Alasan Pentingnya Backlink untuk Bisnis Online Anda

backlink

Membangun website atau meningkatkan traffic ke website bisa Anda lakukan dengan menggunakan backlink. Disamping pemilihan keyword yang efektif, backlink memiliki peranan efektif juga loh! Jika Anda belum pernah menggunakan backlink atau ingin tahu bagaimana cara memaksimalkannya bisa Anda baca lengkap artikel ini.

Pada dasarnya backlink adalah link yang menghubungkan 2 halaman website. Ada 2 tipe backlink yaitu internal link yang menghubungkan halaman berbeda di website yang sama, dan external link yang menghubungkan website Anda dengan website lainnya. Mengapa disebut backlink, karena link tersebut berasal dari page lain menuju page website tertentu.

Apa pentingnya backlink? Menurut sudut pandang SEO, link menunjukan popularitas website. Esensinya, setiap link yang terhubung dengan halaman website Anda bisa dikatakan bahwa website Anda layak untuk dibagi ke pembaca. Ketika mesin pencari menemukan sebuah website yang memiliki external link, mesin pencari mengartikan bahwa website Anda memiliki kualitas informasi yang baik. Karakteristik lainnya, semakin banyak jumlah backlink dari website terkenal atau berasal dari industri yang sama maka nilai SEOnya akan semakin besar. Namun sampai saat ini mesin pencari tidak dapat mengukur kualitas setiap website, karena itu mereka mengandalkan jumlah backlink yang mengarah kepada website tersebut.

Meskipun demikian, Anda harus memikirkan pentingnya positive link terhadap website Anda. Misalnya ketika Anda meluncurkan produk baru dan semua orang membicarakannya di media sosial, dan konten tersebut akan langsung berhubungan dengan website yang Anda miliki. Untuk menemukan website eksternal yang tepat untuk menarik target pasar ke website Anda, Anda harus memperhatikan website-website mana yang memiliki bank link ke website kompetitor Anda. Anda dapat melakukan pencarian untuk URL kompetitor Anda di situs seperti MajesticSEO atau Open Site Explorer. Setelah itu, kunjungi situs tersebut untuk mengetahui apakah konten website tersebut apakah website tersebut cocok untuk terhubung ke website Anda.

Anda juga harus memperhatikan negative backlink yang terhubung ke website Anda karena hal ini bisa mengganggu reputasi dan traffic yang Anda miliki. Negative backlink bisa Anda dapatkan dari website judi, porno, atau website yang tidak ada hubungannya dengan industri Anda. Gunakan alat seperti Monitor Backlinks yang membantu Anda mengawasi setiap backlink yang datang ke website Anda. Jika negative backlink sudah ada Anda bisa menghapusnya dengan cara:

  • Hubungi webmaster langsung untuk menghapus backlink Anda jika perlu sediakan juga link yang dituju.
  • Jika webmaster menolak maka Anda bisa menghubungi perusahaan hostingnya langsung. Pastikan dan jelaskan kepada mereka bahwa link tersebut berpotensi merusak bisnis Anda.
  • Jika kedua cara di atas tidak berhasil, Anda bisa menghubungi langsung Google Webspam Team yang dapat menutup halaman website mereka di mesin pencari Google.

Pastikan Anda selalu menjaga reputasi website di mata konsumen karena konsumen adalah orang pertama yang akan menentukan reputasi website yang Anda miliki. Bahkan jika Anda mendapatkan negative backlink, bisnis Anda akan tertolong dengan adanya review positif mengenai website Anda. Karena positive backlink berkembang seiringan dengan review positif dari konsumen.

Sumber: Entrepreneur, Inc

Join Us

Artikel - Artikel Terkait