6 Taktik Membuat Customer Anda Membeli Lagi dari Toko Anda

Cara meningkatkan loyalitas customer

Fakta menunjukan bahwa, lebih murah untuk membuat current customer Anda membeli lagi dari pada mendapatkan customer baru. Hal ini berlaku untuk hampir semua bisnis, khususnya online ecommerce dimana iklan berdasarkan impression & klik semakin lama semakin mahal.

Mengetahui hal tersebut, maka pertanyaan yang harus ditanyakan adalah, kapan terakhir kali Anda berinteraksi dengan current customer Anda untuk membuat mereka kembali ke website ecommerce Anda?

Berikut 6 taktik yang dapat Anda lakukan untuk membuat customer Anda melakukan pembelian lagi:

1. Manfaatkan akun customer Anda
Cara untuk memanfaatkan akun customer Anda adalah dengan memberikan customer kemudahan untuk mengakses order sebelumnya. Seperti detail pengiriman & pembayaran yang sudah terisi, re-order barang-barang yang sudah dibeli sebelumnya atau rekomendasi barang-barang yang mungkin customer akan suka. Dengan begitu, customer akan dimudahkan dalam pembelian berikutnya.

Untuk dapat memanfaatkan akun customer, Anda dapat memberikan opsi kepada customer untuk membuat akun setelah pembelian pertama mereka. Sebagai contoh sukses adalah Groupon, dimana Groupon memberikan opsi customer untuk tidak perlu memasukkan ulang data kartu kredit untuk pembelian kedua dan selanjutnya.

2. Implementasikan loyalty program
Pengembangan lebih jauh dari penggunaan akun customer adalah dengan memberikan reward terhadap loyalitas customer. Membuat loyalty membership di online shop Anda adalah cara untuk meningkatkan conversion dari current customer dan memberikan reward untuk pembelian ulang mereka.

Anda dapat membaca artikel mengenai Cara meningkatkan loyalitas customer di post sebelumnya.

3. Kirim Newsletter kepada customer Anda secara reguler List email customer adalah alat yang sangat penting untuk membangun hubungan dengan current customer Anda. Sudah sangat terbukti bahwa email adalah channel penjualan ecommerce dengan conversion paling tinggi.

Salah satu contoh nya adalah merk sepatu Brodo. Dalam salah satu sharing session yang diadakan oleh Veritrans dan mengundang CEO Brodo, Yukka Harlanda, sebagai pembicara, beliau mengatakan bahwa Brodo mampu mencapai 4% conversion melalui email marketing. Jadi jika Brodo memiliki 50.000 email saat ini, 1x mengirim newsletter mereka mendapatkan 2000 penjualan. Perlu diperhatikan juga mengenai frekuensi pengiriman & serta kualitas content dari email.

4. Berikan kejutan pada customer Anda
Tergantung dari niche Anda, mengirimkan pemberian untuk best customer Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk mengingatkan mereka untuk kembali ke online shop Anda.

Anda dapat memberikan voucher diskon, souvenir atau mengirimkan kartu ucapan personal yang menunjukan bahwa mereka adalah valuable customer Anda.

Apresiasi kepada customer seperti ini dapat menghasilkan efek yang luar biasa dengan investment secara finansial, waktu & usaha yang cukup murah & mudah.

5. Gunakan social media untuk berinteraksi dengan customer Anda
Manfaatkan social media untuk membangun hubungan & interaksi dengan customer Anda.

Orang memiliki alasan mengapa mereka memilih untuk ‘like’ & ‘follow’ perusahaan Anda. Sering kali orang-orang tersebut dapat menjadi loyal customer & brand ambassador Anda. Mereka ingin mengetahui tentang produk baru & promosi di online shop Anda. Sehingga pastikan Anda menggunakan social media secara reguler dan terhubung secara langsung dengan mereka.

Perlu diperhatikan juga mengenai frekuensi posting di social media & konten dari setiap posting. 1 - 2 post sehari adalah frekuensi yang tepat, dimana Anda juga harus membuat konten yang sesuai dengan target audience Anda.

6. Tawarkan diskon atau poin ketika mereka kembali
Terkadang Anda akan sangat berhati-hati dalam memberikan diskon untuk produk-produk yang Anda jual. Dikarenakan margin yang tipis dan dapat mengurangi keuntungan yang Anda dapat. Tetapi diskon bisa menjadi cara efektif untuk membawa kembali customer yang sudah lama tidak berbelanja di online shop Anda.

Anda bisa bereksperimen dengan bentuk diskon yang Anda berikan, seperti beli 1 gratis 1, potongan Rp 100.000,- untuk pembelian selanjutnya, atau diskon 10%.

Sumber : Shopify

Join Us

Artikel - Artikel Terkait