7 Metrik untuk Menilai Performa Channel YouTube Anda

YouTube channel

Banyak orang yang mengira bahwa selama channel YouTube memiliki subscribers dan views lebih banyak, maka channel itu sudah cukup berhasil. Padahal, YouTube tidak sesimple itu. Oleh karenanya, mereview data-data pada setiap konten sangat penting dilakukan untuk memahami mana konten yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak. Dengan begitu, usahamu untuk mengembangkan channel jadi lebih efektif.

Kenali 7 metrik atau ukuran yang wajib Anda pelajari untuk memahami kesuksesan channel YouTube Anda:

Jumlah subscriber aktif Anda

Walaupun Anda memiliki jutaan subscribers, apalah gunanya apabila subscriber tersebut didominasi oleh orang-orang yang tidak menonton atau setidaknya engage dengan konten Anda? Oleh karenanya, penting untuk tahu berapa banyak orang yang tertarik dan engage dengan konten Anda meskipun subscribers Anda katakanlah hanya ratusan orang saja.

Rasio subscribers per view adalah metrik terbaik untuk menentukan kualitas konten Anda. Rasio ini juga membantu meningkatkan kualitas channel dalam perspektif algoritma YouTube. Video yang mendapatkan 20% subscriber per view di 48 jam pertama akan mendapatkan hasil terbaik secara lifetime.

Konten dengan engagement terbanyak

Selain subscribers, Anda juga dapat menganalisa engagement yang terdiri atas jumlah Likes, Dislikes, Comments dan Shares.

Faktor engagement sangat berpengaruh terhadap algoritma karena YouTube ingin mengutamakan konten yang menarik. Jika semakin banyak komentar pada sebuah konten, kemungkinan disebabkan karena konten ini memang menarik untuk dibahas. Konten yang banyak di share menunjukkan bahwa orang menikmati video ini dan ingin menyebarkannya ke kolega mereka. Sedangkan Likes dan Dislikes menunjukkan engagement secara emosional sebab bila tidak ada orang yang peduli dengan konten Anda, maka tidak ada pula yang mengklik dua tombol tersebut.

Organic views

Organic views adalah berapa kali views yang terjadi tanpa menggunakan iklan berbayar. Bila Anda belum pernah menggunakan iklan di YouTube, metrik ini mudah untuk diketahui karena semua views yang Anda dapatkan adalah organik.

Organic views akan menunjukkan seberapa efektif konten yang Anda miliki di channel Anda. Metrik ini juga mengidentifikasi seberapa bagus konten Anda perform dalam algoritma YouTube.

Durasi viewers menonton konten Anda

Durasi menonton atau Watch Time merupakan salah satu di antara metrik penting untuk menentukan kesuksesan sebuah channel YouTube. Algoritma akan mengukur Watch Time untuk menilai seberapa bagus video Anda mencuri perhatian viewers.

Anda dapat mempelajari tren dari grafik watch time yang disediakan. Bila grafik cenderung turun, maka Anda butuh konten yang mampu mempertahankan viewers hingga akhir video.

Frekuensi video masuk suggested video

Bila video Anda masuk sebagai Suggested Video setelah video dengan jumlah views banyak, maka ini merupakan kesempatan besar untuk mempercepat pertumbuhan channel YouTube Anda. Lihat video mana yang sering di-suggested dan topik apa yang sedang dibahas oleh video tersebut. Usahakan untuk membuat konten dengan area topik serupa untuk mendapatkan hasil maksimal.

Audience retention

Watch Time memang penting untuk diketahui, namun persentase video yang ditonton oleh audiens sebelum menutup atau pindah dari channel Anda juga perlu diketahui. Metrik ini dinamakan Audience Retention. Dari sini dapat dianalisis topik dan gaya konten mana yang disukai oleh audiens sehingga dapat diulangi lagi di masa yang akan datang.

Views dari YouTube search

YouTube merupakan search engine terbesar kedua di dunia. Di tahap awal pembuatan channel YouTube, search traffic adalah sumber views utama Anda. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengoptimasi channel YouTube Anda agar mudah dicari dan pantau efektivitas optimasi tersebut dengan melihat jumlah views dari YouTube search.


Itulah beberapa metrik yang dapat Anda gunakan untuk mengukur kesuksesan channel YouTube Anda sekaligus mengetahui apakah strategi yang Anda gunakan sudah benar. Dengan begitu, konten yang Anda buat akan lebih efektif sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Social Media Examiner, Strong Coffee Marketing