Attitude yang Harus Dibudayakan oleh Karyawan Baru

karyawan baru

Setelah melewati saat-saat wawancara yang menegangkan, kini Anda telah diterima sebagai karyawan baru di perusahaan tempat Anda bekerja. Hari pertama bekerja mungkin cukup membuat Anda gugup. Ini wajar. Selain dituntut untuk bisa beradaptasi, ini lima hal penting yang harus Anda lakukan sebagai pegawai baru.

Budayakan senyum dan bertanya

Tunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang ramah dan murah senyum. Tersenyumlah kepada setiap pegawai di sana, terlepas mereka adalah senior ataupun anak magang. Bangun aura positif di sekitar diri Anda. Jika Anda sedikit sekali tersenyum atau bahkan tidak sama sekali, bisa-bisa Anda mendapat predikat sebagai karyawan baru yang sombong dan tidak tahu diri. Selain itu, jangan malu untuk bertanya jika memang Anda tidak mengerti. Tapi ingat, jangan terlalu banyak bertanya atau atasan Anda akan menganggap Anda orang yang menyebalkan.

Jangan mengeluh

Mungkin beban pekerjaan yang Anda dapat di perusahaan baru lebih berat dari pada di tempat kerja Anda sebelumnya, atau cara mereka melakukan pekerjaan tidak sesuai dengan yang biasa Anda lakukan. Daripada mengeluh ini dan itu, lebih baik diam dan pelajari saja bagaimana cara melakukan kewajiban Anda dengan baik. Ingat, Anda adalah karyawan baru dan Anda harus tahu posisi Anda. Sebelum memiliki persepsi negatif mengenai pekerjaan Anda, akan jauh lebih baik jika Anda mempelajari medan perang Anda terlebih dahulu.

Berusaha mengingat nama rekan kerja

Ketika Anda diperkenalkan dengan rekan-rekan kerja baru di hari pertama kerja, sebaiknya Anda mencoba mengingat nama mereka satu-persatu. Jika perlu, catat. Ini adalah salah satu cara untuk menunjukkan bahwa Anda seorang yang menghargai dan mau peduli terhadap lingkungan kerja Anda. Melupakan nama rekan kerja atau bertanya mengenai nama mereka berulang-ulang justru membuat Anda dianggap kurang antusias dalam menjalin hubungan kerja dengan rekan-rekan Anda.

Datang lebih pagi

Jangan membawa kebiasaan terlambat di kantor baru ini. Sebisa mungkin bangunlah lebih pagi dan datang lebih awal. Jangan terpengaruh dengan para senior yang datang 10-15 menit lebih lambat. Meskipun aturan kantor tersebut tidak mengharuskan Anda datang tepat waktu, untuk beberapa bulan pertama sebaiknya tidak melakukan hal ini. Mungkin atasan Anda mengatakan bahwa itu bukan masalah jika Anda datang lebih siang tapi hati orang siapa tahu? Anda adalah karyawan baru dan saat ini pusat perhatian sedang tertuju pada Anda. Lebih baik tanamkan kesan bahwa Anda karyawan yang rajin.

Tetap rendah hati

Meskipun Anda berasal dari perguruan tinggi bergengsi di luar negeri sekalipun, tetaplah bersikap rendah diri. Anda masih junior, jadi hargai para senior karena mereka lebih tahu dan berpengalaman bekerja di tempat tersebut. Jika Anda berpikir mereka salah dan Anda yang benar, berikan pendapat Anda, tapi jangan terkesan menggurui.


Membangun reputasi sebagai karyawan yang baik dimulai dari hari pertama Anda bekerja. Jika Anda bisa menampilkan kesan positif, ini bisa menjadi langkah awal Anda menuju tangga kesuksesan karir Anda di tempat itu. Tentu saja Anda juga harus menjaganya agar tetap demikian. Yang terpenting, jangan bawa kebiasaan Anda sebelumnya ke tempat kerja yang baru jika memang kebiasaan itu kurang baik.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Business Insider, Inc Blog, Forbes

Join Us

Artikel - Artikel Terkait