Berbagai Tren Terkini yang Mengubah Industri Pembayaran

Midtrans_13-Nov_Blog-isi

Digitalisasi pembayaran saat ini berkembang pesat terutama di daerah urban seperti kota Jakarta dan sekitarnya. Digitalisasi pembayaran juga tentunya mempermudah berbagai transaksi yang dilakukan baik oleh konsumen ataupun pelaku bisnis. Jenis pembayaran digital yang ditawarkan ke konsumen juga beragam mulai dari dompet elektronik, kartu kredit elektronik, ataupun cicilan digital tanpa kartu. Banyaknya alternatif pembayaran ini membuat banyak tren-tren pembayaran di kalangan konsumen.

Tren-tren baru ini menunjukkan pilihan konsumen dalam memilih metode pembayaran yang mereka pilih, dan ke depannya, pemilik bisnis dapat mengembangkan pengalaman bertransaksi dengan mudah dan nyaman untuk konsumen mereka. Tidak hanya itu, tren-tren baru dari industri pembayaran ini juga penting bagi pelaku bisnis dan dapat dijadikan referensi untuk meningkatkan performa dan memberikan inovasi baru dalam hal pembayaran. Berikut beberapa tren pembayaran yang memiliki dampak besar bagi cara konsumen bertransaksi di masa depan.

Tren pembayaran pertama adalah pembayaran yang cepat, murah, dan beragam. Pembayaran digital tentu menjadi tipe pembayaran yang cepat dan real-time oleh konsumen. Hal ini disebabkan pengotomatisan pembayaran yang sudah terintegrasi dengan berbagai bank ataupun layanan keuangan harus dilakukan dengan cepat agar konsumen tidak butuh menghabiskan banyak waktu hanya untuk menerima konfirmasi pembayaran. Selain itu, biaya transaksi pembayaran yang dimiliki juga diiringi dengan harga yang rendah. Biaya transaksi yang tinggi masih banyak ditemui terutama dari bank-bank besar. Padahal, biaya transaksi yang rendah dapat menunjang kenyamanan konsumen yang sudah ada dan menarik minat lebih banyak orang yang belum menggunakan satu layanan keuangan. Selain cepat dan murah, pembayaran yang beragam juga menjadi tren sekarang ini. Dengan banyaknya alternatif, tentunya konsumen akan dimudahkan dalam bertransaksi.

Kedua, pembayaran instan juga mulai semakin berkembang. Pembayaran instan tentu juga menjadi tren pembayaran baru yang mengubah cara bertransaksi pelaku bisnis ataupun konsumen. Sebelumnya, pembayaran transfer bank hanya dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari, dan waktu yang dibutuhkan untuk dana tersebut sampai ke tujuan juga cukup lama. Tetapi, pembayaran instan saat ini sudah mengubah cara lama bertransaksi tersebut menjadi cepat dan akurat sehingga konsumen tidak perlu menunggu lama untuk menerima ataupun melakukan pembayaran. Tidak hanya itu, pembayaran instan juga memudahkan berbagai bisnis dalam pendistribusian dana ke berbagai tujuan.

Tren ketiga yang juga menjadi perhatian adalah perkembangan Distributed Ledger Technology atau DLT. Jika sistem sebelumnya, centralized ledger, membutuhkan satu pusat otoritas untuk memastikan transfer yang dilakukan terjamin, dalam sistem distributed ledger, partisipan akan langsung mendapatkan catatan transfer masing-masing tanpa harus menunggu konfirmasi otoritas pusat. Seperti yang dikutip dari coinvestasi.com, setiap partisipan di dalam jaringan ikut andil dalam memproses setiap transaksi, membuat beberapa kesimpulan, dan kemudian melakukan voting akan beberapa kesimpulan tersebut sampai sebagian mayoritas setuju dengan kesimpulan yang diambil. Dengan sistem DLT, transaksi dapat dilakukan dengan efisien dan dapat dilakukan dalam jangka waktu yang cepat.


Beberapa tren di atas tentu menjadi tren penentu masa depan industri pembayaran. Pembayaran yang dilakukan oleh konsumen ataupun pelaku bisnis dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan aman. Tren-tren di atas juga dapat memicu inovasi pembayaran yang ada agar semakin berkembang untuk memudahkan berbagai pihak dalam dunia bisnis.