Cara Efektif Meningkatkan Omset Penjualan Toko Online Anda

usaha modal kecil untung besar

Pebisnis mana yang tak ingin mendapatkan untung besar? Siapa yang tak ingin bisnisnya berkembang? Beragam cara dilakukan pemilik bisnis untuk bisa terus bertahan dan berkembang, salah satunya adalah seperti promosi besar-besaran hingga menghabiskan uang dalam jumlah yang banyak. Padahal, ada beberapa trik lainnya untuk meningkatkan profit yang lebih sederhana dan terjangkau. Berikut beberapa trik yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan profit bisnis Anda :

Tingkatkan harga

Ketika menjual suatu barang dengan harga yang tinggi, atau bahkan sedikit lebih tinggi dengan pesaing, seringkali kita akan merasa khawatir jika tidak akan ada orang yang akan membeli produk yang kita jual. Tingkat kekhawatiran akan semakin menjadi-jadi ketika kita membayangkan dampak dari sepinya pembeli ini, yaitu merugi atau bahkan bangkrut. Padahal, teknik ini sebetulnya bisa bermanfaat untuk menambah penghasilan Anda dan menjaga Anda untuk tetap mendapatkan keuntungan jika angka penjualan sedang kurang maksimal.

Teknik ini akan lebih efektif dilakukan pada Unique Selling Proportion yang tepat. Intinya, jika memang Anda menjual suatu produk yang berkualitas, maka harganya akan berbanding lurus. Miliki sesuatu yang membedakan produk Anda dengan kompetitor dan berikan value yang lebih untuk pelanggan Anda. Sehingga walaupun dengan harga yang sedikit lebih tinggi, pelanggan Anda tetap merasa "worth it" untuk membeli produk Anda.

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Untuk menjaga hubungan dengan pelanggan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Contohnya sebagai berikut :

  • Jika ada pelanggan yang hanya mengorder dalam jumlah kecil, yang memungkinkan Anda hanya mendapat untung kecil atau bahkan tidak sama sekali, sebaiknya jangan tolak pesanan mereka. Tetap layani mereka dengan sebaik mungkin. Ingatlah, pelanggan yang puas akan kembali pada Anda, dan mereka bisa saja merekomendasikan produk dan toko online Anda pada yang lain. Anggaplah ini sebagai investasi Anda.

  • Jika ada pelanggan yang meminta penggantian produk yang rusak, dan produk yang dibelinya adalah produk yang memberikan sedikit keuntungan, tetap segera kirimkan barang penggantinya tanpa memberikan persyaratan ini dan itu. Untuk mengatasi persoalan ini, jika memungkinkan, segera kirim produk dari lokasi asalnya, sebelum sampai ke gudang penyimpanan Anda. Hal ini diharapkan bisa mengurangi biaya pengiriman dan meminimalisir kerugian.

  • Jika ada pelanggan yang tak puas, bantu mereka untuk segera menyelesaikan masalah ini.

  • Tak ada salahnya memberikan pelayanan ekstra bagi pelanggan yang loyal.

Memberi penawaran diskon

Gunakan psychological pricing. Pelanggan akan ‘merasakan’ mendapatkan penawaran yang baik. 73% pelanggan berbelanja karena pengaruh diskon. Trik lainnya adalah dengan penawaran ‘Free Shipping’. Tentu saja, sebelum melakukan hal ini, Anda mesti membuat perhitungan yang matang supaya tidak merugi.

Ketersediaan barang

Pastikan produk yang ada pada katalog Anda selalu tersedia. Segera restock sebelum produk benar-benar habis. Sebuah riset mengatakan, 77% pelanggan akan beralih ke kompetitor Anda karena tidak mendapatkan produk yang Anda ‘janjikan’.

Evaluasi biaya dan kegiatan produksi Anda

Contoh, apabila Anda menerapkan telemarketing untuk memperkenalkan atau menjual produk Anda. Evaluasi hal ini, apakah teknik ini akan berdampak pada penjualan dan pendapatan Anda? Seberapa besar dampaknya. Segera stop teknik ini jikalau tak memberikan hasil yang signifikan. Artinya, Anda hanya membuang-buang biaya untuk meng-hire salesperson dan tagihan telepon. Anda juga akan membuang waktu.

Sebagai gantinya, manfaatkan budget Anda untuk meningkatkan mengembangkan situs Anda. Membuatnya semakin menarik dan user friendly. Untuk tetap mempermudah penerimaan keluhan dan kebutuhan informasi bagi pelanggan, Anda bisa mencantumkan page ‘Contact Us’ atau gunakan email support. Customer service memiliki peran yang sangat penting.

Dynamic pricing

Maksudnya, harga yang Anda tentukan mestilah fleksibel, misalnya, menyesuaikan dengan kompetitor, special season seperti hari raya atau natal, traffic pada situs, dsb.


Untuk mencapai keuntungan maksimal, kenali dengan seksama keadaan bisnis yang Anda jalankan, dan terapkan tips yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Selamat mencoba!

Sumber : Econsultancy , Shopify

Join Us

Artikel - Artikel Terkait