Berbagai Manfaat Magang di Perusahaan Startup

intern di startup

Ada beberapa jurusan kuliah atau sekolah menengah yang mewajibkan siswanya untuk mengikuti program magang sebagai salah satu syarat kelulusan. Memang banyak perusahaan yang menawarkan program magang bagi para mahasiswa. Sebaiknya ketika mencari target perusahaan magang, Anda tidak hanya berfokus pada perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki nama, tapi juga perusahaan startup. Memang perusahaan startup masih kecil dan Anda pun berpikir bahwa pengalaman yang Anda dapat akan lebih sedikit. Jika Anda berpikir seperti ini, Anda salah besar. Justru dengan magang di perusahaan startup, Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat. Berikut lima di antaranya.

Kesempatan mengasah skill kepemimpinan

Karena perusahaan startup masih cenderung kecil, tidak menutup kemungkinan Anda akan dijadikan sebagai PIC untuk suatu acara atau proyek tertentu. Jika atasan bisa melihat kelebihan yang Anda miliki untuk menjadi seorang pemimpin, maka bisa saja ia menunjuk Anda sebagai pemimpin untuk proyek tertentu. Di perusahaan startup, hampir semuanya memulai karir dari titik yang sama, jadi perbedaan pengalaman kerja yang didapat juga tidak seberapa jauh. Oleh sebab itu, siapa saja bisa menjadi pemimpin jika memang punya kemampuan yang mumpuni.

Menambah portfolio kerja di CV

Ini nilai plus yang akan Anda dapatkan. Tak ada salahnya mencantumkan pengalaman magang Anda pada CV. Dengan begitu, rekruter akan tahu bahwa Anda sudah memiliki pengalaman bekerja di perusahaan. Jadi, Anda bukan seorang pekerja yang mulai dari 0 setelah lulus. Ini bisa menjadi nilai tambah untuk Anda jika para pesaing Anda adalah para lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali.

Belajar mengemban tanggung jawab

Di perusahaan startup Anda akan merasa bahwa Anda juga merupakan bagian dari mereka layaknya karyawan tetap lainnya. Dengan personil yang terbatas, tentunya tanggung jawab masing-masing personil juga lebih besar, bukan? Tak terkecuali Anda, meskipun masih magang bisa saja akan diberi beban pekerjaan yang sama seperti yang lain. Ini sangat baik untuk penempaan diri. Jika ke depannya Anda dihadapkan pada tanggung jawab yang besar, Anda tidak perlu kaget karena sudah pernah mengalami hal serupa di perusahaan startup tadi.

Pendapat Anda didengarkan

Walaupun status Anda masih karyawan magang, tidak menutup kemungkinan pendapat Anda juga akan didengarkan. Sebagai perusahaan startup tentunya masih banyak kekurangan dan hal yang harus dibenahi. Oleh sebab itu, saran dari setiap karyawan akan menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan.

Lebih mudah mempererat relasi

Karena masih baru dirintis, karyawan di perusahaan startup biasanya tidak begitu banyak, hanya sekitar 50 orang. Bahkan ada yang hanya terdiri dari 20 hingga 30 orang saja. Dengan jumlah yang relatif sedikit ini, hubungan antar karyawan lebih dekat. Selain itu, karena lingkupnya masih terbatas, interaksi antara Anda dan para karyawan jadi semakin intens. Dari sini Anda bisa membangun relasi yang erat.


Tentunya manfaat-manfaat bekerja di perusahaan startup masih sangat banyak, dan tidak menutup kemungkinan untuk Anda melanjutkan karir Anda menjadi pegawai tetap di perusahaan yang sedang berkembang tersebut. Challenge yourself and try!

Join Us

Artikel - Artikel Terkait