Cara Memulai Bisnis Fashion Wanita Secara Online

fashion wanita online

Perilaku konsumen di Indonesia memiliki keunikan dibandingkan dengan negara lain. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Visa Worldwide Indonesia produk yang paling dicari dalam industri eCommerce adalah fashion, kosmetik, eletronik dan travel. Hal ini menjadi bukti bahwa wanita adalah pasar paling menggiurkan bagi pemain eCommerce di Indonesia. Tidak heran jika saat ini muncul banyak toko online yang menjual berbagai kebutuhan wanita terutama fashion.

Jika Anda juga tertarik atau sedang menjalankan bisnis online fashion wanita, Anda dapat mempelajari terlebih dahulu beberapa faktor yang dapat menentukan kesuksesan Anda dalam berbisnis fashion wanita di eCommerce, yaitu:

1. Niche atau ceruk pasar

Memilih niche yang tepat mampu membuat bisnis Anda tampil unik dibandingkan dengan kompetitor Anda. Sebagai contoh, Anda memilih wanita sebagai target market segmen yang umum. Lalu Anda dapat memperkecil target market Anda berdasarkan demografisnya, seperti usia, pekerjaan, agama dst. Beberapa toko online bermunculan dengan memilih niche yang menarik, seperti menjual baju muslim, pakaian anak-anak, aksesoris wanita hingga dress untuk acara pernikahan.

Jika Anda lebih teliti dalam memilih niche, Anda mendapatkan konsumen yang lebih loyal dan akan menekan biaya promosi juga. Seperti contohnya, Shopatvelvet yang memberikan pilihan design fashion wanita minimalis, stylish dan ready to wear serta memberikan sentuhan design yang berbeda pada umumnya. Hal ini menjadi pilihan menarik bagi wanita muda untuk sekedar pergi hang out atau outfit kantor.

2. Design

Design menjadi salah satu pilihan utama konsumen wanita dalam berbelanja online. Design yang unik mampu merepresantasikan kepribadian konsumen menjadi pilihan utama. Anda tidak perlu men-design pakaian wanita yang rumit, cukup disesuaikan dengan target pasar yang Anda miliki. Contohnya design yang ditampilkan oleh Cottonink meskipun termasuk pakaian ready to wear namun mampu memberikan pilihan dan corak yang menarik dengan kesan penampilan chic, girly dan stylish. Design yang ditawarkan memberikan pilihan bervariasi bagi remaja akhir hingga wanita dewasa muda.

3. Kualitas

Apapun design Anda atau target pasar yang Anda miliki, Anda tetap harus memberikan fashion wanita yang berkualitas tinggi sehingga konsumen tidak merasa rugi untuk membeli barang tersebut dari Anda. Percuma saja jika design Anda menarik tapi pakaian yang ditawarkan mudah rusak dan bahan yang digunakan membuat sebagian besar konsumen alergi. Setiap helai pakaian yang diproduksi harus selalu diperhatikan, mulai design hingga kualitas pakaian yang tepat bagi konsumen mereka.

4. Brand

Membangun brand yang memiliki positioning kuat dalam pikiran konsumen sangat penting. Brand yang kuat akan otomatis membuat diferensiasi produk Anda dengan kompetitor lainnya. Jika Anda mampu membangun brand yang baik, tepat dan unik maka akan memudahkan konsumen untuk mengingatnya ketika berbelanja.

Salah satu cara membangun brand adalah dengan menggunakan model pakaian yang sesuai dengan target market Anda. Anda dapat memperkenalkan brand Anda melalui media sosial ataupun dengan program endorsement melalui fashion blogger. Sebagai contoh, Cottonink mengajak penyanyi Raisa dan blogger serta make up artist seperti Andra Alodita untuk mempromosikan pakaian mereka melalui instagram, setiap foto yang diupload tersebut dapat Anda check di instagram @cottonik. Serta Shopatvelvet.com yang menampilkan blogger Indonesia, Clara Devi, dalam penampilannya menggunakan salah satu koleksi mereka saat berlibur melalui akun instagramnya @shopatvelvet. Setiap model dan foto yang di-upload melalui social media mereka mampu merepresentasikan brand yang mereka miliki ke konsumen.

Kini Anda telah mengetahui faktor apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika memulai bisnis online fashion wanita. Jika Anda mampu menerapkannya dengan efektif dan efisien maka mampu membantu toko online Anda tampil stand out dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Selamat mencoba!

Join Us

Artikel - Artikel Terkait