6 Faktor untuk Menentukan Harga Produk yang Dijual Secara Online

Pricing Strategy

Menjalankan sebuah toko online intinya adalah bagaimana memberikan kemudahan kepada pelanggan. Anda dapat mengurangi usaha mereka untuk pergi keluar untuk melihat-lihat dan membeli produk, dan juga menghemat biaya mereka untuk melakukan hal tersebut. Jika sebuah produk dapat dipesan dan dikirimkan ke depan pintu Anda, mengapa Anda harus pergi ke toko?

Meskipun kemudahan adalah faktor terbesar untuk kesuksesan toko online, ada faktor lain yang penting yaitu harga produk.

Menjalankan sebuah toko online sebenarnya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan toko offline. Anda dapat menghemat biaya sewa tempat, pemeliharaan dan display. Itulah yang menyebabkan toko online mampu memberikan diskon besar-besaran.

Pembeli online pun kini sudah semakin pintar. Ketika mereka tahu Anda dapat menghemat biaya dalam menjalankan toko online, mereka kemudian akan mengharapkan Anda untuk memberikan manfaat lainnya kepada mereka.

Best price

Anda dapat memberikan manfaat dengan berbagai cara, bukan hanya diskon yang presentasenya ditentukan berdasarkan jumlah pembelian barang. Katakanlah Anda mampu memberikan diskon 15% untuk suatu produk; Anda dapat memilih untuk memberikan diskon langsung, atau memberikan diskon sebesar 10% dan menyediakan pengiriman gratis untuk barang tertentu.

Lalu, bagaimana cara menetapkan harga produk? Ketahuilah poin-poin di bawah ini:

1. Biaya yang Dikeluarkan

Dasar dari bisnis yang baik adalah ketika Anda dapat menutupi biaya produksi dan mendapatkan profit sebelum dijadikan harga akhir. Anda perlu tahu berapa banyak biaya yang Anda keluarkan, kemudian ketika menambahkan margin keuntungan, Anda juga perlu tahu berapa banyak unit yang perlu dijual untuk menghasilkan keuntungan.

2. Target Pendapatan

Anda harus memiliki target pendapatan untuk dapat menentukan seberapa banyak keuntungan yang ingin didapatkan dari bisnis. Tentukan target pendapatan serta biaya untuk produksi, pemasaran, dan penjualan produk, lalu tetapkan berapa harga per produknya. Estimasikan juga jumlah produk yang akan Anda jual tahun depan. Kemudian bagi target pendapatan Anda dengan jumlah target penjualan Anda. Sekarang, Anda dapat melihat berapa harga jual yang dibutuhkan untuk mencapai target pendapatan dan keuntungan Anda.

3. Pesaing

Jangan tiru pesaing Anda, tapi kenalilah gerak-gerik mereka. Jangan menghabiskan terlalu banyak energi untuk mereka, tetapi dengan mengikuti mereka, Anda bisa mendapatkan ide bagus, tips, petunjuk, bahkan informasi tentang pelanggan juga.

4. Pelanggan

Memahami pelanggan itu penting. Diskon yang Anda berikan bisa membantu atau bahkan berbahaya bagi produk Anda, tergantung pada produk yang Anda jual. Tidak ada salahnya jika menanyakan ke pelanggan untuk memberikan idenya mengenai harga produk Anda. Hal ini dapat memberikan pencerahan untuk Anda juga.

5. Pasar

Anda harus mencari faktor luar yang akan memengaruhi permintaan produk di masa depan. Faktor-faktor ini mungkin sederhana seperti pola cuaca jangka panjang atau undang-undang yang dapat memengaruhi masa depan penjualan produk Anda.

6. Harga

Komponen kunci lain dalam menentukan harga produk yang tepat adalah terus memantau harga dan profitabilitas secara teratur. Anda harus tahu sejauh mana setiap produk yang Anda jual berkontribusi untuk mencapai tujuan Anda dalam mendapatkan uang setiap bulannya.

“Fungsi + Manfaat yang diperoleh = Nilai”. Sejauh Anda bisa menciptakan nilai bagi pelanggan, dia akan dengan senang hati membayarnya.

Sumber: Sellmojo

Join Us

Artikel - Artikel Terkait