9 Ide Bisnis di Bidang Pariwisata yang Bisa Anda Coba

peluang usaha online

Industri pariwisata bisa menjadi ladang bisnis unik bagi Anda jika Anda mampu melihat peluang yang ada. Jika Anda tersendat modal, Anda tidak perlu langsung menjadi direct competitor di industri ini. Manfaatkan peluang dan celah yang ada seperti ide bisnis berikut ini:

Travel Blogging

Naked Traveler

Suka nulis dan travelling? Ini cocok bagi Anda yang mempunya bakat menulis atau ingin mengasah kemampuan menulis Anda. Hal ini seperti dilakukan oleh Trinity yang mendokumentasikan semua perjalanan travelling dalam blog hingga buku di blognya www.naked-traveler.com. Berkat kesuksesannya tersebut, dia mampu meluncurkan buku berjudul The Naked Traveler yang sukses di Indonesia. Anda bisa memanfaatkan endorsement dari sponsor yang memanfaatkan blog hingga social media Anda, bahkan tidak jarang jika biaya traveling Anda dibayarkan oleh sponsor langsung.

Tour guide atau operator bisnis

Jika Anda pandai berbicara dalam bahasa asing dan menguasai daerah pariwisata dengan baik, Anda bisa menjadi tour guide khususnya untuk wisatawan asing di daerah Anda. Anda bisa menunjukan tempat-tempat favorit wisatawan hingga kuliner terbaik di daerah tersebut.

Customer review business system

Trip Advisor

Anda dapat membangun sebuah sistem berbasis website atau aplikasi yang menampilkan ulasan dari semua wisatawan mengenai satu tempat pariwisata tertentu. Hal ini penting karena wisatawan akan mencari informasi sebaik mungkin sebelum mereka melalukan traveling. Anda dapat mencontoh situs www.tripadvisor.com. Anda dapat mengambil keuntungan dari kerja sama Anda dengan pihak hotel, travel agent atau pihak lainnya.

Penyewaan sepeda motor

Sepeda motor adalah kendaraan yang paling diminati oleh kaum urban dan wisatawan karena mampu mengatasi kemacetan secara instan. Selain itu harganya pun cukup murah dan cocok bagi traveler yang memiliki budget pas-pasan. Anda dapat menggunakan passport atau KTP sebagai jaminan dari setiap penyewaan motor yang Anda lakukan. Bisnis ini cukup popular di Bali karena harganya yang murah dan Anda bisa melihat langsung pemandangan indah di sana.

Business networking untuk wisatawan

Bayangkan berapa banyak traveler di dunia ini yang membutuhkan jaringan atau networking untuk memudahkan perjalanan traveling mereka? Anda bisa membangun bisnis tersebut dengan menyediakan data dan profile yang dibutuhkan. Hal ini membantu Anda untuk menghubungkan semua orang demi keperluan travelling. Cara mudahnya Anda dapat menggunakan social media yang ada sebagai platform untuk berinteraksi dan membangun network.

Hotel transit

Dengan fasilitas seadanya namun tetap memberikan kenyamanan dan kebersihan, hotel transit dibutuhkan oleh wisatawan sebagai alternatif murah dalam kegiatan traveling. Ide dasarnya adalah Anda hanya menyajikan hotel murah dengan self service untuk menekan pengeluaran perawatan hotel Anda.

Jasa pengiriman koper

Bagi sebagian orang, traveling bisa merepotkan khususnya ketika membawa koper atau bagasi Anda di pesawat. Anda bisa menyiasati hal tersebut dengan menyediakan jasa pengiriman koper atau bagasi ke tujuan wisata. Bahkan Anda bisa menyediakan kopernya secara langsung untuk konsumen Anda.

Bisnis taxi

Jika Anda memiliki kendaraan dan waktu luang gunakan dua hal tersebut untuk membangun bisnis taxi Anda sendiri. Anda bisa melakukan kerja sama dengan pihak tertentu misalnya Grab Car untuk menyewakan kendaraan Anda khususnya ketika Anda bepergian.

Jasa penitipan bayi dan anak-anak

Pasti Anda menginginkan kenyamanan dan jauh dari kebisingan ketika Anda beristirahat pada saat travelling. Anda bisa menyediakan jasa penitipan anak-anak dan bayi sementara di airport lounge yang tersedia. Hal ini sangat membantu khususnya bagi wisatawan yang membawa anak-anak dan barang bawaan berat.


Manfaatkan peluang pariwisata di sekitar Anda karena bisnis ini sangat menggiurkan. Sekarang Anda sudah tahu mau berbisnis apa? Atau jika ada ide bisnis lainnya bisa sharing dengan memberikan comment di artikel ini!

Sumber: Mytopbusinessideas.com, Daniel Digest

Artikel - Artikel Terkait