Lakukan Hal Ini Setelah Mendapat Promosi Pekerjaan

promosi kerja

Ketika baru memulai karir, salah satu tujuan pertama yang ingin Anda capai adalah mendapatkan promosi. Setelah berbagai upaya dan kerja keras, momen tersebut akhirnya datang. Bos Anda memberikan promosi jabatan kepada Anda. Namun, perlu diingat bahwa mendapat promosi pekerjaan bukan hanya tentang kenaikan gaji, tetapi juga meningkatnya tanggung jawab. Jadi, apa yang harus Anda lakukan untuk menyikapi promosi pekerjaan ini?

Pahami tugas dan tanggung jawab Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah benar-benar memahami peran Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengerti apa yang diharapkan perusahaan dari Anda dan bagaimana Anda bisa memenuhi ekspektasi tersebut. Hal inilah yang akan membentuk dasar kesuksesan Anda. Jika sejak awal Anda masih memiliki informasi yang kabur tentang tugas dan tanggung jawab Anda dalam menjabat posisi baru, akan terbentuk kesalahpahaman yang bisa menyebabkan ketidakaturan dalam memenuhi peran baru Anda.

Segera tulis target-target Anda

Dengan memahami tugas dan tanggung jawab peran yang baru, Anda bisa menentukan target-target yang ingin Anda capai, baik dalam hal karir maupun personal. Misalnya, Anda dipromosikan menjadi salah satu ketua tim dalam divisi pemasaran. Peran tersebut mengharuskan Anda untuk menyusun strategi pemasaran produk dalam enam bulan ke depan. Nah, dari tugas tersebut, Anda bisa menentukan berapa banyak produk yang akan Anda jual atau berapa jumlah pelanggan baru yang bisa Anda dapatkan.

Berbicaralah kepada atasan baru Anda

Jabatan baru biasanya memiliki atasan yang baru pula. Artinya, Anda harus mulai sering berkomunikasi dengan atasan baru Anda agar bisa mengenal satu sama lain lebih baik lagi. Dengan begitu, Anda dan atasan Anda bisa mengetahui bagaimana proses kerja ke depannya nanti sehingga tidak ada kesalahan dalam komunikasi. Misalnya, cari tahu komunikasi seperti apa yang lebih disukai oleh atasan Anda, deadline yang harus dipatuhi, dan hal-hal penting lainnya. Langkah ini akan membantu Anda dan atasan untuk mencapai kesuksesan bersama.

Fokus membangun hubungan dengan rekan-rekan kerja

Tugas dan tanggung jawab bukan satu-satunya hal baru yang akan Anda hadapi setelah mendapat promosi pekerjaan karena Anda juga akan bertemu dengan orang-orang baru. Maka dari itu, luangkan waktu untuk membangun hubungan dengan mereka. Orang-orang ini bukan hanya rekan kerja dan atasan, tetapi juga pelanggan Anda. Akrabkan diri dengan mereka untuk menciptakan hubungan yang baik dan sehat. Kemampuan menjalin hubungan baik dengan orang lain sama pentingnya dengan kemampuan bekerja.

Pelajari apa yang harus dipelajari

Hanya karena Anda mendapat promosi jabatan baru, bukan berarti Anda menjadi mengetahui segalanya. Tidak, Anda masih harus terus belajar untuk mengetahui hal-hal apa saja yang diperlukan agar bisa sukses menjalani peran baru ini. Pelajari segala hal yang Anda perlukan agar bisa memenuhi ekspektasi perusahaan. Itulah gunanya membuat target. Dengan begitu, Anda bisa menyusun rencana untuk mencapainya sekaligus mengetahui kemampuan apa saja yang harus Anda tingkatkan untuk mencapai target-target tersebut.


Last but not least, bersenang-senanglah! Mendapatkan promosi jabatan merupakan sebuah prestasi yang membanggakan. Nikmati segala prosesnya. Namun, tetaplah rendah hati agar Anda terus memiliki keinginan untuk memperbaiki diri lagi dan lagi.

Sumber: The Muse, Kevin Eikenberry Blog, Safari Blog

Join Us

Artikel - Artikel Terkait