9 Cara Menggunakan Instagram untuk Channel Marketing Ecommerce Anda

Marketing dengan Instagram

Instagram berada dalam masa transisi untuk penggunaan personal dan bisnis. Bedanya dengan Facebook dan Pinterest, Instagram tidak menawarkan fitur bisnis di dalamnya. Banyak perusahaan yang berusaha untuk menarik perhatian pengguna Instagram yang diklaim sebanyak 300 juta user oleh Adweek, dimana 60% berada di kisaran umur 18-34 tahun. Penggunaan Instagram tidak dibataskan pada besarnya brand, situs eCommerce yang masih kecil pun dapat merasakan keuntungan menggunakan Instagram.

Di Indonesia sendiri, Instagram sangat populer di kalangan anak muda. Didukung pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia yang sangat pesat, Instagram menjadi tempat yg cukup umum terjadinya transaksi jual beli. Jika Anda berbisnis online, sudah saatnya Anda mulai menginvestasikan waktu & usaha Anda untuk menjaring lebih banyak konsumen melaluui instagram. Berikut 9 ide penggunaan Instagram untuk mempromosikan produk Anda.

1. Integrasikan foto Instagram Anda ke dalam website eCommerce Anda

Gambar lebijou1 dan Lebijou

Website Lebijou memanfaatkan homepage mereka untuk mengintegrasikan Instagram dan website mereka dalam sekali click. Ketika konsumen melihat & click follow pada banner tersebut, maka konsumen akan terhubung dengan Instagram Lebijou yang menampilkan konsumen mereka menggunakan produk-produk yang dijual oleh Lebijou.

2. Berjualan melalui Instagram

Instagram tidak mengizinkan pengguna untuk menambahkan hyperlink bersama dengan foto yang di-upload. Hal ini menyulitkan seller untuk memberikan fasilitas klik langsung terhadap produk tertentu. Namun aplikasi seperti Soldsie, Inselly, Instaorders dan 10Sec memiliki fasilitas untuk menambahkan channel penjualan.
Gambar Bro.do1 Instagram Bro.do menampilkan hyperlink mereka terhadap produk tertentu dengan menggunakan tag location pada setiap gambarnya. Meskipun hyperlink tersebut tidak dapat diklik namun pengguna instagram dapat tetap dapat melihat dan memanfaatkannya ketika membuka website.

3. Tampilkan produk ketika digunakan oleh konsumen Anda

Gambar Shopatvelvet1 Untuk menarik perhatian pengguna Instagram maka tampilkan produk Anda ketika konsumen menggunakannya. Kombinasikan juga produk Anda dengan unsur lainnya misalnya aksesoris sepatu atau tas.

4. Ambil foto lifestyle

Salah satu cara kreatif untuk menampikan produk adalah menggunakan foto lifestyle yang menampilkan real life setting. Cara ini diterapkan oleh banyak brand karena dapat memberikan ide pada konsumen dalam menggunakan produk yang mereka tawarkan.

Gambar berrybenka1

Dalam gambar tersebut diperlihatkan bagaimana konsumen Berrybenka menggunakan produk Berrybenka dalam kesehariannya.

5. Buatlah kontes

Kontes adalah cara paling polpuler untuk meningkatkan engagement antara perusahaan dan pengguna Instagram.
Gambar Pinkemma1 Pinkemma mangajak pengguna Instagram mereka untuk menampilkan #ootd mereka dalam rangka menyambut kemeriahan Ramadhan. Perlu diperhatikan bahwa setiap kontes harus spesifik dan menggunakan hastags tertentu.

6. Tampilkan foto ‘behind the scene’

Gambar Shopatelvet2 Tidak setiap foto harus fokus terhadap produk. Memperlihatkan foto behind the scene adalah salah satu cara membangun ikatan personal anatara perusahaan dan konsumen serta memberikan gambaran budaya perusahaan tersebut. Foto berikut merupakan foto dibalik pembuatan setiap proyek atau produk baru dari ShopatVelvet.

7. Rayakan momen-momen tertentu

Gambar Tokopedia Selain promosi produk, Instagram pun dapat digunakan untuk memperingati season atau acara-acara tertentu. Seperti yang dilakukan oleh Tokopedia dalam memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada ibu kota Indonesia, Jakarta.

8. Gunakan fitur video dalam Instagram

Gambar tokopedia2 Jangan batasi penggunaan Instagram dalam upload foto saja, gunakan fitur video yang ada di dalamnya.
Seperti yang dilakukan oleh Tokopedia dalam menampilkan video Aku Pasrah dalam menyambut kemeriahan Ramadhan tahun ini.

9. Promosikan produk baru dalam Instagram Anda

Gambar Saqina Promosikan produk baru Anda untuk memaksimalkan nilai Instagram Anda. Seperti yang dilakukan oleh Saqina.com dalam menampilkan koleksi muslim terbaru mereka melalui Instagram

Join Us

Artikel - Artikel Terkait