6 Tips Belanja Online Aman dengan Menggunakan Kartu Kredit

Belanja Online dengan Kartu Kredit

Pengalaman yang buruk dalam berbelanja online, kurangnya informasi serta pengetahuan mengenai internet dan kartu kredit ternyata menjadi penghalang bagi penggunanya dalam berbelanja online. Padahal internet dan kartu kredit selain memudahkan transaksi, juga selalu memberikan promo kartu kredit bagi penggunanya.

Berikut 6 tips yang perlu Anda perhatikan ketika belanja online dengan kartu kredit, supaya terhindar dari kejahatan di internet:

1. Hindari penggunaan komputer atau layanan wifi publik ketika bertransaksi online
Hal ini dapat memudahkan hacker untuk mencuri informasi pribadi mengenai data diri dan kartu kredit Anda. Sebaiknya gunakan perangkat dan koneksi internet personal dengan anti virus yang terpercaya, terbaru dan masih berlaku masa penggunaanya.

2. Pada umunya website eCommerce terpercaya menggunakan protokol komunikasi ‘https’
Hal tersebut bisa dilihat pada bar alamat browser dan terdapat gambar gembok atau kunci dibagian kanan bawah browser. Dengan menggunakan protocol ‘https://’, website ecommerce tersebut lebih aman karena komunikasi informasi yang terjadi terenkripsi.

3. Perhatikan keabsahan website dari toko online dengan memperhatikan kontak informasi yang tersedia
Seperti alamat, nomor telfon, whatsapp, LINE & alamat email. Cara lainnya dengan mencari informasi melalui google mengenai review customer dari online shop tersebut.

4. Gunakan password yang baik dengan mengombinasikan angka, huruf kapital, huruf kecil dan tanda baca
Serta gunakan password yang berbeda-beda untuk setiap akun yang Anda miliki. Menggunakan password yang buruk pada beberapa akun Anda dapat memudahkan hacker untuk mencuri data diri, password, kartu kredit dan data transaksi Anda.

5. Pastikan Anda melakukan ‘log off’ atau ‘sign out’ dengan sempurna
Karena menutup browser ketika proses ‘log off’ masih berlangsung tidak menjamin terputusnya koneksi pada halaman akun online Anda.

6. Jangan pernah memberitahukan 3 digit rahasia dibagian belakang kartu kredit Anda kepada orang lain
Karena data tersebut hanya boleh diketahui oleh Anda sebagai pemilik kartu. Serta gunakan kartu kredit dengan limit yang rendah ketika berbelanja online sehingga menghindari kerugian lebih besar jika kartu kredit dan data diri Anda digunakan oleh pencuri.

Toko Online terpercaya selalu menggunakan online payment gateway yang terjamin keamanannya seperti Veritrans yang telah terverifikasi oleh Visa, Master Card dan PCI DSS Level 1 yang mampu memberikan jaminan perlindungan penggunanya. Setelah mengetahui informasi di atas, kini belanja online dapat menjadi pengalaman yang mudah, nyaman, aman dan menyenangkan bagi Anda.

Sumber: Detik

Join Us

Artikel - Artikel Terkait