7 Hal yang Ditakuti Konsumen dan Cara Menanganinya (Bagian 1)

online shopping

Meskipun transaksi online sudah cukup dikenal di kalangan konsumen Indonesia, namun bukan berarti tidak ada kekhawatiran dari konsumen ketika berbelanja online. Pengalaman pribadi atau kerabat yang mengecewakan, seperti: barang yang dibeli tidak sesuai yang diharapkan, cara pembayaran yang menyusahkan, tertipu oleh toko online palsu, pencurian rekening & data kartu kredit, tentunya akan membuat konsumen was-was setiap kali harus melakukan transaksi online.

Jika Anda saat ini pemilik toko online, berikut adalah petunjuk dalam menjalankan bisnis online Anda mengenai 7 hal yang biasa menjadi kekhawatiran konsumen ketika bertransaksi online dan bagaimana cara menanganinya.

1. Toko Online Palsu

Jangan biarkan konsumen salah paham dengan toko online Anda, pastikan setiap konsumen atau pengunjung toko online Anda yakin terhadap bisnis online yang sedang Anda jalankan adalah nyata.
Berikut tips yang dapat Anda terapkan:

Investasikan penghasilan bisnis Anda untuk design yang baik dan menarik. Desain atau tampilan website adalah investasi yang berharga. Selain berfungsi dalam memudahkan konsumen Anda menelusuri website dan menemukan produk, desain juga menunjukan kepedulian Anda (pemilik toko online) terhadap bisnis Anda. Karena pada dasarnya jika Anda tidak peduli dengan bisnis Anda, mengapa konsumen harus peduli?

Brodo

Website Bro.do yang memiliki desain minimalis, modern dan memudahkan konsumen untuk menemukan produk

Cantumkan alamat lengkap & kontak yang bisa dihubungi baik untuk menerima email profesional atau telfon. Sebaiknya sediakan menu halaman “Contact” atau “About”. Jika Anda memiliki toko offline atau kantor pusat, Anda dapat menambahkan Google Maps yang menunjukan lokasi tersebut untuk meningkatkan kredibilitas.

Groupon

Website Groupon.co.id yang mencantumkan alamat pos mereka untuk berbagai kepentingan.

Tampilkan foto yang nyata misalnya foto Anda sebagai pemilik bisnis atau anggota tim Anda. Ini cara mudah untuk terhubung langsung dengan konsumen Anda dan menunjukan keunikan budaya perusahaan di perusahaan Anda.

Lensza

Lensza.co.id menunjukan foto nyata dalam menjelaskan sejarah, visi dan misi perusahaan mereka.

Ceritakan kisah singkat perjalanan perusahaan Anda, alasan Anda membangun bisnis online. Alasan Anda dalam meyakinkan konsumen bahwa toko online Anda adalah yang terbaik untuk belanja online dan cerita bersejarah lainnya. Hal ini mampu membangun dan mempertahankan tingkat kepercayaan konsumen terhadap Anda atau perusahaan Anda.

wayang force

Wayang Force menjelaskan secara singkat mengenai sejarah Wayang Force, produk, bisnis dan visi & misinya.

Publikasikan testimoni atau ulasan dari konsumen Anda. Karena hal yang paling berharga dalam kegiatan marketing perusahaan Anda adalah kekuatan rekomendasi konsumen Anda. Jika konsumen Anda memuji produk dan senang terhadap bisnis Anda, tampilkan rekomendasi tersebut pada tampilan website utama! Jangan mengedit ulasan atau komentar biasa bahkan negatif karena tidak ada satu perusahaan yang sempurna dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Ulasan negatif mampu memberikan kesan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang

Lensza 1

Website Lensza.co.id menampilkan ulasan atau feedback positif di halaman depam website mereka.

2. Keamanan dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Transaksi online memiliki sisi positif dan negatif sama halnya dengan transaksi offline. Dalam bisnis online sudah menjadi kewajiban jika Anda harus melindungi dan menjamin keamanan konsumen ketika berbelanja menggunakan kartu kredit khususnya dalam kasus pencurian data kartu kredit. Berikut adalah cara bagaimana meyakinkan konsumen Anda untuk yakin berbelanja menggunakan kartu kredit:

Tampilkan logo partner perusahaan yang menyediakan jasa payment gateway untuk toko Anda. Sebaiknya Anda mengajak kerja sama perusahaan yang terpercaya dan dikenal masyarakat sebagai partner payment gateway Anda.

Gunakan SSL yang bersertifikat, karena SSL adalah protokol kriptografis yang menjaga kerahasiaan pengiriman data. SSL ini digunakan untuk melindungi transaksi kartu kredit dan data sensitive lainnya seperti rincian data login atau informasi pribadi. Ketika Anda menggunakan SSL bersertifikat, konsumen Anda akan mengenali bahwa Anda memperhatikan keamanan mereka dalam bertransaksi.

Blibli

Blibli.com memberikan jaminan keamanan pada konsumennya dengan membeli SSL bersertifikat.

Berikan konsumen Anda pilihan cara pembayaran. Karena tidak semua pembeli memiliki kartu kredit atau transfer bank saja. Dengan memberikan fasilitas pembayaran yang bervariasi menunjukan bahwa Anda bersifat fleksibel dan mampu memenuhi kebutuhan setiap konsumen.

berrybenka

Website Berrybenka.com mampu memberikan berbagai macam metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan konsumen mereka.

3. Jual – beli informasi pribadi

Pada saat ini, semua orang ingin mengetahui apa yang terjadi jika mereka memberikan informasi pribadi seperti email, nomor telepon, tanggal lahir hingga warna favorit. Jika toko online Anda memiliki kebijakan privasi sebaiknya tampilkan langsung di website Anda. Pastikan kebijakan privasi toko online Anda mencakup informasi apa saja yang dikumpulkan, penggunaan informasi tersebut, pembagian informasi, pilihan apa saja yang konsumen miliki untuk berbagi informasi, bagaimana konsumen mengakses dan memodifikasi informasi pribadi mereka dan keamanan informasi tersebut.

shopatvelvet

Website shopatvelvet.com menampilkan kebijakan privasi konsumen dan penggunaan data informasi pribadi konsumen dalam website mereka.

Bagian 2 yang akan membahas lebih lanjut hal-hal yang menjadi kekhawatiran konsumen Anda, agar bisnis online Anda semakin sukses.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait