8 Tren Venture Capital yang Berkembang pada Tahun 2016

investasi online terpercaya

Jika Anda sedang mencari modal untuk bisnis startup Anda atau Anda sedang mencari referensi untuk menanamkan modal dan investasi, berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan mengenai tren investasi di tahun 2016. Salah satunya adalah tren yang terjadi di US dimana lebih dari $100 miliar diinvestasikan untuk bisnis startup.

1. Meningkatnya Corporate Deals

Banyaknya investor yang berinvestasi di perusahaan kecil atau start up untuk menginspirasi mereka dalam proses inovasi. Mereka mendapatkan timbal balik bukan hanya sekedar keuntungan dalam bentuk uang, tapi juga keuntungan lainnya seperti menciptakan supplier yang lebih kuat, mampu mengontrol industri tertentu, melakukan pengujian terhadap produk, mengurangi resiko inovasi, dan melakukan rekayasa lebih murah dibandingkan dengan akuisisi.

Pada tahun 2015, perusahaan pemodal berpartisipasi 1 hingga 5 kesepakatan di US atau Eropa, dan 1 hingga 3 kesepakatan di Asia. Pendiri bisnis akan belajar memahami dan menarik perhatian investor untuk menyuntik dana ke perusahaannya. Hal ini menciptakan kompetisi lebih besar untuk tradisional perusahaan modal untuk tampil berbeda dan membuktikan nilai mereka pada pengusaha.

2. Menjamurnya Inkubator dan Akselerator

Inkubator dan akselerator adalah bentuk kerja sama antara perusahaan. Melalui akselerator, startup bekerja lebih agresif. Mereka juga meningkatkan tingkat ekonomi dalam wilayahnya. Diestimasikan terdapat lebih 2000 inkubator di seluruh negeri dengan pembukaan pendaftaran setiap minggunya.

3. Pemberian dana terhadap startup akan terus tumbuh di tahun 2016

Hal ini terlihat dari chart di bawah ini yang menunjukan pertumbuhan di tahun 2015, dan akan bertumbuh semakin signifikan di tahun ini dengan bertambahnya startup-startup baru.
perkembangan investasi

4. Peningkatan fokus pada pendidikan investor

Semakin bertambahnya fokus terhadap pendidikan investor karena masih banyaknya investor yang belum diedukasi mengenai asset dan melihat asset dengan tepat. Era dimana ‘set-it and forget-it’ kini telah usai. Di tahun 2016, perusahaan keluarga dan manager keuangan akan menavigasi perubahan pemodal saat ini untuk membantu kebutuhan mereka. Banyak yang akan bergantung pada ekonomi regional atau lokal dan menemukan hal menarik di dalamnya.

5. Dana yang lebih kecil mendapatkan apresiasi lebih dari investor

Kini kesepakatan lebih besar belum tentu menghasilkan keuntungan besar pula, dan hal ini merubah pasar investasi di tahun 2016. Sebelumnya pada tahun 2000, investor besar akan berinvestasi pada kesepakatan dan perusahaan besar pula. Hal ini sulit untuk diterapkan sekarang karena investasi lebih kecil biasanya menghasilkan penghasilan lebih besar.

6. Diversitas jenis kelamin pada tim founder semakin dikaitkan dengan hasil kinerja

Studi menunjukan bahwa keberadaan wanita dalam startup lebih berhasil 63% dibandingkan dengan start up yang hanya terdiri dari pria saja. Kini 1 hingga 5 investor mencari perusahaan yang memiliki salah satu pendirinya wanita.

7. Tren pemberian dana di awal bisnis semakin berkembang

Baik memilih menggunakan platform crowd sourcing, angel investor, atau Venture Capital, pilihan untuk mencari suntikan modal sejak awal merupakan rencana yang paling baik. Tren ini akan semakin berkembang pada tahun 2016. Pada beberapa tahun belakangan, 1 dari 5 suntikan dana merupakan suntikan dana tahap pertama yang diberikan untuk startup yang baru berkembang.

8. Mayoritas entrepreneur baru adalah kaum minoritas

Pada 2015, 41% dari entrepreneur baru adalah bukan orang kulit putih, yang menjadi sebuah tren nasional yang berkembang menurut Kaufman. Pada tahun 2016, sebagian besar entrepreneur mencari modal adalah minoritas - baik non-putih, perempuan, atau keduanya.

Sumber : Inc

Join Us

Artikel - Artikel Terkait