8 Cara Mencari Ide Produk yang Bisa Dijual Online

online shopping

Jika saat ini Anda berfikir untuk memulai berjualan online, hal utama yang harus Anda lakukan adalah mencari ide produk yang akan dijual. Kuncinya adalah kita harus mengenali berbagai peluang untuk menemukan produk yang laku bagi calon customer kita.

Artikel ini akan membantu Anda untuk mencari produk yang tepat untuk dijual secara online.

1. Memanfaatkan keyword research yang terdapat dalam mesin pencari.

Anda dapat memanfaatkan google keyword tool yang disediakan oleh Google. Research keyword yang baik dapat membuat produk dalam website Anda berada dalam posisi atas dari hasil pencarian. Traffic website akan berdatangan dengan ketepatan sasaran konsumen hingga 90%.

Keunggulan lainnya, produk yang Anda jual tidak memerlukan biaya iklan yang besar karena ketepatan dan kemiripan keyword dari nama produk Anda yang diketik oleh setiap konsumen dalam mesin pencari.

2. Membangun brand yang menarik dan memikat customer

Pastikan produk Anda memiliki diferensiasi atau brand yang unik, sehingga konsumen tertarik dan mudah mengingat. Membangun brand sangat penting karena brand yang tepat mampu membuat produk dalam bisnis online Anda berada dalam consumer’s top of mind.

3. Berikan solusi terhadap masalah setiap customer.

Produk yang dicari adalah produk yang dapat memecahkan masalah customer. Dalam hal ini masalah tersebut seperti rasa frustasi, pengalaman atau layanan yang buruk serta menyita banyak waktu.

4. Jualah produk yang berfisat hobi.

Konsumen cenderung mengeluarkan biaya yang besar untuk sebuah hobi. Memenuhi hasrat atau hobi konsumen selain membantu mendapatkan keuntungan juga membantu ikatan emosi lebih dalam dengan brand, membangun loyalitas brand dan meningkatkan strategi marketing mulut ke mulut (word of mouth).

5. Bangunlah bisnis sesuai dengan passion Anda.

Passion akan membantu Anda tetap bertahan dalam masa – masa sulit ketika menjalani bisnis Anda.

6. Manfaatkan peluang yang ada di sekitar Anda.

Peluang tersebut seperti solusi masalah terbaru
bagi konsumen, kelemahan dari produk lain atau strategi marketing yang salah. Memanfaatkan peluang yang ada, mampu mengambil alih pasar kompetitor dengan hanya mengembangkan produk atau strategi marketing yang sudah ada.

7. Memanfaatkan pengalaman dan keahlian yang Anda miliki.

Pengalaman dan keahlian adalah keuntungan yang kuat dalam membangun dan mempertahankan bisnis online Anda. Keahlian Anda akan membentuk persepsi & kepercayaan terhadap online shop Anda.

Manfaatkan tren lebih cepat daripada kompetitor.

Dengan menjadi trend leader maka brand atau produk Anda akan mudah diingat oleh konsumen serta membantu website Anda berada dalam posisi SEO utama dalam mesin pencari seperti Google.

Jangan biarkan keinginan Anda untuk membangun bisnis online terhenti karena kurangnya ide dalam menemukan suatu produk. Semoga 8 poin di atas dapat membantu Anda menemukan ide produk yang cemerlang dan membantu Anda dalam membangun bisnis online yang menguntungkan.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait