, kini Instagram Stories menjadi salah satu platform yang paling ramai digunakan. Pengguna hariannya bahkan mencapai 300 juta! Pihak Facebook pun senantiasa memberikan update demi menunjang kebutuhan para penggunanya. Melalui F8 2018 kemarin, Instagram Stories kembali mendapat update baru, yaitu fitur sharing dari aplikasi third-party.

Jadi, Instagram Stories bekerja sama dengan berbagai aplikasi third-party sehingga kini Anda bisa melakukan update Instagram Stories langsung dari aplikasi tersebut. Misalnya, Anda sedang mendengarkan lagu di aplikasi mobile Spotify dan ingin share lagu tersebut ke Instagram Stories. Nah, Anda bisa langsung melakukannya melalui Spotify tanpa harus membuka aplikasi Instagram Stories.

Explore tab baru di Instagram

Tab baru

Anda yang cukup aktif menggunakan Instagram pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur explore. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengeksplor berbagai konten sesuai dengan interaksi Anda di dalam aplikasi. Nah, agar konten yang muncul di fitur explore semakin relevan dengan ketertarikan Anda, Instagram telah melakukan update.
Di bagian atas fitur explore, terdapat beberapa kategori yang dinilai Instagram sebagai topik-topik favorit Anda, misalnya seperti animals, photography, humor, movie and film, dan sebagainya. Jadi, jika misalnya Anda klik kategori movie and film, pada fitur explore akan muncul berbagai konten yang berhubungan dengan kategori tersebut.

Instagram video chat

instagram video chat

Instagram benar-benar mendapatkan banyak update tahun ini. Selain penambahan channel pada explore, sekarang Instagram juga telah mendukung video chat, baik untuk komunikasi one-to-one atau grup. Melalui fitur ini, pengguna Instagram pun bisa berkomunikasi melalui video secara real-time tanpa harus melakukan broadcast seperti pada Instagram Live. Pada ajang F8 2018, diumumkan pula bahwa fitur video chat ini juga akan disematkan ke WhatsApp pada beberapa bulan mendatang.


Dengan adanya berbagai update tersebut, para digital marketer kini punya lebih banyak opsi dalam menghadirkan konten digital bagi para konsumennya. Kira-kira konten seperti apa yang akan Anda buat?

Sumber: Buffer Social, DIGITAL TRENDS