6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Mencari Pekerjaan Pertama

pekerjaan pertama

Persaingan kerja yang semakin ketat di Indonesia membuat para pencari kerja harus berjuang lebih keras untuk mendapatkan pekerjaan. Perusahaan cenderung memilih kandidat dengan pengalaman banyak, yang mana hal tersebut belum dimiliki oleh para first-jobber.

Ini bukan berarti Anda harus menurunkan standar dalam mencari pekerjaan yang sesuai minat dan kemampuan. Anda tetap harus mempertimbangkan beberapa hal penting saat mencari pekerjaan pertama Anda.

Pengalaman yang akan Anda dapatkan

Mengingat pengalaman yang masih belum terlalu banyak, maka di awal jenjang karir ini, sebaiknya Anda fokus untuk mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin. Jadi, sebelum Anda menerima posisi di suatu perusahaan, pertimbangkan pengalaman apa saja yang bisa Anda dapatkan nantinya. Misalnya, jika Anda melamar di perusahaan copywriting sebagai seorang writer, apakah nanti Anda hanya akan menulis? Apakah Anda akan diberi kesempatan untuk belajar hal baru seperti menangani klien atau proyek?

Ekspektasi gaji pada level pemula

Banyak orang mengatakan bahwa sebagai seorang first-jobber, Anda tak seharusnya meminta gaji dalam jumlah yang muluk. Namun, bukan berarti Anda bisa pasrah begitu saja menerima gaji yang ditawarkan perusahaan. Sebagai pelamar kerja, Anda memiliki hak untuk mengajukan jumlah gaji. Sebelum interview, lakukan riset untuk mengetahui range gaji yang umumnya diberikan perusahaan lain untuk posisi yang Anda lamar. Berdasarkan info yang Anda dapat, Anda bisa mempertimbangkan apakah gaji yang ditawarkan sudah layak dan sesuai.

Benefit lain selain gaji

Selain gaji, ada hal lain yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan saat mencari pekerjaan pertama, yaitu benefit atau keuntungan. Hal ini bisa mencakup asuransi kesehatan, asuransi ketenagakerjaan, bonus, dan cuti. Benefit dapat membantu meningkatkan kesejahteraan Anda sebagai karyawan. Cari tahu kapan Anda bisa mengambil cuti, berapa lama waktu cuti dalam setahun, apakah ada kesempatan untuk mendapatkan bonus, apakah Anda akan mendapatkan asuransi kesehatan, bagaimana prosedur pembayaran preminya, dan sebagainya.

Lingkungan kerja

Ingat, jika diterima, Anda akan menghabiskan waktu setidaknya delapan jam sehari di perusahaan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda harus menikmati waktu Anda di sana. Anda bisa menentukan hal ini saat datang ke perusahaan untuk interview. Bagaimana karyawan yang Anda temui di sana? Apakah mereka cukup ramah? Apakah mereka jarang berbincang satu sama lain karena sibuk bekerja di kubikel masing-masing? Jangan sampai ketidaknyamanan Anda memberi dampak buruk pada performa kerja nantinya.

Posisi karyawan lama

Proses training dan pengembangan merupakan salah satu hal paling penting dalam pekerjaan pertama karena ia dapat menjadi batu loncatan bagi Anda. Saat training, biasanya akan ada seorang leader yang membimbing Anda. Jika memungkinkan, cobalah cari tahu tentang karyawan-karyawan sebelumnya yang juga pernah dibimbing oleh leader tersebut. Bekerja di posisi apa ia sekarang? Apakah ia sudah berulang kali dipromosikan? Dengan begini, Anda bisa tahu apakah pimpinan Anda memiliki skill bagus dalam mengembangkan karyawan.

Track record perusahaan

Sebelum melakukan interview dengan perusahaan tertentu, Anda pasti akan melakukan riset terlebih dulu, bukan? Nah, jangan lupa untuk mencari tahu tentang track record perusahaan tersebut. Jika baru-baru ini perusahaan mengakuisisi cabang atau departemen lain, maka hal tersebut dapat menjadi pertanda baik. Apabila melamar kerja di perusahaan startup, Anda pasti akan mendapat banyak pengalaman seiring tumbuhnya startup tersebut. Namun, umumnya perusahaan baru memang harus struggling pada masa awal berdiri. Pertanda baik lainnya adalah jika perusahaan yang Anda lamar pernah menerima penghargaan tertentu.


Mendapatkan pekerjaan pertama memang tidak mudah, tetapi bukan berarti Anda harus mengiyakan setiap tawaran. Keenam hal di atas sangat penting untuk dipertimbangkan agar Anda tidak salah pilih dan berakhir menyesal. Semoga Anda bisa segera mendapatkan pekerjaan pertama yang sesuai dengan minat dan kemampuan!

Join Us

Artikel - Artikel Terkait