6 Tips untuk Merekrut dan Mempertahankan Top Talents

tips merekrut karyawan

Salah satu cara sukses untuk membangun bisnis Anda adalah dengan mendapatkan tim atau staff yang tepat dengan tantangan yang ada dalam perusahaan startup. Tim Anda menjadi penentu apakah mereka mampu membangun bisnis Anda atau sebaliknya. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memiliki strategi yang jelas ketika melakukan hiring atau rekrutmen.

Untuk menarik top talent biasanya perusahaan menawarkan gaji yang besar, jabatan yang tinggi dan kolaborasi kerja. Namun bukan itu saja yang dapat Anda lakukan, jika Anda kreatif dan berpikir lebih luas maka Anda mendapatkan cara yang lebih menarik dan juga efektif untuk mendapatkan top talent tersebut. Berikut tips dan contoh yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tim yang tepat bagi perusahaan startup Anda :

Ciptakan budaya kerja yang menarik

Ciptakan budaya kerja positif dimana tim Anda tulus bekerja dengan Anda dan memiliki tingkat engagement yang tinggi dengan brand Anda. Pastikan bahwa Anda memperhatikan kebutuhan mereka, menghormati perkembangan mereka dan memberikan reward setiap usaha yang mereka lakukan.

#GrabTalent

Pastikan nilai dan transparansi perusahaan Anda tercermin dalam berbagai aspek di perusahaan Anda. Misalnya dengan terus meng-update social media dan blog Anda yang menceritakan mengenai pengalaman bekerja di perusahaan Anda. Salah satu nya yang dilakukan oleh perusahaan start up Buffer, Moz dan Unbounce yang mendapatkan lamaran dua kali lebih banyak disbanding bulan sebelumnya ketika mereka menceritakan besaran gaji yang didapatkan jika bekerja di perusahaan mereka.

Ciptakan deskripsi kerja yang menarik

lowongan kerja gojek

Deskripsi kerja yang Anda tawarkan tidak hanya menyangkut lingkup kerja dan skill apa yang dibutuhkan. Melainkan tawarkan hal lain seperti perusahaan Anda adalah tempat yang menarik untuk bekerja dengan gaji yang kompetitif dan stuktur manajemen yang kuat. Top Talent akan tertarik bekerja juga dengan Anda jika mereka mengetahui bahwa mereka akan menginspirasi, memonter dan dapat mengembangkan skill mereka di perusahaan Anda.

Promosikan lowongan pekerjaan Anda dengan tepat

bekerja di lazada

Manfaatkan social media dan blog yang Anda miliki untuk mempromosikan pekerjaan yang Anda cari. Top Talent pasti akan menyelidiki social media dan blog yang Anda miliki sebelum mereka memilih bekerja dengan Anda. Pastikan Anda selalu meng-update dan aktif meningkatkan hubungan Anda dengan audiens social media Anda.

Orang pertama yang Anda hire adalah tipe ‘Get stuff done’

Bekerja diperusahaan Startup berbeda dengan perusahaan yang sudah established sebelumnya karena masih baru jadi banyak hal yang harus dikerjakan dalam waktu bersamaan. Serta banyak masalah yang harus diselesaikan saat itu juga. Anda memerlukan orang fleksibel yang dapat beradaptasi dalam beberapa tantangan dan menemukan solusi secepatnya. Hal ini lebih penting dibandingkan dengan seseorang yang sudah ahli dalam subjek tertentu.

Berikan keuntungan terhadap keluarga atau kehidupan pribadi tim Anda

keuntungan bekerja do google

Ketika Anda merekrut tim Anda, mereka akan memikirkan apakah pekerjaan ini cocok bagi karir dan keseluruhan hidup mereka atau tidak. Banyak startup yang bermarkas di San Fransisco menawarkan keanggotaan gym gratis, makan siang gratis dan keuntungan lainnya. Salah satu hal yang dilakukan oleh Treehouse LLC adalah memberikan waktu kerja hanya 4 hari dalam satu minggu sehingga tim Anda dapat beristirahat dan memiliki waktu luang lebih banyak mulai hari Jumat. Hal ini tentu akan memotivasi tim Anda untuk bekerja di perusahaan Anda dan menarik perhatian top talent yang sedang Anda cari.

Personalisasi perusahaan Anda bagi setiap tim Anda

kantor facebook

Tahukah Anda dengan mendekorasi meja kerja karyawan sesuai keinginan karyawan Anda dapat meningkatkan produktivitas mereka? Hal ini dilakukan oleh perusahaan Startup Asana yang memberikan $10.000 untuk mendekor meja kerja karyawannya. Berikan kebebasan tempat bekerja bagi tim Anda, misalnya startup Full Contact Lead yang bermarkas di Denver yang memfasilitasi karyawannya untuk bekerja dimanapun mereka inginkan selama satu bulan penuh dalam satu tahun. Bahkan perusahaan memfasilitasi dan membiayai akomodasi dan transportasinya. Berikan juga fleksibilitas jam kerja bagi karyawan Anda, karena bekerja dengan ritme 9-5 tidak selalu efektif bagi setiap perusahaan.


Pastikan proses hiring yang Anda lakukan disesuaikan dengan budaya kerja dan nilai perusahaan Anda. Anda jangan khawatir juga jika budget terbatas untuk meng-hire top talent karena banyak top talent yang tidak hanya mengincar gaji tinggi namun keuntungan lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan Anda.

Semoga bermanfaat ya!

Sumber : Inc. , Forbes

Join Us

Artikel - Artikel Terkait