Alasan Mengapa Website yang Mobile Friendly Penting Bagi Bisnis Anda

mobile friendly website

Sebuah perusahaan penyedia layanan dan teknologi komunikasi asal Swedia, Ericsson, tahun lalu mengeluarkan sebuah laporan mengenai kondisi ranah mobile di dunia. Laporan tersebut mengatakan bahwa pengguna smartphone secara global mencapai angka 2.6 miliar orang dan akan terus bertambah setiap tahunnya. Mereka memprediksi bahwa di tahun 2020 nanti, pengguna smartphone tersebut bisa mencapai angka 6.1 miliar orang.

Data ini meyakinkan kita bahwa di era digital dimana setiap orang memiliki smartphone dan sangat mudah untuk mengakses internet, maka dunia bisnis juga harus mengikuti perkembangan dengan menyiapkan situs web yang mobile friendly. Anehnya, ketika pasar eCommerce menuntut situs web yang mobile friendly, pertumbuhan situs web yang seperti itu malah berjalan dengan lambat. Bahkan, tidak sedikit pemain eCommerce ternama juga menyatakan bahwa mereka belum siap.

Mengenal situs web yang mobile friendly

Situs web yang mobile friendly bukan hanya berarti situs web Anda dapat dilihat di perangkat mobile, melainkan situs web tersebut di desain khusus untuk layar yang lebih kecil, memungkinkan navigasi yang mudah melalui tombol layar sentuh, dan hanya menampilkan informasi yang relevan dengan konten yang memang pengguna butuhkan. Pengguna yang mengakses situs web menggunakan perangkat mobile cenderung tidak basa-basi. Mereka tidak ingin menghabiskan waktu lama untuk mencari apa yang mereka butuhkan.

Memaksimalkan situs web di perangkat mobile

Karakteristik pengguna yang seperti ini harus didukung dengan situs web yang beroperasi dengan cepat. Jika tidak, Anda kemungkinan akan kehilangan calon konsumen. Dilansir dari The Huffington Post, 57% dari pengguna perangkat mobile akan meninggalkan situs web Anda jika dibutuhkan lebih dari tiga detik untuk memuat, dan 30% akan meninggalkan transaksi pembelian jika situs web tersebut tidak berjalan dengan optimal.

Oleh sebab itu, berikut tiga alasan mengapa Anda harus segera memaksimalkan situs web di perangkat mobile:

1. Karakter pengguna perangkat mobile yang berbeda.

Statistik juga menyebutkan bahwa konsumen yang menggunakan perangkat mobile menghabiskan lebih banyak uang per pembelian daripada mereka yang mengakses via komputer. Maka, hal ini dapat menjadi alasan terbesar mengapa Anda harus memaksimalkan situs web Anda. Anda harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan perilaku konsumen dalam hal bagaimana mereka mengakses situs web Anda.

2. Loyalitas para pengguna.

Tidak hanya memiliki jumlah pengguna yang banyak, orang-orang yang memiliki perangkat mobile juga menghabiskan banyak waktu dengan perangkat mobile miliknya. Beberapa sumber melaporkan bahwa mereka mengakses situs web di perangkat mobile ketika sedang menonton televisi, perjalanan menuju kantor, atau bahkan jika sedang menggunakan komputer.

3. Lalu lintas pengguna perangkat mobile.

Calon konsumen akan lebih menyukai produk Anda dan kembali mengakses situs web di komputer ketika mereka merasa pelayanan situs web di perangkat mobile memuaskan. Namun, ketika situs web di perangkat mobile sulit untuk digunakan, calon konsumen akan lebih memilih untuk mencari alternatif lainnya ketimbang harus membuka situs web di komputer.


Dengan fakta itu semua, mari segera buat situs web Anda menjadi lebih mobile friendly. Semoga bermanfaat!

Sumber: Dreamscape, Huffington Post

Join Us

Artikel - Artikel Terkait