6 Langkah Meningkatkan Pembelian di Online Shop Anda

meningkatkan pembelian di online shop

Bisnis Online Anda memiliki banyak produk tetapi rata-rata pembelian Anda rendah? Berikut tips jitu untuk meningkatkan rata-rata pembelian atau average order value pada toko online Anda.

Rekomendasi produk

Terkadang, pelanggan seringkali fokus dengan mencari hanya satu barang, sehingga mereka tidak berkeinginan untuk melihat-lihat produk lain yang ada di online shop Anda. Ini adalah salah satu penyebab rendahnya rata-rata pembelanjaan. Untuk membantu mengatasi hal ini, cobalah untuk merekomendasikan atau menawarkan produk lain pada checkout page Anda.

Misalnya, dengan memberikan gambar & link terkait dengan produk-produk terlaris atau produk yang sifatnya melengkapi produk (complementary product) yang sudah ada di dalam chart si Pelanggan. Kuncinya, cross selling seperti ini haruslah produk yang relevan.

Berikan penawaran khusus

Ada tiga trik sederhana yang kerap digunakan untuk meningkatkan rata-rata penjualan. Seperti, memberikan voucher (potongan harga), layanan pengiriman gratis dan hadiah langsung. Tentu saja, penawaran khusus ini diberikan dengan persayaratan, misalnya dengan pembelian mencapai Rp 300.000.

Rancanglah sebuah loyalty program

Memberikan rewards, itulah intinya. Program ini juga bermanfaat untuk menghargai pelanggan setia online shop Anda. Terutama jika Anda menjual consumable product. Contoh, jika Anda menjual produk perawatan tubuh seperti body lotion dan body scrub. Jika dirasa cocok, setelah habis, maka Pelanggan akan datang untuk membeli lagi. Nah, Anda bisa memberikan point pada tiap pembelian. Ketika Pelanggan sudah mencapai point tertentu, Anda bisa memberikan rewards seperti diskon atau hadiah.

Menurut catatan yang dibuat oleh BigDoor, sebuah penelitian oleh Northwestern University mengatakan, 70% penjualan suatu toko didapat dari loyal costumers.

Ketahui kebutuhan Pelanggan

Mungkin Anda ingat, Anda pernah menerima welcome email ketika Anda berlangganan di suatu online shop, yang isinya meminta Anda mengisi form sederhana mengenai produk apa saja yang akan Anda cari atau yang menjadi minat Anda. Katakanlah, pada situs jual beli online tersebut, Anda memilih ‘elektronik’ atau ‘perlengkapan bayi’. Segmentasi pelanggan seperti ini bermanfaat untuk mengetahui apa kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Lakukan hal yang sama pada online shop Anda. Kirimlah newsletter berisi penawaran dan link pada Pelanggan yang isinya sesuai dengan minat mereka.

Biaya pengiriman terjangkau

Menurut data yang dijabarkan oleh BI Intelligence, berjudul Top Reasons For Abandoning Shopping Cart, biaya pengiriman yang diluar dugaan, menjadi penyebab utamanya. Maka carilah jasa pengiriman yang biayanya terjangkau. Artikel berikut membantu Anda memilih jasa kurir untuk pengiriman di Indonesia.

Easy dan Free Returns

Berikan jaminan bahwa barang yang akan diterima oleh pelanggan adalah barang yang tepat dan dalam keadaan baik. Jika pelanggan menerima barang yang tidak sesuai, pastikan mereka bisa mengembalikannya pada Anda dengan mudah dan tanpa dipungut biaya. Sebaiknya, aturan pengembalian diberikan batas waktu dan cantumkan persyaratannya dengan jelas.

Pastinya, efforts di atas harus diimbangi dengan berbagai langkah promosi. Mulailah dengan langkah sederhana seperti menyebarkan informasi mengenai produk Anda pada social media, memberikan sample, hingga memasang iklan, supaya lebih banyak orang yang mengenal produk Anda.

Ditulis oleh: Stephanie
Sumber: Shopify, Lemonstand

Join Us

Artikel - Artikel Terkait