6 Langkah Mengadakan Outing Perusahaan yang Menyenangkan

outing perusahaan

Outing perusahaan bisa menjadi hal yang menyenangkan ataupun tak menyenangkan bagi anggotanya. Semua ini tergantung dari jenis kegiatan dan keterlibatan partisipan yang ada di dalamnya. Berikut adalah beberapa tips mengadakan outing perusahaan yang bisa Anda ikuti.

Berikan tujuan kegiatan yang jelas

Outing perusahaan bukan dimaksudkan untuk menjadi acara senang-senang tanpa tujuan. Anda harus tetap memiliki tujuan tersendiri yang harus dicapai melalui acara ini. Tak harus selalu tujuan yang formal seperti "membangun kerja sama tim yang lebih baik", tetapi juga bisa tentang sesuatu yang lebih kasual. Seperti "untuk membuat pegawai lebih terbuka dengan satu sama lain." Yang jelas, tujuan ini harus bisa dipahami oleh semua partisipan dan semua harus setuju untuk melakukannya.

Jangan memaksakan budget

Tips kedua adalah tentunya Anda tak boleh memaksakan budget. Namun Anda juga tak boleh menekan biaya besar-besaran hingga mendapatkan tempat tinggal yang tak layak selama outing. Memang biaya yang murah akan lebih baik, tapi Anda harus tetap memastikan kelayakannya. Bila tak layak, tak hanya tujuan dari outing yang tak akan bisa tercapai, tapi para pegawai pun bukannya malah bahagia setelah outing namun menjadi semakin stres. Anda tentu tak mau ini terjadi, bukan?

Adakan aktivitas yang berhubungan dengan tujuan outing

Setelah kedua hal di atas direncanakan dengan baik, Anda wajib memberikan aktivitas yang sesuai dengan tujuan yang ada. Sehingga, tak hanya bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, namun outing ini pun memberi hasil positif pada perusahaan. Budget tak terbuang sia-sia, produktivitas pegawai pun makin tinggi.

Batasi penggunaan smartphone

Saat melakukan outing, sebisa mungkin Anda jauhkan para pegawai dari smartphone. Pastikan bagaimana partisipan bisa saling bergembira dan melaksanakan kegiatan dengan satu sama lain tanpa ada interferensi apapun. Penggunaan smartphone yang berlebih tak hanya bisa mengurangi tujuan outing perusahaan Anda, tetapi juga mengurangi interaksi antar pegawai yang seharusnya makin erat dengan adanya outing ini.

Pasangkan orang-orang yang tak biasanya berinteraksi

Bila Anda memiliki kegiatan berupa kegiatan tim, sebaiknya Anda memasangkan orang yang tak biasanya berpasangan. Bila A sering berpasangan dengan B dan C sering berpasangan dengan D, Anda bisa memasangkan mereka dalam tim dengan cara menggabungkan A dan C dan B dan D. Meski tak harus dilakukan, namun hal ini bisa membuat para pegawai saling mengenal satu sama lain lebih dalam. Hasilnya, tim bisa saling mengenal orang baru dan kerja sama tim akan semakin terjaga dan solid di perusahaan Anda.

Ajak tim ikut dalam perencanaan

Untuk menjadikan outing ini makin menyenangkan, ada baiknya untuk merencanakan agenda ini dengan tim Anda bersama-sama. Rapatkanlah kegiatan tersebut dengan baik sehingga tak ada yang merasa adanya keterpihakan atau keegoisan dari suatu pihak yang membuat partisipan menjadi kurang nyaman saat outing dilaksanakan.


Inilah tips membuat outing yang menyenangkan untuk perusahaan Anda. Sosialisasikan tujuan dari outing ini dengan para anggota sebelum keberangkatan, juga ajak mereka untuk berdiskusi mengenai kegiatan yang akan dilakukan sat outing nanti.

Selamat mencoba!

Sumber: Marketing Mag, SUREPAYROLL