Bagaimana Caranya Membangun Digital Branding yang Kuat?

Bagaimana Caranya Membangun Digital Branding yang Kuat

Persaingan bisnis online di Indonesia saat ini semakin ketat. Anda pun perlu melakukan berbagai strategi untuk bersaing dan merebut hati calon konsumen. Strategi ini pun harus jelas dan mampu menjawab semua permasalahan. Salah satu strategi penting adalah dengan membangun digital branding bagi perusahaan maupun bisnis agar makin dikenal. Lalu, bagaimana cara membangun strategi digital branding yang kuat tersebut? Anda bisa simak ulasannya yang akan dijabarkan dalam poin-poin di bawah ini.

Maksimalkan media sosial

Di era digital seperti sekarang, kekuatan media sosial sudah tidak diragukan lagi. Mungkin Anda bisa melihat berbagai perkembangan dan majunya perusahaan-perusahaan besar berawal dari sini. Maka dari itu, dalam membangun digital branding, Anda wajib memaksimalkan penggunaan media sosial. Dengan begitu, produk bisnis Anda semakin dikenal luas oleh masyarakat.

Hal ini disebabkan oleh jumlah pengguna media sosial di Indonesia sangat tinggi. Bahkan menurut survei Statista tahun 2017 yang dilansir oleh Katadata, diprediksi hingga tahun 2022 mendatang pengguna media sosial Indonesia bakal mencapai 125 juta pengguna dan masuk dalam lima besar negara pengguna media sosial terbesar di dunia. Jelas, hal ini menjadi celah yang membawa keuntungan bagi strategi digital branding Anda.

Buatlah konten menarik

Kunci utama media sosial agar semakin diminati para pengguna adalah konten yang menarik. Dalam membangun digital branding, Anda perlu mengemas konten-konten produk di media sosial sesuai dengan demografi dan target pasar. Contohnya, bila brand Anda menyasar anak muda dan generasi milenial, maka sebaiknya buat konten yang sesuai dan cocok dengan usia mereka.

Anda juga perlu menjelaskan produk dengan detail. Sebaiknya, jangan gunakan bahasa yang terlalu kaku. Untuk itu Anda bisa menggunakan gaya bahasa yang persuasif maupun gaya story telling. Tujuannya agar pembaca semakin tertarik dan mudah mengenali brand Anda. Begitu pula untuk tampilan visual, buatlah gambar maupun video yang menarik dan tidak membosankan tentunya.

Pembayaran yang efektif

Digital branding tidak hanya membangun image yang baik kepada calon konsumen Anda, seperti melalui konten. Lebih dari itu, Anda juga perlu meyakinkan mereka terhadap produk atau jasa yang ditawarkan melalui layanan yang terbaik. Tidak terkecuali dalam hal pembayaran.

Calon konsumen akan memilih brand dengan proses pembayaran yang mudah dan cepat. Anda bisa melakukan hal ini melalui sistem pembayaran digital, yang sekarang tengah diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan cara ini diharapkan daya beli konsumen semakin meningkat dan berpengaruh terhadap penjualan.

Memberi respon cepat dan tepat

Selain dari segi pembayaran, pelayanan lain yang perlu diperhatikan dalam digital branding adalah respon kepada konsumen. Tidak bisa dipungkiri, terkadang konsumen memiliki masalah terhadap produk yang mereka beli. Menghadapi hal ini Anda tidak harus menutup mata dan mengabaikannya. Sambutlah pertanyaan konsumen dengan ramah dan respon yang cepat.

Hal tersebut merupakan nilai plus brand Anda untuk lebih dekat dengan konsumen. Solusinya, Anda bisa menggunakan teknologi seperti chatbot. Menggunakan aplikasi tersebut tentu memudahkan Anda dan dapat menekan pengeluaran bila dibandingkan menggunakan customer service secara konvensional. Semakin cepat menjawab pertanyaan konsumen, maka kepercayaan konsumen pun bisa meningkat.

Membuat press release

Berikutnya adalah Anda perlu membuat press release. Mengapa demikian? Dengan membuat press release yang berkualitas, brand Anda akan masuk dalam berbagai tren pemberitaan di Google. Oleh karena itulah, siapkan beberapa jenis berita kepada masyarakat terkait brand Anda.

Hal ini cukup efektif, terlebih banyak orang memiliki kecenderungan membaca berita online. Dari sanalah produk Anda semakin dikenal luas oleh banyak orang lewat citra positif yang ada dalam berita tersebut. Hal ini juga berpengaruh terhadap jumlah traffic website dan media sosial brand Anda.


Membangun digital branding memang tidak mudah dan mungkin belum bisa berhasil dalam waktu singkat. Maka dari itu, Anda harus melakukannya dengan tekun dan pantang menyerah. Jadi, bagaimana posisi brand bisnis Anda saat ini?

Sumber: Digital Marketer, Dewaweb, Katadata