Best Practices yang Biasa Digunakan Website Ecommerce

user experience

Jika saat ini Anda sedang membuat atau menjalankan online shop Anda melalui sebuah website eCommerce, UI (user interface) & UX (user experience) menjadi salah satu elemen penting untuk kesuksesan website Anda.

Salah satu parameter penting dalam mencapai UI & UX yang sempurna adalah usability. Kebanyakan pengunjung meninggalkan sebuah website eCommerce karena berbagai alasan seperti kredibilitas online shop, proses checkout yang terlalu panjang atau tidak menemukan barang yang dicari.

Dengan banyaknya halaman spesifik yang ada seperti halaman produk, shopping cart, metode pengiriman, pembayaran dll, Anda harus memastikan bahwa setiap elemen di berbagai halaman usable.

Berikut adalah beberapa best practices yang umumnya digunakan oleh website eCommerce:

Gunakan alamat email untuk login

Kebanyakan orang memiliki lebih sedikit alamat email dibandingkan dengan username yang acak. Dan alamat email lebih mudah untuk diingat. Ditambah lagi alamat email selalu unik, sehingga cocok digunakan sebagai pengenal di online shop Anda.

Groupon.co.id

Gunakan breadcrumbs to memundahkan navigasi

Jika Anda menjual SKU lebih dari 1000 dengan produk kategori yang berbeda-beda, Anda harus dapat memastikan visitor Anda mengetahui dimana posisi mereka ketika sedang melakukan penelusuran. Breadcrumbs adalah metode yang sangat tepat digunakan sebagai navigator.

Lazada.co.id

Cantumkan kontak informasi

Mencantumkan kontak informasi sehingga pengunjung dapat melihat setiap saat ketika mereka sedang mencari barang, dapat meningkatkan kredibilitas sebuah online shop.

blibli.com

Letakkan search field dengan tepat

Pastikan pencarian produk di website Anda sangat mudah. Itu sebabnya kebanyakan online shop meletakkan search field di header sehingga terlihat di setiap halaman.

planetsports.net

Gunakan security badges

Kebanyakan orang Indonesia masih enggan untuk berbelanja online karena masalah kredibilitas. Dengan mencantumkan logo yang menunjukan website Anda aman, pengunjung akan merasa nyaman ketika berbelanja di website eCommerce Anda.

traveloka.com

Tunjukan setiap fee di shopping cart

Hidden fee adalah salah satu alasan customer tidak jadi melakukan pembelian di sebuah online shop. Pastikan Anda menunjukan setiap fee agar customer mengetahui jumlah yang harus mereka bayar.

berrybenka.com

Sumber: Spyrestudios

Join Us

Artikel - Artikel Terkait