Cara Mengambil Foto Produk yang Bagus Hanya dengan Smartphone

Cara Mengambil Foto Produk yang Bagus Hanya dengan Smartphone!

Bagi toko online, foto produk adalah salah satu penentu apakah pengunjung jadi membeli produk Anda atau tidak. Sehingga tidak heran kebanyakan pemilik toko online berinvestasi untuk membuat foto produk mereka sejelas mungkin. Tetapi sebelum Anda menghabiskan uang untuk membayar photographer profesional atau menyewa kamera DSLR untuk mengambil foto produk, pertimbangkan untuk menggunakan smartphone Anda. Kini smartphone telah dilengkapi fitur canggih dan aksesoris yang mendukung Anda untuk mengambil foto produk dengan lebih praktis. Hal ini membuat Anda dapat menekan pengeluaran & mengalokasikan dana tersebut untuk kegiatan promosi Anda.

1. Gunakan smartphone Anda sebagai kamera

Sebagian besar smartphone yang berada di pasaran sudah memiliki kamera berkualitas baik. Jika Anda salah satunya, maka Anda memiliki alat pengganti DSLR. Apapun merk smartphone Anda, pastikan memiliki pengaturan auto focus dan menghasilkan kualitas foto dengan besaran megapixel maksimum.

2. Aksesoris smartphone

Beberapa aksesoris yang direkomendasikan adalah backdrop, meja, pengaturan lighting, tripod dan lensa.

1. Backdrop

Gunakan backdrop putih atau abu-abu muda sebagai background foto produk Anda untuk menghasilkan kualitas foto yang bersih dan hasil yang konsisten. Selain warna, Anda juga harus memastikan backdrop yang Anda gunakan bersih & rata. Anda dapat membuat backdrop sendiri dengan menggunakan dinding, kertas, papan busa dan masih banyak lagi. Backdrop yang baik mampu mempercepat kerja post-produksi.

2. Meja

Gunakan meja untuk memudahkan Anda ketika mengambil foto. Tergantung dengan peralatan yang Anda pilih, Anda juga dapat menjadikan meja sebagai salah satu properti dalam pengambilan foto.

3. Cahaya

Banyak sekali pilihan untuk menggunakan lighting dalam proses pengambilan foto produk, namun yang paling mudah dan murah adalah cahaya natural. Atur produk dan peralatan dekat dengan jendela besar untuk mendapatkan cahaya cukup dalam frame. Jika cahaya natural sulit untuk dicari, coba gunakan lampu yang lebih besar namun hal ini harus disesuaikan dengan besaran objek foto Anda.

4. Stabilisasi gambar

Stabilitas dalam pengambilan gambar sangatlah penting untuk memastikan hasil gambar yang tajam. Anda dapat menggunakan alat bantu seperti tripod. Meskipun smartphone Anda memiliki pengaturan untuk menstabilkan gambar, namun jika kamera bergoyang sedikit maka akan menghasilkan gambar yang blur.

5. Lensa

Lensa bukanlah hal yang wajib Anda miliki. Jika Anda memerlukan kualitas zoom yang tinggi dan menciptakan gambar mikro maka Anda dapat menggunakan lensa tambahan untuk smartphone Anda.

3. Pilih aplikasi yang tepat

Banyak sekali aplikasi untuk smartphone Anda yang dirancang membantu smartphone Anda memaksimalkan potensi kameranya. Sebagai panduan memilih, Anda dapat memperhatikan review atau rating aplikasi yang akan Anda gunakan.

1. Shooting

Sebaiknya gunkan aplikasi kamera yang terdapat dalam smartphone Anda. Jika hasilnya tidak memuaskan Anda dapat menambahkan aplikasi dalam smartphone Anda. Seperti aplikasi Android Camera Zoom FX yang menempati urutan pertama di aplikasi kamera untuk smartphone Android Anda. Atau iPhone Camera+ yang mampu meningkatkan kemampuan smartphone Anda ketika mengambil gambar.

2. Editing

Setelah pengambilan gambar selesai dilakukan, Anda dapat melakukan editing terhadap hasil foto tersebut. Adobe photoshop Express adalah aplikasi editing gambar untuk android dan iPhone Anda yang mudah dan cepat digunakan. Photoshop touch lebih baik dan canggih dibandingkan dengan versi express yang merupakan tiruan dari photoshop versi desktop.

Cara mengambil foto dengan smartphone

Persiapan

Gambar 1

Setelah menyiapkan aksesoris dan aplikasi untuk smartphone Anda. Tutorial ini menggunakan iPhone 5S menggunakan aplikasi Camera_ dan edit gambar menggunakan Photoshop Express serta menyimpan gambar menggunakan Dropbox.

Gambar 2

1. Sempurnakan lighting

Pertimbangkan menggunakan lighting sekitar Anda dan memilih pengaturan studio menggunakan cahaya sebanyak mungkin. Anda dapat menggunakan cahaya alam dari jendela untuk pengaturan lighting Anda untuk hasil yang natural serta menggunakan backdrop dari papan untuk memantulkan cahaya terhadap objek foto Anda.

2. Atur meja dan background

Setelah lighting dipersiapkan, kini saatnya mengatur meja, backdrop, produk dan tripod. Gunakan kertas gulung sebagai background untuk pengambilan foto anting di bawah ini. Selain menghasilkan lighting yang cukup juga memudahkan pengaturan anting dalam mengambil foto.

3. Ambil posisi dan stabilkan posisi smartphone Anda

Untuk foto objek berukuran kecil, tripod digunakan untuk mengatur smartphone berjarak satu langkah dari objek foto. Dengan menggunakan lensa tambahan, Anda dapat menghasilkan gambar yang tajam melalui kemampuan zoom lensa tersebut.

4. Perhatikan details ekstra

Sebelum Anda memotret produk Anda pastikan produk bersih dari cacat, kotoran bahkan label harga. Debu dan cacat dapat dihilangkan ketika post produksi, namun menghindari kecacatan dapat menghemat waktu Anda lebih banyak.

Pengambilan foto

Pada saat pengambilan foto, pastikan Anda menyesuaikan aplikasi kamera dan pengaturan kamera di smartphone Anda seperti zoom, fokus, exposure dan lain-lain. Lihat dan perhatikan gambar yang Anda ambil apakah membutuhkan cahaya lebih atau terlalu banyak cahaya dalam kamera.

Ketika Anda sudah mengatur setting atau pengaturan kamera dan aplikasi Anda, saatnya Anda mengambil foto produk Anda.

Gambar 4

Proses editing

Untuk menghasilkan foto yang menakjubkan butuh proses editing yang tepat dengan menggunakan fitur crop & straighten, sharpen, contrast, shadow dan vibrance. Namun jika Anda menginginkan kepraktisan, Anda dapat mengirimkan foto Anda untuk proses editing ke pihak outsourcing untuk keperluan bisnis Anda.

Selamat mencoba!

Sumber: Bigcommerce

Join Us

Artikel - Artikel Terkait