Cara Mengelola Beberapa Akun Media Sosial Sekaligus

cara mengelola media sosial

Dalam era serba digital seperti sekarang ini, media sosial memegang peranan penting dalam hampir tiap strategi perusahaan. Dengan menggunakan media sosial, bisnis-bisnis dapat menjangkau para pelanggan dan calon pelanggan secara personal. Kini, pilihan platform media sosial pun banyak, seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn dan YouTube, dan bisnis-bisnis pun biasa menggunakan lebih dari satu platform.

Masalahnya, mengelola lebih dari satu akun media sosial cukup menguras waktu dan tenaga, baik itu untuk pembuatan konten atau menanggapi tanggapan klien. Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir, karena ada upaya-upaya serta beberapa perangkat yang dapat membantu pekerjaan tersebut. Yuk simak di bawah ini!

Buatlah strategi branding media sosial

Kini, media sosial merupakan sarana utama bisnis-bisnis dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaanya, mengenalkan merek atau layanan yang ditawarkannya, menarik pengunjung atau pelanggan baru, dan membangun komunikasi dengan pelanggan. Nah, dalam menjalankan usaha-usaha tersebut melalui media sosial, Anda butuh strategi yang jelas dan pasti untuk memastikan usaha Anda benar-benar membuahkan hasil.

Pergunakanlah perangkat manajemen media sosial

Kini semakin banyak perangkat lunak dan perangkat daring yang dapat membantu Anda dalam pengelolaan media sosial bisnis Anda, baik dalam hal penjadwalan ataupun analisa. Di bawah ini adalah beberapa perangkat yang dapat Anda coba.

Buzzsumo
Perangkat yang satu ini terkenal untuk kemampuannya memonitor keberhasilan konten media sosial Anda, atau lebih tepatnya, berapa kali konten Anda dibagikan kembali oleh orang-orang. Untuk saat ini, Buzzsumo dapat dihubungkan dengan Facebook, LinkedIn, Twitter dan Pinterest. Cara menggunakannya juga sederhana, Anda hanya perlu memasukkan URL post media sosial Anda.

Sprout Social
Sebagai perangkat yang terhubung dengan Twitter, Instagram, Facebook, LinkedIn, Google+ dan Pinterest, Sprout Social merupakan sarana manajemen medial sosial yang terhitung cukup lengkap koneksinya. Melalui Sprout Social, Anda pun dapat memantau tingkat engagement pelanggan serta membuat jadwal atau kalender editorial konten media sosial bisnis Anda.

Buffer
Perangkat yang satu ini dapat mempermudah penjadwalan publikasi konten media sosial Anda. Analisis akurat tentang usaha dan target user juga menjadi kekuatan utama perangkat yang terhubung dengan Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest dan Google+ ini.

SumAll
Untuk laporan hasil analisis media sosial, Anda dapat mengandalkan SumAll. Cukup hubungkan akun media sosial Anda dengan SumAll, dan SumAll akan mengirimkan laporan harian atau mingguan tentang engagement, jangkauan, aktivitas post serta seberapa besar audience media sosial perusahaan Anda secara otomatis. Perangkat yang satu ini dapat dihubungkan dengan Twitter, Instagram, Facebook (pages), LinkedIn (company pages), dan Shopify.

Buatlah jadwal editorial

Jadwal atau kalender editorial merupakan salah satu cara yang terbukti ampuh mempermudah jalannya strategi branding perusahaan atau organisasi Anda. Adanya perencanaan konten dan waktu distribusi dapat memastikan media sosial perusahan Anda konsisten.

Analisa strategi Anda secara berkala

Terakhir, kumpulkan semua informasi yang bisa Anda dapatkan dari tiap laporan analisis perangkat manajemen media sosial Anda. Analisa yang menyeluruh akan memberikan Anda gambaran tentang bagaimana akun-akun media sosial bisnis Anda telah berkembang dan kecenderungan tanggapan klien. Dengan langkah ini, Anda pun dapat menentukan langkah selanjutnya yang tepat untuk tiap akun media sosial bisnis Anda.


Dengan mengelola beberapa akun media sosial sekaligus, perusahaan Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dengan lebih baik. Walaupun melaksanakannya tidak mudah, Anda dapat memastikan semua berjalan sesuai harapan dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Semoga berhasil!

Sumber: Sprout Social, Buffer