Baru Pertama Jualan Online? Ini Strategi yang Bisa Anda Terapkan

Baru Pertama Jualan Online? Ini Strategi yang Bisa Anda Terapkan

Perkembangan teknologi digital kini semakin tidak bisa dibendung. Dampaknya memang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat terutama dalam hal berkomunikasi. Tidak hanya itu, aspek lain yang juga terpengaruh adalah sektor perekonomian masyarakat. Jika dulu jual beli hanya dilakukan secara konvensional, kini era digital membuka peluang baru bagi pelaku bisnis dengan adanya bisnis jual-beli online.

Tren bisnis jual-beli online memang menjadi fenomena baru di dunia, termasuk juga di Indonesia. Pada tahun 2017 lalu saja jumlah transaksinya mencapai Rp. 98.6 triliun sampai Rp. 113.7 triliun. Maka tak heran banyak kalangan melirik ranah bisnis online ini. Bagi Anda yang ingin membuka bisnis baru ini, berikut beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan dalam memulai bisnis online Anda.

Ketahui calon konsumen produk Anda

Sebelum memulai menjual produk di toko online, langkah paling awal yang bisa Anda lakukan adalah menentukan konsumen dari produk yang Anda jual. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu. Caranya adalah dengan aktif di media sosial dan perhatikan, apa saja yang menjadi kebutuhan dan barang apa saja yang paling banyak dicari.

Biasanya orang memilih belanja secara online karena cepat dan mudah. Barang-barang yang cepat laku adalah barang yang menyangkut kehidupan sehari-hari. Seperti fashion, peralatan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, hingga produk teknologi.

Tawarkan barang yang berkaitan dengan hobi

Dalam bisnis jual beli online, terdapat dua jenis barang yang diperdagangkan. Pertama adalah commoditized product, produk ini adalah produk populer dan paling banyak dibeli oleh para konsumen. Mengingat pentingnya barang tersebut dalam kehidupan sehari-hari seperti yang sudah disebutkan dalam poin sebelumnya.

Kedua adalah niche product, produk ini tidak seperti commoditized product dan hanya tersegmen pada konsumen-konsumen tertentu seperti pecinta hobi. Namun jangan salah, justru produk-produk inilah yang saat ini mulai banyak dilirik oleh pebisnis online. Contohnya saja jual beli kamera atau perlengkapan fotografi untuk para fotografer. Jelas, ini merupakan kesempatan bagi bisnis online yang bisa Anda manfaatkan.

Sesuaikan dengan passion Anda

Ternyata passion juga berperan penting bagi perkembangan bisnis jual-beli online Anda. Salah satu yang sukses dalam hal ini bisa kita contohkan dari Moorea Seal. Dia adalah seniman desain grafis sekaligus pecinta hobi aksesoris. Kemudian dia mencoba membuka bisnis jual beli aksesoris dan fashion wanita.

Berawal dari coba-coba dan usaha serta kerja kerasnya, Moorea memutuskan untuk pensiun dari pekerjaannya dan memilih menekuni usaha jual-beli online pada 2012. Setelah melakukan evaluasi, memperhatikan dan mempelajari tren pasar dia pun mulai membuka toko onlinenya pada 2013 di Shopify. Tidak hanya itu, Moorea juga aktif mempromosikan produknya lewat blog dan media sosialnya.

Belajarlah dari para ahlinya

Strategi lainnya ketika Anda baru pertama kali membuka toko online adalah jangan segan-segan belajar kepada para ahli dan mereka yang sudah berpengalaman. Hal ini dikarenakan persaingan bisnis online tidak dapat diprediksi. Dari para ahli inilah Anda memperoleh gambaran apa yang harus Anda lakukan untuk kemajuan bisnis online tersebut.

Kita dapat mengambil contoh pengalaman dari toko online Retro Supply yang menyediakan bahan bagi para seniman desain grafis. Pendiri toko ini Dustin Lee meskipun telah memiliki toko online yang cukup sukses dia masih belajar pada mereka yang sudah ahli dalam membuat sebuah produk baru.


Bagaimana, sudah siapkah kini untuk membuka toko online Anda sendiri?

Sumber:
Katadata, Moorea Seal, Retro Supply