Alasan Personalized Marketing Penting untuk Bisnis Online Anda

cara pemasaran produk

Personalized marketing adalah strategi marketing yang efekif namun masih banyak belum diterapkan dalam bisnis. Meskipun saat ini lebih mudah untuk menyediakan materi marketing yang sesuai untuk audiens tertentu, tetap saja personalized marketing jarang dilakukan. Perhatikan data di bawah ini mengenai keuntungan memanfaatkan personalized marketing :

  • Personalized marketing dalam website mampu meningkatkan nilai penjualan rata-rata 19% (Marketing Profs)
  • Sebanyak 71% perusahaan gagal membuat website mereka lebih personal (Dynamic Yield)
  • Email yang bersifat personal 29% lebih banyak dibuka dan 41% lebih banyak diklik (Experian)
  • 70% perusahaan tidak membuat email lebih personal (Experian)

Pertama kali Anda mengingat personalized marketing, Anda membayangkan email dengan menyebutkan nama konsumen Anda. Itu adalah salah satu cara membuat personalized marketing, namun Anda dapat melakukannya lebih dari itu.

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk membuat personalized marketing yang sudah dilakukan oleh beberapa perusahaan dengan cara kreatif :


Kirim email yang bersifat lebih personal

Contoh Newsletter

Ketika Anda mengirimkan email, dibandingkan mengirimkan email atas nama perusahaan, kirimkan email atas nama salah satu tim Anda. Pertimbangkan juga untuk menambahkan signature atau foto di dalamnya. Perhatikan juga kata sapaan di dalamnya, beberapa tools pengiriman email bisa mengirimkan email menggunakan nama depan dari penerima. Lalu buat segmentasi dalam database penerima email Anda dan buat email sesuai dengan segmentasi email Anda. Dengan database dan pesan yang sesuai, hal ini menjadikan email 14% lebih baik dibandingkan mass email.

Ciptakan pengalaman website atau applikasi yang lebih personal

Salah satu cara untuk meningkatkan hubungan dengan audiens Anda dengan memanfaatkan data dari perilaku on-site. Misalnya, Brainshark menggunakan fitur chat untuk menarik pengunjung dalam halaman produk dan promosi untuk download eBook melalui blog post. Atau cara mudahnya dengan menciptakan landing page yang sesuai dengan target Anda dalam campaign marketing khusus. Anda dapat mengubah pesan, gambar dan design yang didalamnya sesuai dengan target Anda.

Anda juga bisa mengaktifkan cookie pada website Anda untuk mendapatkan data perilaku konsumen, sehingga pada pengalaman berbelanja mereka selanjutnya pada website Anda mereka bisa mendapatkan tampilan atau penawaran yang sesuai dengan preferensi mereka.

Respon terhadap konsumen atau target konsumen Anda di social media

Saat ini konsumen mencari data dan informasi mengenai produk atau perusahaan Anda melalui social media. Pastikan Anda memiliki tim khusus untuk mengatur konten social media, membalas chat atau comment di dalamnya.

Bagi segmentasi sesuai dengan perilaku pembelian konsumen

Perilaku konsumen dapat Anda jadikan arahan untuk strategi personalized marketing bisnis Anda. Perhatikan setiap pembelian yang dilakukan oleh konsumen karena dapat memberikan inspirasi untuk strategi marketing Anda selanjutnya. Misalnya jika konsumen Anda cenderung membeli produk high end maka pembelian selanjutnya adalah produk serupa. Oleh karena itu Anda dapat mengirimkan email penawaran yang sesuai dengan minat mereka.

Interaksi konsumen dan follow up penjualan

Memiliki pandangan atau sikap yang sesuai dengan konsumen Anda melalui beberapa channel diperlukan untuk menciptakan pengalaman brand yang lebih personal, konsisten dan berlangsung lebih lama. Pastikan hal ini dimiliki tidak hanya oleh tim marketing Anda namun keseluruhan perusahaan Anda termasuk tim sales dan customer support Anda. Salah satu yang bisa dilakukan adalah pemberian thank you note setelah berbelanja, ataupun memberikan keuntungan-keuntungan khusus bagi konsumen yang loyal bagi Anda.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait