Cara kreatif untuk Menarik Visitors ke Website Anda

cara meningkatkan traffic website

Banyak faktor yang membuat konsumen mengunjungi website Anda. Salah satu cara paling efektif untuk menarik visitor adalah dengan mengoptimalkan SEO untuk mempermudah pencarian visitor terhadap website Anda. Berikut cara yang mudah untuk meningkatkan traffic dalam website Anda dengan biaya yang cukup murah.

Buat blog yang menarik

blog HijUp

Blog di sini bukan sekedar blog yang menjelaskan tentang produk dan promosi yang sedang Anda jalankan di website Anda. Melainkan blog yang menarik, bernilai dan memberikan manfaat lebih kepada setiap pembacanya. Pastikan Anda menjelaskan ide yang Anda miliki dengan jelas dengan membuat blog berikut ini:

  • Gunakan satu ide ketika menulis blog
  • Tulis headline yang menarik
  • Pastikan pembaca akan peduli dan tertarik mengenai blog yang Anda tulis
  • Berikan contoh dalam blog
  • Buat kalimat terakhir yang dapat menggundang jumlah comment dalam blog Anda

Jangan lupa untuk selalu meminta subscription dalam blog Anda! Karena pengunjung atau konsumen berulang adalah investasi jangka panjang bagi perkembangan bisnis Anda.

Berikan salah satu karya terbaik Anda dengan gratis

Strategi ini cocok bagi brand baru yang belum memiliki brand awareness tinggi. Jika tidak ada yang pernah mendengar tentang Anda, mereka bahkan tidak akan repot-repot untuk membajak Anda, apalagi membayar untuk apa yang Anda tawarkan. Maka anggaplah strategi ini sebagai 'tester', untuk memperkenalkan produk atau jasa baru Anda.

Contoh yang bisa Anda berikan antara lain :

  • Bab pertama dari novel Anda (atau bahkan seluruh novella)
  • Laporan gratis atau e-book, yang penuh dengan informasi yang berguna
  • Salah satu lagu terbaik dari album Anda
  • Template desain
  • Gambar resolusi tinggi
  • Serangkaian tutorial

Nyatakan dengan jelas apa yang boleh dan tidak oleh dilakukan dengan produk yang Anda sebarkan, misalnya tidak boleh disebarkan ulang atau diklaim sebagai milik pribadi. Pastikan produk tersebut adalah sesuatu yang berharga. Jika Anda merasa sedikit tidak nyaman tentang memberikan sesuatu begitu baik, Anda berada di jalur yang benar.

Anda tidak harus memberikan semua produk terbaik Anda tapi berikan 1 atau 2 produk terbaik Anda saja untuk memicu word of mouth diantara konsumen Anda.

Manfaatkan audiens orang lain

Diana Rikasari Fashion Blogger

Tulislah blog atau artikel tentang seseorang dalam website Anda yang sesuai dengan produk dan service yang Anda tawarkan kepada konsumen. Hal ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan audiens langsung dari mereka. Atau Anda pun dapat meminta bloggers atau social influencer mengenai website atau produk Anda. Berikan mereka link dan panduan yang jelas mengenai tulisan mereka. Agar mereka mendapatkan akses yang mudah menuju website Anda.

Manfaatkan dan integrasikan social media Anda

facebook qraved

Buat konten menarik mengenai artikel atau blog Anda dan sebarkan di social media yang Anda miliki. Buat konten yang sesuai dengan karakter social media Anda. Berikan juga informasi, gambar, video, tips dan konten lainnya untuk menarik orang lain memfolow social media yang Anda miliki. Memanfaatkan social media itu salah satu cara yang mudah dan murah, jadi Anda harus bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Update website Anda secara berkala

Seperti halnya konsumen, mesin pencari seperti Google pun mencari dan menampilkan website yang memiliki konten terbaru juga. Kuncinya pilih web hosting atau platform yang membantu Anda untuk mengupdate website Anda dengan mudah dan sering. Contoh free platform seperti WordPress dapat Anda pertimbangkan karena pengaturannya yang memungkinkan Anda mengupdate website secara berkala.

Pastikan website Anda memiliki konten yang relevan bagi konsumen

Posisikan bisnis Anda sebagai salah satu solusi yang dicari oleh konsumen dalam menghadapi kesulitannya sehari-hari. Hal ini lebih baik dibandingkan dengan menjelaskan panjang lebar mengenai produk, sejarah bisnis Anda dan lain-lain. Gunakan juga kata sapaan ‘Kami’ dibandingkan ‘Anda’ karena selain menghilangkan kesan kaku juga memberikan kesan bahwa Anda sangat peduli terhadap konsumen Anda.

Investasikan profit Anda kepada penulis professional dan web designer

Hal ini dapat memberikan dampak langsung terhadap website Anda untuk selalu berpenampilan menarik dan fresh serta dapat menarik pengunjung untuk mengunjungi website Anda. Website gratis memang cukup namun jika Anda ingin traffic lebih pastikan untuk berinvestasi lebih terhadap website Anda.

Selamat mencoba!

Sumber : Bopphibbs , 99u

Join Us

Artikel - Artikel Terkait