Alasan Kenapa Customer Service yang Responsif Merupakan Hal yang Penting

midtrans_26-Maret-2020_Tw-dan-Blog-05

Menjalankan bisnis tentunya memerlukan banyak amunisi demi membuatnya bisa berjalan dengan baik dan bergerak menuju ke arah yang lebih baik. Tak sedikit bisnis yang pada akhirnya terpaksa gulung tikar padahal belum terlalu lama berjalan.

Faktor penyebab lesunya sebuah bisnis tentunya tak hanya satu hal. Di antaranya, salah strategi penjualan, lokasi yang kurang strategis, produk yang masih kurang berkualitas, hingga ke layanan konsumen ak.a customer service yang kurang prima.

Kebanyakan pelaku bisnis memang masih banyak yang kurang memberi perhatian khusus kepada fasilitas customer service, hal ini diungkapkan oleh penelitian yang dilakukan oleh SuperOffice.

Lalu customer service yang seperti apa yang dapat mendorong kemajuan sebuah bisnis? Seberapa besar kontribusi customer service terhadap perkembangan sebuah bisnis?

Tentang Customer Service itu Sendiri dalam Sebuah Bisnis
Menjalankan sebuah usaha pastinya tidak mudah dan tidak akan pernah mudah. Para pelaku usaha wajib untuk terus mengupgrade skill dan di saat yang bersamaan juga harus memperkaya wawasan.

Omset yang diperoleh oleh pelaku usaha tidak terlepas dari seberapa besar volume konsumen yang menggunakan jasa atau produk dari usaha itu sendiri. Dengan demikian fasilitas customer service menjadi hal yang krusial. Peranan fasilitas yang satu ini menjadi sangat penting dalam keberlangsungan suatu bisnis atau usaha.

Konsumen tidak hanya selalu tentang harga yang murah, konsumen juga ingin dilayani dan diperhatikan dengan baik. Cara sebuah bisnis melayani mereka, pasti juga akan dinilai oleh konsumen. Itulah mengapa para pemilik bisnis dapat mengedukasi materi-materi dasar dalam melayani konsumen.

Alasan kenapa Customer Service yang Responsif Sangat Penting untuk Bisnis
Ada satu kata sepakat bahwa customer service tidak harus sekedar ada pada sebuah bisnis, namun lebih spesifik kepada penyediaan fasilitas customer service yang responsif. Karena customer service yang responsif sangat penting bagi sebuah bisnis, ini dia beberapa alasannya.

1. Mengembangkan Bisnis Lebih Baik
Layanan konsumen yang merespon dengan baik dan cepat akan membantu bisnis mengembangkan jasa/produk mereka menjadi lebih baik lagi. Melalui feedback dari konsumen yang dirangkum dengan baik oleh layanan customer service, sebuah bisnis dapat memperbaiki jasa/produk yang sudah ada serta dapat membuat inovasi baru sesuai kebutuhan konsumen.

Konsumen suka memberi kritik dan masukan tentang jasa atau produk yang mereka gunakan. Mencoba mendengarkan semua feedback dan meresponnya dengan baik akan memberi insight yang semakin tepat dan akurat.

2. Meningkatkan Reputasi/Image
Semua konsumen tentu akan merasa senang jika mendapat perhatian dari produsen yang jasa atau produknya mereka gunakan. Sebaliknya, customer service yang tidak ramah dan kurang responsif bahkan terkesan cuek saat melayani konsumen pasti akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Pengalaman tidak menyenangkan ini akan mempengaruhi perilaku konsumen dan membuat mereka mencari yang lain. Tentu saja ini tidak akan bagus untuk kelangsungan sebuah bisnis. Terlebih lagi jika konsumen yang merasa tidak puas tersebut membagikan pengalaman tersebut kepada relasinya.

Sebaliknya jika customer service dapat memberi kepuasan pada konsumen, pastinya kesan baik dari sebuah usaha akan tertanam dalam benak dan hati konsumen. Memiliki reputasi baik akan mendorong pertumbuhan bisnis karena membangun kepercayaan lebih sulit dibandingkan mencari jumlah pembeli.

3. Meningkatkan Omset
Bukankah semua tujuan akhir dari sebuah bisnis atau usaha adalah mendapatkan banyak keuntungan? Nah, dengan memiliki layanan customer service yang baik sudah pasti akan berdampak juga pada omset perusahaan.

Kepuasan konsumen ketika menerima layanan customer service yang cepat, ramah, dan solutif akan mendorong mereka untuk terus kembali. Bayangkan jika yang dibagikan kepada relasi para konsumen adalah pengalaman menyenangkan, jumlah konsumen dan pelanggan otomatis akan bertambah. Omset otomatis akan meningkat seiring dengan pertambahan konsumen.

Secara keseluruhan, sebuah usaha tidak bisa begitu saja sukses hanya dengan satu elemen. Ada banyak elemen yang terkait satu sama lain layaknya mata rantai demi kesuksesan sebuah usaha. Customer service yang responsif akan sia-sia ketika produk atau jasa yang diberikan tidak terjaga kualitasnya.

Selain itu, customer service yang prima juga tak akan banyak berkontribusi jika semua feedback hanya diterima dengan baik dan disimpan tanpa ada follow up atau tindakan lanjutan dari bisnis/usaha itu sendiri.


Jadi kesimpulannya, usahakanlah bisnis Anda berjalan dengan dukungan dan koordinasi yang baik dari semua elemen yang dibutuhkan. Jadikan fasilitas customer service yang responsif sebagai elemen pelengkap dari elemen-elemen pendukung kesuksesan bisnis Anda.

“The more you engage with customers, the clearer things become and the easier it is to determine what you should be doing.” – John Russel