Cara Membuat Customer Aman Berbelanja di Website eCommerce Anda

Website ecommerce Aman

Survey yang dilakukan Avira menunjukan bahwa sebanyak 20% konsumen ragu berbelanja online, 30% mereka merasa khawatir berbelanja online, dan 22% hanya berbelanja di website terkenal saja. Jika Anda ingin membangun bisnis online yang bertahan lama, maka tugas utama Anda adalah membuat konsumen merasa nyaman dalam memberi informasi finansial mereka. Jika tidak dilakukan, maka dapat dipastikan konsumen Anda batal melakukan pembelian dalam website Anda.

Lalu, bagaimana caranya memastikan konsumen berbelanja dengan aman dan nyaman dalam website eCommerce Anda?

1. Berikan sertifikasi kemanan pada website eCommerce Anda, seperti menggunakan ‘https’ pada alamat website karena huruf ‘s’ tersebut berarti ‘secured’ (aman). Namun, terkadang konsumen tidak memperhatikan cara tersebut, oleh karena itu dengan menampilkan website atau logo VeriSign, GeoTrust, dan Thawte mampu meningkatkan kredibiltas kemanan website eCommerce Anda dalam transaksi jual-beli.

Untuk memperoleh sertifikasi keamanan dari perusahaan tersebut cukup dengan mendaftar dan melakukan pembayaran dalam jangka watu tertentu. Bahkan bagi sebagian browser dilengkapi dengan tanda visual yang dapat memperingatkan Anda jika suatu website berbahaya dan tidak dapat dipercaya.

2. Lakukan autentikasi identitas diri berlapis seperti lakukan verifikasi sebelum menyimpan data konsumen. Atau dapat juga dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kemanan sebelum memberikan informasi konsumen. Hal ini dilakukan agar konsumen merasa aman bahkan ketika mereka lupa dengan password dan ID mereka sendiri.

3. Pastikan payment gateway yang Anda gunakan sudah lulus uji PCI DSS jika ingin melakukan pembayaran melaui kartu kredit atau debit. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan informasi pemegang kartu dan diwajibkan bagi semua website eCommerce.

4. Berikan konsumen Anda pilihan dalam melakukan pembayaran karena tidak semua konsumen ingin menggunakan kartu kredit atau debit. Bisa jadi konsumen ingin membayar menggunakan PayPal, bank transfer atau cahs on delivery. Dengan menampilkan berbagai fitur pembayaran, selain menciptakan rasa aman, juga meningkatkan kepuasan konsumen dalam berbelanja.

Melalui empat langkah di atas, kini Anda telah mengetahui bagaimana membangun website eCommerce yang aman dan terpercaya. Jika Anda menemui kesulitan sebaiknya konsultasikan hal tersebut pada pihak ketiga yaitu perusahan payment gateway, yang membantu Anda dalam proses keamanan transaksi belanja online.

Sumber: Hubspot

Join Us

Artikel - Artikel Terkait