Cara Mengubah Pelanggan Bisnis Anda Menjadi Fans Loyal

brand fanbase

Coba perhatikan berbagai brand sukses yang ada di dunia. Meski bekerja di bidang yang berbeda, seluruh brand tersebut memiliki satu kesamaan, yakni fanbase yang kuat. Artinya, brand-brand tersebut memiliki hubungan yang baik dengan konsumen mereka, dan hal inilah yang membuat mereka bisa besar dan sukses.

Agar bisa memiliki fanbase yang kuat untuk brand, tentunya dibutuhkan loyalitas dari para konsumen Anda. Memang dibutuhkan waktu yang tak sebentar untuk melakukannya, tetapi untungnya ada banyak cara untuk dicoba. Beberapa di antaranya bisa Anda lihat di bawah ini.

Buat Facebook Page, lalu beri human touch

Sediakan sebuah platform di mana seluruh konsumen atau target audiens Anda dapat berkumpul dan berinteraksi, baik dengan Anda maupun dengan satu sama lain. Facebook Page dapat menjadi platform yang tepat untuk ini. Melalui Facebook Page, Anda bisa mempost berbagai konten menarik, promo, membagikan informasi terkait brand, hingga mendapat feedback dari konsumen.

Namun, untuk meningkatkan engagement, usahakan untuk selalu memberikan human touch pada setiap hal yang Anda lakukan di Facebook Page. Anggaplah Anda sedang berinteraksi dengan teman sendiri, tetapi dalam cara yang lebih sopan dan profesional. Sebagai contoh, Anda bisa mengunggah berbagai foto dan video behind the scene di perusahaan. Katakanlah brand Anda hendak launching produk baru. Tunjukkan kerja keras seluruh anggota tim Anda dan unggahlah ke Facebook Page.

Terlibat dalam percakapan sesering mungkin

Ingat, Facebook Page bekerja secara dua arah. Percuma jika Anda terus-terusan mengunggah beragam konten, tetapi Anda tidak pernah sekali pun berinteraksi dengan followers. Di setiap konten biasanya akan ada followers yang meninggalkan komentar. Jangan biarkan komentar tersebut begitu saja. Luangkan waktu untuk menjawabnya sesegera mungkin. Hal ini akan membuat konsumen Anda merasa benar-benar diperhatikan dan dihargai. Alhasil, loyalitas mereka pun bisa meningkat.

Mengadakan program reward untuk konsumen

Cara satu ini sudah terbukti ampuh dalam meningkatkan loyalitas konsumen karena pada dasarnya, konsumen memang senang mendapatkan penawaran menarik. Ada banyak opsi program reward yang bisa Anda coba. Katakanlah brand Anda menjual produk makeup wanita melalui situs toko online.

Nah, untuk setiap pembelian kelipatan Rp100.000, Anda bisa memberikan satu poin. Jika sudah mencapai jumlah poin tertentu, nantinya konsumen dapat menukarkannya dengan beragam produk Anda yang lain. Dengan adanya program reward seperti ini, konsumen memiliki dorongan untuk terus berbelanja di tempat Anda.

Ikut rayakan hari ulang tahun konsumen Anda

Hari ulang tahun merupakan salah satu momen paling spesial dalam kehidupan konsumen Anda. Jadi, mengapa Anda tidak membuatnya lebih spesial lagi dengan memberikan hadiah? Cara satu ini sudah banyak dilakukan oleh berbagai brand, contohnya Starbucks yang selalu memberikan segelas minuman gratis kepada konsumen yang sedang berulang tahun. Anda dapat melakukan hal yang sama untuk membuat konsumen merasa spesial dan dihargai.

Sediakan platform bagi konsumen untuk menyampaikan ide

Loyalitas konsumen terhadap brand akan meningkat jika mereka tahu bahwa Anda selalu mendengarkan mereka. Namun, bagaimana cara melakukannya? Anda bisa meniru cara yang dilakukan Betabrand, sebuah clothing brand yang menjual produk-produk bernuansa funky.

Di situs resminya, Betabrand menyediakan sebuah halaman untuk para konsumen menyampaikan ide tentang produk dan vote produk baru. Alhasil, seperti dilansir contentmarketinginstitute.com, Chris Lindland selaku founder Betabrand mengatakan bahwa sebanyak 20% ide tentang produk baru berasal dari konsumen. Hal ini pun membuat konsumen merasa benar-benar terlibat dengan perkembangan brand yang mereka ikuti.


Membangun fanbase yang kuat untuk brand memang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Karenanya, Anda juga harus terus konsisten dalam melakukan berbagai cara di atas. Jika memiliki ide lain untuk membangun fanbase yang kuat, Anda bisa share di bawah ini!

Sumber: Social Media Examiner, Canny Creative