Apa yang Harus Dilakukan Bila Kewalahan Dengan Pekerjaan?

stres kerja

Pekerjaan bisa saja terasa berat dan membuat Anda kewalahan, termasuk juga pekerjaan yang Anda sukai. Pekerjaan yang menumpuk bisa membuat Anda tertekan dan seringkali membuat Anda stress. Namun, pekerjaan akan terasa makin berat jika Anda menunda-nunda untuk mengerjakan dan larut dalam perasaan tertekan dan juga stress. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda ketika merasa kewalahan ketika bekerja.

Membuat perencanaan

Anda bisa menggunakan beberapa waktu dalam kesibukan Anda tiap harinya untuk merencanakan pekerjaan mana yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu. Perencanaan dapat membantu Anda untuk menyelesaikan dan menggunakan sisa waktu Anda lebih efisien. Tidak hanya itu, perencanaan semacam ini juga bisa membantu Anda untuk tidak berpikir betapa banyaknya pekerjaan Anda, tetapi membuat Anda berpikir untuk melakukannya. Jadi, berhentilah merasa panik, tarik napas dan ambillah selembar kertas dan tulis semua pekerjaan apa saja yang harus Anda kerjakan dalam pikiran Anda ke dalam kertas tersebut, dan susun pekerjaan tersebut sesuai dengan prioritasnya.

Pergi keluar kantor

Ketika Anda merasa kewalahan dan tingkat stress Anda berada pada angka tertinggi, kantor bisa menjadi sebuah tempat yang benar-benar mengerikan. Rasanya bos Anda akan memperhatikan setiap langkah Anda dan seketika apa yang Anda di sekitar Anda terasa ikut menekan Anda. Meskipun terdengar berlebihan, setiap Anda merasa tertekan dengan pekerjaan Anda, sebaiknya Anda pergi dari tempat tersebut dan temukan tempat yang ideal untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Lebih sederhananya, Anda bisa mengambil laptop Anda dan pergilah ke tempat favorit Anda seperti, kedai kopi, lobby museum atau taman. Menjauhi tempat yang bisa membuat Anda stress dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut dan juga mengingatkan Anda bahwa ada dunia yang indah di luar kantor Anda.

Bicarakan dengan atasan atau rekan kerja

Cara ini merupakan cara yang paling sederhana namun sangat membantu Anda ketika Anda merasa kewalahan terhadap pekerjaan Anda. Mungkin Anda khawatir ketika Anda berbicara dengan rekan Anda mengenai pekerjaan Anda membuat Anda terlihat tidak mampu atau cengeng, namun selama Anda tidak meminta mereka untuk menyelesaikan pekerjaan Anda justru akan membuat Anda terlihat proaktif. Lagipula dengan membicarakan dengan rekan bisa membantu Anda melihat pekerjaan-pekerjaan tersebut terasa lebih mudah dikelola karena kemungkinan mereka akan membantu Anda melalui petunjuk dan cara-cara yang sudah pernah mereka lakukan sebelumnya. Hal lain yang dapat Anda dapatkan adalah setidaknya Anda memiliki seseorang untuk menghibur Anda pada saat Anda merasa kesusahan ketika mengerjakan pekerjaan Anda tersebut. Atau jika Anda merasa lebih nyaman dengan membicarakannya bersama atasan Anda menjadi lebih baik lagi.

Dapatkan tidur yang cukup

Hal ini seharusnya bukan menjadi suatu hal yang harus diingatkan kembali, namun masih banyak orang-orang yang mengabaikan hal ini demi menyelesaikan pekerjaannya. Mulai saat ini hentikan dan pergilah tidur. Waktu yang Anda gunakan di depan laptop atau meja kerja Anda dibandingkan untuk tidur, sama sekali tidak membantu pekerjaan Anda cepat terselesaikan, bahkan kadang memperlambat. Ketika Anda lelah, pekerjaan Anda tidak akan terselesaikan dengan baik seperti seharusnya. Khususnya ketika Anda merasa kewalahan, berarti Anda membiarkan otak Anda bekerja sangat keras. Oleh karena itu, berikanlah sedikit waktu dan Anda pantas mendapatkan waktu istirahat yang sangat cukup.


Itulah beberapa trik yang bisa Anda lakukan ketika merasa kewalahan atas pekerjaan yang Anda lakukan. Tidak selamanya pekerjaan menumpuk selalu datang menghampiri Anda, gunakan beberapa cara di atas dan Anda pun akan menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik.

Semoga bermanfaat!

Sumber: themuse, SUCCESS

Join Us

Artikel - Artikel Terkait