8 Metrik Facebook yang Ditiadakan per Juli 2018

Metrik Facebook

Setelah tersandung kasus penyalahgunaan data-data penggunanya beberapa waktu yang lalu, Facebook telah melakukan perubahan sistem untuk meningkatkan perlindungan atas informasi milik seluruh pengguna. Tak berhenti sampai disitu saja, Facebook juga mengumumkan bahwa ada 8 metrik dari laporan iklan media sosial tersebut yang ditiadakan. Apa sajakah itu?

Actions

Data metrik yang dikabarkan dihapus Facebook ini merupakan gabungan berbagai tindakan dan peristiwa. Misalnya, engagement, klik, maupun jumlah konversi. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda dapat melakukan penyesuaian metrik gabungan hanya pada tindakan yang berarti bagi bisnis.

Amount spent today

Metrik Facebook Amount Spent Today juga dikabarkan sudah dihapus pada bulan Juli 2018 ini. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan pemilih tanggal dinamis untuk membandingkan hasil pemasangan iklan hari ini dengan rentang tanggal yang berbeda. Selain itu, Facebook juga menjanjikan metrik baru yang akan membantu Anda melihat berapa banyak uang yang diperlukan untuk kampanye iklan pada waktu-waktu tertentu.

Button clicks

Sebelumnya, metrik Button Clicks menunjukkan berapa kali audiens mengklik tombol ajakan bertindak pada iklan Anda. Button Clicks tersebut dianggap berlebihan karena klik ini juga dapat ditemukan pada metrik Klik Tautan atau metrik lain seperti Event Responses atau Offers Saved.

Link click destination

Metrik Tautan Klik Tujuan ini pada mulanya bergantung pada pembaruan sistem operasi masing-masing gadget yang dipakai oleh pengguna Facebook. Namun, makin banyak pembaruan yang terjadi di masing-masing sistem operasi membuat kinerja metrik yang satu ini tak lagi efektif. Tapi tenang saja, sebagai gantinya Anda masih dapat menggunakan metrik Outbound Clicks dan Landing Page Views untuk mengukur klik mana yang mengarahkan orang.

Page mentions

Metrik Page Mentions adalah metrik yang dianggap kedaluwarsa oleh Facebook karena tidak mampu menunjukkan sentimen positif atau negatif terhadap iklan Anda. Untuk itu, mulai sekarang pengguna disarankan memanfaatkan metrik Page Likes atau metrik Keterlibatan Laman karena lebih menunjukkan keberhasilan kampanye Page Likes itu sendiri.

Page tab views

Metrik Page Tab Views atau Tampilan Tab Halaman dapat mengukur jumlah tampilan tab di Halaman Facebook Anda yang diatributkan ke iklan yang dipasangkan. Jika Anda menjalankan kampanye Page Likes, mulailah menggunakan metrik Page Likes atau metrik Keterlibatan Laman, karena lebih menunjukkan keberhasilan kampanye Page Likes daripada Page Tab Views.

Feedback

Metrik lain yang dihapus oleh Facebook adalah Feedback. Metrik ini bekerja dengan menggunakan umpan balik yang diberikan pengguna, baik positif maupun negatif, sebagai masukan dan perincian. Metrik Feedback ini ternyata pada prakteknya justru lebih membingungkan daripada memberikan wawasan yang bermanfaat. Setelah dihapus pengguna dapat menggunakan Skor Relevansi untuk mengukur tanggapan audiens terhadap sebuah iklan.

Social

Sedikit mengejutkan saat Facebook mengabarkan bahwa metrik sosial, termasuk Social Reach, Social Impressions, dan Social Clicks sudah tak lagi berfungsi secara optimal sehingga akan segera dihilangkan dari metrik Facebook. Padahal metrik ini dapat menunjukkan jumlah audiens yang melihat iklan lengkap dengan informasi mengenai audiens tersebut. Sebagai alternatif, Anda tetap bisa menggunakan metrik Impressions untuk mendapatkan data tersebut.


Itulah 8 metrik yang dihilangkan dari Facebook berdasarkan dari laporan iklan pengguna. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda yang masih menggunakan Facebook sebagai advertising tool.

Sumber: Sprout Social, Facebook, pixelyoursite