8 Pertanyaan yang Harus Dijawab Ketika Memilih Platform eCommerce

platform eCommerce

Toko online memerlukan platform eCommerce untuk mendukung setiap transaksi yang terjadi. Selain memilih platform yang bagus, kini pelaku eCommerce harus memiliki mobile site karena semakin banyaknya pengguna smartphone dan tablet berbelanja online. Jika saat ini Anda bingung untuk memilih platform eCommerce, 8 pertanyaan berikut dapat Anda jadikan panduan:

1. Berapa besar biaya yang akan dihabiskan?

Platform eCommerce yang ada di pasaran memiliki berbagai range harga. Ada platform yang diberikan gratis, open source dan tidak membayar apapun selama tahun pertama, hingga jutaan setiap tahunnya. Anda harus pintar dan jeli mengestimasi biaya platform Anda seperti biaya bulanan software, biaya hosting, biaya pembayaran kartu kredit dan transaksi. Tentunya hal tersebut perlu Anda sesuaikan dengan budget Anda. Jika Anda baru memulai, carilah platform yang sederhana dengan biaya seminimal mungkin.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memulai?

Ada beberapa jenis platform yang memiliki layanan software yang dapat go live dalam waktu beberapa jam saja namun ada juga yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk deploy. Usahakan untuk mencari platform eCommerce yang akan siap ketika bisnis Anda siap juga. Di samping itu, membangun toko online membutuhkan foto produk, deskripsi produk, dan integrasi dengan payment gateaway. Jadi pikirkan hal-hal rinci tersebut ketika Anda memilih platform bisnis online Anda.

3. Akankah berfungsi dan penampilan baik?

Toko online yang suskses memiliki penampilan yang baik dan fungsi yang berjalan dengan lancar. Ketika Anda baru membangun toko online, Anda harus menarik kepercayaan pengunjung terlebi dahulu dengan cara memberikan penampilan toko online yang menarik. Penampilan dan fungsi yang berjalan dengan baik berarti Anda mampu mengatur, mengubah dan mengoptimalkan situs eCommerce Anda. Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda dapat melihat daftar konsumen atau gallery pengguna platform tersebut.

4. Seberapa fleksibel katalog produk?

Platform yang Anda pilih harus mampu mengatur produk yang Anda jual karena hal ini berhubungan dengan keindahan dan fungsi toko online Anda. Contohnya, ketika Anda menjual pakaian, pastikan katalog toko online Anda dapat menunjukkan variasi ukuran & warna. Foto produk juga menjadi komponen yang penting, karena pembeli akan cenderung melihat gambar hingga detail sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.

5. Akankah halaman loading dengan cepat?

Loading halaman yang lambat dapat menurunkan tingkat penjualan. Banyak studi yang menjelaskan bahwa halaman yang loading terlalu lama secara signifikan dapat menurunkan tingkat penjualan. Jadi pastikan sebelum toko online Anda go live, coba untuk tes berapa lama waktu yang diperlukan unuk loading.

6. Platform Anda mampu bekerja dengan software atau layanan solusi lainnya?

Platform eCommerce Anda tidak dapat bekerja sendiri dan harus mampu terintegrasi dengan software atau layanan solusi lainnya. Misalnya jika Anda mengingikan tambahan email marketing, apakah platform Anda mampu menampilkan email subscription di halaman website atau tidak. Jika Anda mengingikan pembayaran kartu kredit, apakah platform Anda dapat terintegrasi dengan layanan pembayaran online.

7. Bagaimana cara Anda mengatur platform Anda?

Mengatur platform eCommerce Anda dapat dilakukan sendiri atau menggunakan jasa perusahaan lainnya. Ketika bisnis online Anda sudah berjalan, akan banyak perubahan yang Anda ingin lakukan di website Anda. Seperti upload foto produk baru, perubahan harga, potongan harga, & bahkan merombak layout website Anda. Pastikan platform yang Anda pilih cukup fleksibel sesuai dengan kebutuhan perubahan yang Anda inginkan.

8. Akankah platform Anda mampu memasarkan produk Anda?

Platform eCommerce Anda sudah pasti harus membantu kegiatan marketing yang akan Anda lakukan, setidaknya untuk menjawab pertanyaan ini ada 4 hal yang harus diperhatikan:

  • Platform Anda mampu menawarkan on site merchandising untuk kegiatan cross-selling dan up-selling.

  • Platform eCommerce Anda harus mampu menyediakan email marketing dengan membangun sistem email atau terintegrasi dengan penyedia layanan email.

  • Platform eCommerce harus terintegrasi dan mendukung layanan konten. Cari platform yang mendukung kegiatan blog, upload video untuk halaman deskripsi produk dan kegiatan artikel.

  • Anda menginginkan platform eCommerce yang membantu Anda untuk membuat daftar produk.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait