7 Hal yang Ditakuti Konsumen dan Cara Menanganinya (Bagian 2)

Belanja online

Dengan banyaknya toko online saat ini, pembeli semakin pandai memilih & memilah toko online. Di bagian ke-2, artikel ini akan melanjutkan pembahasan mengenai hal yang ditakuti oleh konsumen toko online & cara mengatasinya (7 Hal yang Ditakuti Konsumen dan Cara Menanganinya - Bagian 1).

1. Tidak bisa melihat & memegang barang sebelum dibeli

Salah satu kekurangan dari toko online adalah Anda tidak dapat melihat & memegang detail barang yang Anda ingin beli. Tetapi Anda dapat memberikan deskripsi detail yang menggambarkan produk yang Anda jual hingga bagaimana jika barang tersebut digunakan. Deskripsi dapat Anda berikan melalui gambar, kata-kata, spesifikasi teknis termasuk dimensi, hingga review dari konsumen lain. Berikut adalah artikel cara menulis produk deskripsi yang baik.

2. Tidak mendapat barang tepat waktu

Jika pembeli sudah mengetahui barang yang diinginkan, terkadang dia akan berfikir dan mempertimbangkan untuk membeli barang di toko online atau toko offline. Salah satu kekhawatiran yang terjadi jika dia membeli barang di toko online adalah, apakah barang akan sampai tepat waktu. Untuk mengatasi kekhawatiran ini, Anda dapat menjalin partnership dengan perusahaan logistik yang terpercaya. Pastikan pembeli dapat melakukan tracking pemesanannya. Jika Anda terlambat untuk memenuhi waktu yang Anda janjikan, sampaikan permintaan maaf & berikan free gift. Berikut artikel yang dapat membantu Anda untuk mencari partner logistik di Indonesia

3. Jika barang yang dikirim tidak sesuai harapan, maka tidak dapat dikembalikan

Sebaiknya ketika pembeli hendak melakukan pembelian, pastikan Anda menunjukkan return policy yang jelas & mudah untuk diakses. Terutama Anda menjual barang-barang yang sensitif terhadap ukuran, seperti baju, celana, sepatu, dll. Akan lebih baik Anda juga mempertimbangkan biaya pengiriman ketika return.

4. Tidak Anda support bila terjadi masalah

Customer service adalah komponen penting dalam bisnis online, karena tidak ada interaksi langsung dengan customer Anda. Untungnya saat ini banyak alternatif untuk berkomunikasi yang dapat Anda gunakan, seperti whatsapp, BBM, Line, email, atau telfon. Pastikan juga Anda memiliki halaman FAQ, dimana Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh konsumen.

Sumber: Prestashop

Join Us

Artikel - Artikel Terkait