7 Langkah Efektif Mempertahankan Hubungan Baik dengan Media

Hubungan baik dengan media

Bagi sebuah bisnis, mempertahankan hubungan baik dengan media merupakan langkah efektif yang harus dilakukan dalam rangka membangun, menjaga, serta meningkatkan citra atau reputasi perusahaan di mata publik. Hal ini dikarenakan media mampu membangun opini publik terkait kebijakan perusahaan dan membuatnya lebih dikenal masyarakat luas. Lantas, bagaimana cara memulainya?

Buat daftar target pasar

Sebelum menjalin hubungan baik dengan media, pastikan perusahaan Anda sudah terlebih dahulu memiliki daftar siapa saja yang akan menjadi target pasar bisnis Anda. Selanjutnya, sesuaikan media yang akan dipilih dengan audiens Anda. Tentu saja, akan lebih baik jika Anda memiliki daftar pendek yang sangat terfokus dan dapat dengan mudah ditangani daripada daftar panjang dengan kriteria target pasar yang terlalu luas cakupannya.

Identifikasi media yang berpengaruh

Audiens seperti apa yang ingin Anda capai? Media mana yang dibaca pembaca target Anda? Jangan ragu untuk mengidentifikasi serta membuat daftar media yang berpengaruh untuk bisnis Anda. Lalu prioritaskan sesuai dengan tingkat kepentingannya. Perhitungkan juga pembaca media mana yang benar-benar ingin Anda jangkau. Ketika Anda memilih dengan bijak, hubungan baik yang Anda bangun bersama media pun tidak akan sia-sia begitu saja. Ada timbal balik keuntungan yang didapatkan oleh kedua belah pihak.

Perkenalkan perusahaan Anda kepada awak media

Apabila perusahaan Anda tergolong baru dan ingin membangun hubungan baik dengan media, maka langkah awal yang perlu Anda ambil adalah memperkenalkan perusahaan Anda kepada awak media. Pastikan juga perusahaan Anda ramah dan responsif dalam memberikan informasi yang akurat untuk konten yang hendak diciptakan. Jika Anda bisa menyediakan apa yang awak media butuhkan dengan cepat, seperti data, gambar, dan sebagainya, maka mereka pun akan dengan senang hati memberitakan perusahaan Anda.

Selalu luangkan waktu untuk media

Di era digital seperti saat ini, hampir semua bisnis beralih pada penggunaan media online seperti blog, website, maupun media sosial untuk mendapat perhatian konsumen. Namun, bukan berarti Anda jadi mengabaikan permintaan wawancara yang datang dari media konvensional. Ada baiknya jika Anda selalu meluangkan waktu untuk media, sebab hal ini dapat membantu Anda untuk mempertahankan hubungan baik dengan beberapa orang paling berpengaruh.

Hormati awak media

Ingatlah bahwa Anda bukan satu-satunya pihak yang disibukkan oleh pekerjaan. Waktu yang dimiliki awak media pun berharga, terutama karena mereka selalu menghadapi deadline. Bahkan bagi wartawan lepas, semakin cepat mereka menyelesaikan cerita, semakin banyak uang yang mereka hasilkan. Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda selalu menghormati waktu yang dimiliki oleh awak media yang bekerja untuk perusahaan Anda.

Jadi diri sendiri, jangan berbohong!

Anda tidak perlu berupaya meniru perusahaan kompetitor untuk memenangkan hati pelanggan. Karena itu, jangan sekali-kali melemparkan pernyataan atau mengomentari sesuatu yang tidak benar-benar Anda ketahui. Selain berpotensi jadi masalah ke depannya, jawaban Anda juga akan berpengaruh besar terhadap kredibilitas media sebab nama mereka sejalan dengan setiap cerita yang diterbitkan.

Ikuti kontrak yang telah disepakati

Beberapa media akan mengajukan persyaratan serta kontrak dengan perusahaan Anda. Untuk itu, kedua belah pihak harus mengikuti kontrak yang telah disepakati agar rasa percaya dapat tumbuh dengan sendirinya. Kontrak yang disepakati tersebut pun terlindung hukum, jadi sangat penting untuk Anda mengikuti segala sesuatu yang telah disepakati.


Media merupakan wadah yang paling mudah Anda gunakan untuk mendekatkan perusahaan Anda dengan para konsumen. Karena itu, jadilah perusahaan yang ramah media sehingga citra positif tetap melekat. Selamat mencoba!

Sumber: articulate, eReleases,Janice McCafferty