Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

cara memulai bisnis online

Anda sedang mencari penghasilan tambahan? Atau bosan menjadi karyawan dan menginginkan untuk membuka bisnis khususnya bisnis online? Jika iya, pasti Anda sedang bingung untuk menentukan produk apa yang dapat dijual, banyaknya modal yang harus dikeluarkan, bisnis tersebut bisa dijalankan atau tidak, langkah apa saja yang harus dimulai dalam membangun bisnis dan sejuta pertanyaan lainnya. Tidak ada jawaban pasti untuk memulai bisnis online, namun untuk mengurangi resiko kerugian dalam berbisnis online, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini berdasarkan pengalaman entrepreneur di industri online.

1. Tentukan produk yang akan Anda jual

Lakukan riset sederhana di pasar. Anda dapat memperkirakan produk apa yang banyak dicari oleh pasar. Salah satunya adalah dengan fitur Google Keyword Planner. Jika target pasar Anda kecil, hal tersebut selain beresiko besar juga menyurutkan semangat Anda untuk berbisnis karena kesulitan mencari konsumen. Produk yang dapat Anda jual dapat berupa produk fisik, produk digital dan jasa. Artikel berikut membantu Anda mencari inspirasi produk yang laris dijual online.

Hasil Pencarian

Langkah pertama ini adalah langkah yang paling berat karena Anda harus menyusun konsep bisnis, mencari supplier, mencari ide promosi dan belajar bisnis. Terkadang seseorang terjebak dengan pemikiran mereka yang terlalu detail dan sempurna sehingga menunda mereka setiap kali untuk memulai bisnis online. Langkah pertama ini dapat menjadi berhasil melalui trial and error. Jadi jangan terlalu fokus pada hal detail, karena pengalaman menjadi pelajaran pertama Anda dalam membangun bisnis.

2. Bangun website online Anda

Membangun website dapat menjadi salah satu parameter seseorang dalam menggarap bisnis online mereka. Website ini pun menjadikan seseorang lebih profesional dalam menjalankan bisnis online. Website Online dapat membantu Anda menjadi sarana promosi online melalui social media, forum, marketplace dan media online lainnya. Namun dalam membangun website, Anda akan berkutat dengan hal-hal yang bersifat teknis bahkan Anda harus belajar bahasa pemrograman sedikit.

Membangun website online membutuhkan domain dan hosting. Domain adalah nama website Anda misalnya www.abc.com, jadi usahakan nama website Anda sesuai dengan jenis bisnis online Anda. Sedangkan hosting adalah tempat menaruh domain Anda dan file lainnya. Jadi domain dan hosting adalah satu paket dalam membangun website. Beberapa website menyediakan layanan tersebut, seperti Cloudkilat & GoDaddy.

Kini membangun website bisa berbayar dan gratis tergantung dengan kebutuhan masing-masing. Jika Anda ingin membangun website berbayar (hal ini tentu direkomendasikan) maka Anda dapat menyesuaikan nama domain dan kapasitas hosting sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Artikel berikut dapat membantu Anda memahami & memilih CMS untuk toko online Anda. Namun jika Anda terkendala dengan biaya membangun website, gunakan website gratis seperti Blogger atau Wordpress. Bisa dilihat perbedaannya secara gamblang bahwa website gratis membawa nama pemilik website gratis. Namun hal ini dapat menjadi pilihan utama Anda ketika baru memulai membangun website.

3. Buat konten profesional dan promosikan produk Anda

Setelah membangun website, buat konten website yang sesuai dengan bisnis Anda, profesional dan menarik. Gunakan juga kata-kata yang mudah dimengerti oleh konsumen Anda. Konten website ini dapat menentukan keberhasilan bisnis online Anda khususnya ketika konsumen pertama kali mengunjungi website Anda. Hal yang harus ada dalam konten website yaitu profil usaha, galeri foto produk beserta deskripsi produk, alamat kantor Anda dan cara menghubungi Anda serta cara pemesanan dan form ordernya.

Promosikan produk dan website Anda melalui social media, forum online, marketplace, Google Ads, Facebook Ads dan gunakan SEO yang tepat untuk memudahkan konsumen mencari website atau produk Anda di mesin pencari. Gunakan media dan strategi promosi yang tepat dalam mempromosikan produk dan website Anda untuk mengurangi biaya yang terbuang sia-sia.

Pada intinya dalam membangun bisnis online membutuhkan:

  • C= Content, buat konten yang menarik dan informatif sesuai target konsumen Anda.
  • T= Traffic, datangkan traffic melalui social media atau media promosi lainnya.
  • P= Pre-selling, bangun hubungan dengan audience atau pengunjung.
  • M= Monetize, tawarkan solusi yang dibutuhkan konsumen.

Jika Anda tetap mengalami kesulitan dalam membangun bisnis online Anda, Anda harus sering berdiskusi dengan sesama pebisnis atau mencari mentor bisnis Anda yang tepat.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait