Bagaimana Cara Meningkatkan Jumlah Followers Instagram Tanpa Beli Followers?

Bagaimana Cara Meningkatkan Jumlah Followers Instagram Tanpa Beli Followers?

Meningkatkan jumlah follower pada akun Instagram Anda bukanlah tentang seberapa keren atau sosial Anda terlihat. Mengembangkan Instagram adalah tentang mengenali aktivitas yang paling berdampak dalam platform tersebut dan secara konsisten mengeksekusi aktivitas-aktivitas tersebut pada level yang lebih tinggi. Setiap orang bisa melakukannya. Bagaimana caranya?

Unggahan

Hal ini menyangkut jumlah ungguhan Anda (foto, video, stories, live sessions) yang memaksimalkan jumlah follower baru Anda per minggu. Setiap bagian konten yang Anda buat adalah peluang bagi seseorang untuk menemukan Anda. Jadi, Anda perlu membuat konten sebanyak mungkin dan mengukur dampaknya pada pertumbuhan Instagram Anda. Bagaimana cara melakukannya?

Mulailah dengan mengunggah sekali sehari selama seminggu dan ukur jumlah follower baru yang Anda peroleh. Kemudian minggu berikutnya dengan mengunggah dua kali sehari dan ukur kembali, begitu terus selanjutnya. Jika Anda melanjutkan proses ini, Anda akhirnya akan menemukan jumlah unggahan optimal untuk memaksimalkan jumlah follower baru Anda per minggu. Bagi kebanyakan orang, 1 ungguhan per hari biasanya memaksimalkan pertumbuhan.

Hashtag

Di setiap unggahan, gunakanlah 30 hashtag (tagar) yang dapat menjaring orang-orang relevan ke Instagram Anda. Identifikasilah tagar terbaik yang bisa Anda gunakan dengan terlebih dahulu mencari tahu hashtag yang sering digunakan oleh akun-akun berpengaruh dalam komunitas Anda. Mungkin saja, hashtag-hashtag tersebut merupakan yang paling populer untuk topik yang sedang Anda bahas. Setelah memiliki core group, Anda dapat memperkenalkan variasi hashtag baru untuk menguji hasil peningkatan yang terukur pada keterlibatan yang diterima oleh setiap unggahan Anda (engagement = suka dan atau komentar per unggahan/pengikut total).

Jika tingkat keterlibatan akun Anda tinggi, Anda kemungkinan besar akan ditampilkan di setiap "Top Posts" tagar, yang akan secara signifikan meningkatkan jumlah orang yang menemukan akun Anda. Alat terbaik di sini adalah rekomendasi hashtag "Terkait" Instagram sendiri. Anda dapat menemukannya ketika Anda menelusuri sebuah tag dan mereka biasanya memberikan informasi terbaru tentang apa yang sedang tren.

Interaksi

Semakin banyak interaksi yang Anda bangun dengan orang-orang yang tidak tahu tentang Anda (tetapi mungkin menilai konten Anda berharga), semakin Anda akan tumbuh, jadi gunakan Bot untuk mengotomatisasi sebanyak mungkin interaksi. Pikirkan kualitas daripada kuantitas di sini. Lakukan riset untuk menemukan hashtag dan akun Instagram yang orang-orang dalam komunitas target Anda sudah terlibat, lalu program Bot Anda untuk berinteraksi dengan mereka.

Berikan audience Anda apa yang mereka inginkan

Pertumbuhan Instagram bergantung pada konten yang menarik. Jika Anda ingin orang menyukai unggahan Anda, mengikuti dan terlibat dengan akun Ingstagram Anda, maka Anda perlu untuk membuat konten yang menarik bagi mereka. Jadi, bagaimana Anda memutuskan apa yang diharapkan orang-orang dari akun Instagram Anda? Untungnya, Anda tidak perlu menerka-nerka. Berikut beberapa hal yang bisa Anda coba:

  • Mengawasi pesaing dengan target audience yang sama: Cari tahu jenis konten apa yang diunggah oleh pesaing Anda dan catat apa saja yang menghasilkan banyak keterlibatan. Misalnya, apakah orang-orang di space Anda tampaknya mendapatkan hasil yang lebih baik saat mengunggah Instagram Stories secara teratur di samping gambar standar mereka?

  • Melacak apa yang sedang tren: Mengawasi profil pelanggan dan influencer di space Anda dan mencari tahu #hashtag apa yang mereka gunakan, atau tren yang mereka ikuti. Hal ini akan memberi Anda wawasan tentang jenis konten yang menghasilkan buzz paling banyak di antara audience Anda.

  • Gunakan tool (alat) untuk melacak performance: Dengan tool seperti Sprout Social, Anda dapat mengikuti kata kunci yang mengirimkan lalu lintas paling banyak ke akun Instagram Anda, dan mempelajari apa yang berfungsi bagi ungguhan terbaik Anda.

Jika Anda merasa sulit untuk memilih konten yang tepat untuk pertumbuhan organik Instagram, tanyakan pengikut Anda apa yang ingin mereka lihat. Muat Instagram Stories dan pilih opsi stiker "polling" untuk mulai mengumpulkan ide dan umpan balik dari pelanggan Anda yang sudah ada.


Itulah beberapa informasi tentang cara meningkatkan pertumbuhan jumlah follower Instagram Anda. Semoga bermanfaat!

Sumber:
Forbes,Sprout Social, Buffer App