Apa Saja yang Harus Anda Ketahui tentang Harbolnas 2017

fun fact harbolnas

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) merupakan sebuah kegiatan tahunan yang diadakan bersama oleh berbagai eCommerce di Indonesia dengan dukungan dari sejumlah mitra seperti pelaku industri logistik, telekomunikasi, hingga payment gateway. Selama Harbolnas berlangsung, berbagai eCommerce tersebut memberikan promo besar-besaran bagi para konsumen online.

Sebelum berburu promo produk idaman nanti, yuk cari tahu terlebih dulu berbagai informasi yang harus Anda ketahui tentang Harbolnas 2017!

Diadakan pertama kali pada tahun 2012, kini penyelenggaraan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) menginjak tahun kelima. Harbolnas 2017 jatuh pada hari Selasa, 12 Desember 2017. Karena diadakan pada hari Selasa, Neilsen Indonesia yang telah bekerja sama dengan Harbolnas selama bertahun-tahun, mengatakan bahwa kemungkinan besar banyak konsumen yang akan melakukan transaksi online di kantor masing-masing.

Jika dilihat dari data Harbolnas tahun lalu yang dikumpulkan oleh Nielsen Indonesia, aktivitas tertinggi Harbolnas berlangsung pada pukul 6 pagi hingga 3 sore dan 6 sore hingga 9 malam.

Harbolnas merupakan sebuah kegiatan online yang hadir berkat inisiatif dari beberapa eCommerce di Indonesia, yakni Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak. Saat tahun 2012 dulu, hanya ada tujuh eCommerce yang ikut berpartisipasi, yakni Lazada Indonesia, Bilna, Zalora, Berrybenka, PinkEmma, Traveloka, dan Luxola. Namun, tahun ini partisipan Harbolnas 2017 sudah mencapai lebih dari 200 eCommerce. Berrybenka, Elevenia, Lazada Indonesia, Zalora, dan Shopback akan menjadi “host” dalam Harbolnas tahun ini.

Selain untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kemudahan belanja online, Harbolnas 2017 juga memiliki misi khusus, yakni memulai inisiasi untuk menjangkau para UMKM di Indonesia agar ikut berpartisipasi dalam acara ini. Dengan menggunakan tagline #BelanjaOnlineBersama, Harbolnas 2017 ingin mendorong lebih banyak UMKM untuk go online dan bersama-sama dengan pemain eCommerce besar merasakan dampak bisnis dari Harbolnas. Tim Harbolnas 2017 bahkan telah melakukan serangkaian roadshow untuk mengajak UMKM di Indonesia berpartisipasi dalam acara Harbolnas 2017.

Selain menggandeng para UMKM di Indonesia, ada dua hal lain baru yang akan hadir pada Harbolnas 2017. Salah satunya adalah support center, yang dapat menjadi jawaban bagi para konsumen untuk segala kendala atau masalah yang dihadapi saat berbelanja online di Harbolnas 2017. Jadi, jika Anda menemui kendala saat berbelanja di Harbolnas 2017 nanti, Anda bisa menghubungi support center. Nantinya, pihak support center akan langsung menghubungi eCommerce terkait untuk menyampaikan keluhan kendala yang Anda hadapi.

Hal baru lain yang juga akan diusung pada Harbolnas 2017 adalah Future Leaders. Melalui program ini, tim Harbolnas 2017 mengundang para mahasiswa dan fresh graduate untuk berpartisipasi dalam acara mereka. Program ini dibentuk karena tim Harbolnas 2017 melihat antusias yang begitu pesat dari masyarakat Indonesia. Mereka pun termotivasi untuk memperluas jangkauan dengan mengajak kalangan mahasiswa dan fresh graduate, atau yang mereka sebut dengan future leaders.

Harbolnas 2017 merupakan momen yang tepat bagi Anda untuk belanja berbagai kebutuhan secara online. Dengan berbagai penawaran promo menarik, Anda pun bisa membeli banyak produk idaman dengan harga yang lebih terjangkau. Jadi, catat tanggalnya dan jangan sampai Anda kelewatan berpartisipasi di Harbolnas 2017!

Join Us

Artikel - Artikel Terkait