Cara Mengatur Waktu Antara Bisnis Online dan Pekerjaan Kantoran

bisnis online

Jika Anda bekerja sebagai karyawan tetap 8 - 5 setiap hari, akan sangat sulit untuk membagi waktu mengurus bisnis online sebagai sampingan Anda. Hal ini bukan berarti menjadi alasan untuk tidak membangun bisnis impian Anda. Sisi positifnya adalah jika bisnis online sampingan Anda tidak berjalan dengan baik, Anda masih memiliki pekerjaan tetap dan menjadikan kegagalan tersebut pelajaran bukan? Idealnya dalam membangun bisnis online sebagai sampingan, Anda harus menemukan produk yang mudah untuk dijual, dirawat dan dikerjakan namun yang paling penting adalah Anda menyukai produk yang dijual dan Anda memiliki passion terhadap produk tersebut.

Membangun bisnis online sebagai sampingan tentu berbeda jika Anda adalah full time entrepreneur. Bisnis Anda akan tumbuh relatif lebih lambat dibandingkan dengan full timer. Meskipun Anda bekerja kantoran, Anda tetap memiliki waktu bebas sepulang dari kerja dan weekend, maka gunakanlah waktu tersebut untuk membangun bisnis Anda!

1. Fokus

Fokus adalah hal utama dalam membangun bisnis online sampingan Anda. Tidak hanya fokus terhadap pemanfaatan waktu yang Anda miliki juga terhadap sumber daya yang Anda miliki. Misalnya fokus terhadap niche produk yang Anda jual & fokus terhadap niche market yang Anda tuju. Gunakan platform atau alat promosi yang mudah digunakan dan efektif, misalnya Anda fokus mempromosikan melalui social media atau Google Ads.

2. Bekerja sedikit, namun berpikir hal besar

Pertumbuhan bisnis yang lebih lambat namun konsisten adalah hal yang akan Anda alami ketika menjadi sidepreneur. Namun hal itu tidak menjadi masalah karena kesuksesan tidak datang dalam waktu yang singkat dan membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu Anda harus pintar mengatur kegiatan kerja Anda dengan efektif dan efisien. Misalnya jika Anda membangun strategi promosi social media bisnis online Anda, coba bangun strategi tersebut dalam beberapa bagian kegiatan kerja dan jangka waktu tertentu. Karena jika Anda membuat strategi tersebut dalam waktu terbatas dan terburu-buru, hasilnya pun akan menjadi kacau.

3. Disiplin waktu dan buat jadwal untuk setiap kegiatan

Anda dapat menggunakan Google Calender untuk mengatur aktivitas Anda sehari-hari. Gunakanlah Google Calendar yang berbeda untuk aktivitas kantoran Anda dan bisnis online sampingan Anda. Membuat jadwal yang efektif dan efisien dapat mengatur kehidupan Anda menjadi seimbang, meskipun sibuk jangan melupakan waktu untuk diri sendiri, keluarga dan teman Anda. Sebaiknya kurangi kegiatan yang tidak berguna seperti menonton serial tv Anda atau menghabiskan waktu untuk tidur berjam-jam.

4. Lakukan pekerjaan kecil yang memberi dampak besar terhadap waktu Anda

Gunakan waktu yang Anda miliki seefektif dan seefisien mungkin misalnya dibandingkan dengan membalas email atau keluhan konsumen mengenai produk atau bisnis Anda, sebaiknya Anda membuat frequently asked questions yang mampu mempersingkat waktu Anda dan memberikan kepuasan jawaban bagi setiap pertanyaan konsumen. Hal ini tentu akan mempersingkat pekerjaan Anda kedepannya dan menambah waktu yang akan Anda miliki untuk aktivitas lainnya.

5. Outsource

Selain waktu, investasikan penghasilan tetap Anda untuk merekrut atau menggunakan jasa yang dapat memudahkan aktivitas bisnis online Anda. Misalnya Anda memanfaatkan perusahaan untuk jasa pengiriman barang Anda atau gunakan software atau sistem yang dapat mengatur laporan keuangan Anda. Jika Anda berjualan online, pastikan Anda menggunakan jasa payment gateway seperti Veritrans, karena payment gateway akan mempermudah proses transaksi online di toko online Anda. Selain menghemat waktu, juga membantu bisnis online Anda tumbuh lebih efektif dan efisien. Selain investasi waktu Anda, investasikan juga uang Anda dengan tepat.

6. Buat semua proses atau aktivitas Anda menjadi seotomatis mungkin

Teknologi mampu membantu Anda dalam hal ini, salah satunya dengan munculnya tool seperti Buffer dan Hootsuite yang mampu mengatur jadwal untuk konten Twitter dan Facebook bisnis online Anda. Selain itu buat cara kerja email marketing Anda menjadi seotomatis mungkin dengan membuat email list yang dapat menyimpan waktu Anda lebih banyak.

Kerja keras, motivasi dan passion menjadikan alasan Anda untuk tetap menjalankan bisnis online sampingan Anda sehari-hari. Meskipun banyak waktu yang harus dikorbankan namun hal tersebut sangat layak untuk dijalani. Jika Anda konsisten terhadap bisnis sampingan online Anda maka besar kemungkinan bisnis tersebut bisa lebih menjanjikan dibanding perkerjaan tetap Anda.

Sumber: Shopify

Join Us

Artikel - Artikel Terkait