Apa yang Membuat Perusahaan Ecommerce Sukses Berbeda dari yang Lain

Sukses berbisnis online eCommerce

Penelitian yang dilakukan oleh RJ Metrics menunjukkan bahwa pertumbuhan sebuah perusahaan eCommerce selama 6 bulan dapat menjadi indikator yang membedakan antara perusahaan eCommerce yang sukses dan yang gagal.

Dalam suatu studi yang dilakukan terhadap lebih dari 200 perusahaan eCommerce dengan volume sales dalam 3 tahun senilai $1 - 60 juta, terindikasikan bahwa perusahaan yang sukses menghasilkan nilai sales sebanayak 2.5x lebih besar dibandingkan perusahaan lainnya pada periode pengukuran yang sama.

Grafik perbandingan sales perusahaan eCommerce

Performa tersebut didapatkan karena 3 hal yaitu:

  • Menemukan product market fit
  • Menemukan dan menjaga marketing channel dari awal
  • Memikirikan cara meningkatkan repeat order

Hal ini berarti top performa perusahaan eCommerce tidak hanya ditentukan dari pendapatan yang mereka hasilkan namun juga seberapa cepat sebuah perusahaan eCommerce mengakuisisi customer baru dan seberapa banyak repeat order perusahaan tersebut.

Perusahaan eCommerce sukses pun melakukan trial and error terhadap strategi akuisisi customer mereka sebelum mereka launching. Karena mereka tidak berpikir bahwa dengan launching produk mereka maka konsumen akan langsung membeli. Mereka pun tidak berharap setelah mendapatkan konsumen baru dan mereka akan kembali untuk membeli. Mereka akan terus berpikir bagaimana caranya agar konsumen terus membeli lagi sebanyak dan sesering mungkin.

Perhatikan grafik berikut ini:

perbandingan repeat buyer dengan new buyer

Grafik kiri menunjukan bagaimana performa perusahaan mendapatkan konsumen mereka pada awal membangun perusahaan dan mengubahnya menjadi repeat buyer. Semakin berjalannya waktu, dalam waktu 3 tahun repeat buyer akan menghasilkan pendapatan 3x lebih banyak dibandingkan konsumen baru. Selain itu marketing untuk konsumen yang ada akan lebih menguntungkan, which is awesome! Grafik bagian kanan menunjukan progress natural dalam pendapatan Anda. Sebagian perusahaan tidak menyadari bahwa meningkatkan repeat buyer sebanyak 5% dapat meningkatkan keuntungan hingga 25% - 95%. Bahkan riset yang dilakukan oleh RJ Metrics menunjukkan bahwa Top customer Anda menghabiskan 30x lebih banyak dibandingkan konsumen biasa selama customer tersebut menggunakan jasa Anda.

Richard dalam artikelnya yang fenomenal, getting repeat sales and retaining customers, mengatakan bahwa lifetime sebuah customer dalam perusahaan eCommerce yang sukses 5x lebih tinggi dibandingkan grup lainnya.

top customer

Jika Anda entrepreneur dalam dunia eCommerce, Anda harus menentukan rencana yang mengarah pada:

  • Memasuki pasar baru
  • Temukan product market fit
  • Buat konsumen ingin terus membeli produk Anda
  • Dorong repeat buyer
  • Tingkatkan nilai order Anda
  • Fokus dalam reward dan top konsumen
  • Tumbuh secepat mungkin dalam periode 6 bulan

Hal ini tentu menghabiskan uang, tenaga dan waktu Anda. Jika Anda ingin menciptakan next big thing, Anda harus investasi terhadap channel yang paling tepat untuk konsumen dan produk Anda.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait