Apa yang Harus Dilakukan Saat Anda Kehilangan Promosi Jabatan?

promosi jabatan

Anda telah bekerja keras. Semua tanda-tanda promosi jabatan itu mengarah kepada Anda, wajar apabila Anda berpikir akan berhasil mendudukkan jabatan tersebut. Sayangnya, Anda justru gagal. Di luar kehilangan kesempatan untuk meraih pengalaman profesional dalam dunia kerja, kehilangan promosi jabatan dapat menjadi titik terendah dimana Anda akan merasa kehilangan banyak hal yang telah dikorbankan. Terlebih setelah Anda menghabiskan banyak waktu pada pekerjaan tersebut.

Lebih menyakitkan ketika orang yang berhasil memperoleh promosi merupakan rival atau rekan dekat Anda selama ini. Dalam situasi seperti ini, Anda mungkin cemas tentang bagaimana Anda harus bersikap agar kegagalan ini tidak mempengaruhi kinerja Anda. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Cari tahu apa yang salah

Pertimbangkan apa yang bisa Anda lakukan dengan lebih baik dari informasi yang telah dimiliki. Bisa jadi Anda gagal mendapat promosi sebab ada kekurangan dalam diri yang belum diketahui. Cobalah untuk melakukan introspeksi diri agar dapat lebih berlapang dada menerima kenyataan. Anda boleh merasa sedih dan kecewa, tetapi jangan terlalu lama berlarut dalam kemuraman. Anda harus bangkit untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut.

Tetap bersikap professional di tempat kerja

Hindari untuk menunjukkan ekspresi kekecewaan secara berlebihan di tempat Anda bekerja. Perilaku semacam itu justru akan menguatkan pendapat atasan Anda untuk tidak memberikan promosi jabatan kepada Anda. Selain itu, loyalitas Anda semakin dipertanyakan oleh perusahaan. Sebaliknya, tetaplah bersikap positif dan memberikan sambutan yang baik atas pencapaian rekan Anda yang berhasil memperoleh promosi jabatan. Jika terpaksa ingin meluapkan kekecewaan, sebaiknya Anda menceritakan hal tersebut pada rekan di luar perusahaan.

Lepaskan kekecewaan

Ikhlas memang tidak semudah yang dikatakan. Menerima kenyataan bahwa Anda kehilangan promosi jabatan memang tidak mudah, tetapi sebisa mungkin Anda harus bisa melepaskan rasa kecewa itu agar tidak terbelenggu dalam kesedihan terlalu lama. Anda bisa melepaskan kekecewaan dengan melihat kejadian ini bukan sebagai akhir, tapi sebagai awal babak profesional baru yang bisa dijalani. Dengan demikian, Anda siap menghadapi peluang besar yang akan datang menghampiri.

Pertimbangkan pilihan Anda

Bagaimana perusahaan menilai Anda sehingga tidak memasukkan nama Anda sebagai salah satu karyawan yang layak dipromosikan? Inilah yang sebenarnya harus Anda pikirkan baik-baik. Ada dua kemungkinan yang bisa menjadi pilihan Anda. Salah satunya adalah memperkuat rekam jejak Anda agar mendapatkan rasa hormat dari pihak manajemen. Pastikan Anda terlibat dalam proyek dengan visibilitas lebih besar, atau menghabiskan lebih banyak waktu di tempat kerja.

Putuskan langkah selanjutnya untuk hidup Anda

Haruskah Anda bertahan atau meninggalkan perusahaan yang tidak menghargai Anda? Keputusan itu sepenuhnya berada di tangan Anda. Tidak harus sekarang, tetapi Anda harus membuat keputusan itu setelah hati dan pikiran lebih tenang. Jika Anda merasa masih ada lagi pekerjaan yang harus dilakukan di perusahaan saat ini yang dapat membawa Anda ke peluang yang lebih baik, maka dengan segala cara tetaplah harus Anda lakukan.

Sebaliknya, jika Anda yakin ini adalah akhir dari garis karir Anda bersama dengan perusahaan ini, maka mulailah dari sana. Jadikan jaringan yang saat ini kamu miliki untuk menemukan usaha baru.


Itulah tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan apabila mengalami kegagalan dalam memperoleh promosi jabatan. Ingatlah bahwa perjalanan karir Anda berhak mendapatkan penghargaan. Pengalaman kegagalan ini dapat dijadikan acuan Anda untuk bangkit bersemangat dalam menghadapi tantangan baru di dunia kerja.

Semoga bermanfaat!

Join Us

Artikel - Artikel Terkait