Cara Meningkatkan Loyalitas Customer di Online Shop Anda

Online Shopping

Salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas customer di online shop Anda adalah dengan membuat loyalty program. Cara ini sudah sering digunakan di toko offline untuk menarik pembeli. Keuntungan dari loyalty program adalah adalah membangun hubungan jangka panjang dengan customer.

Pertumbuhan jumlah online shop yang sangat tinggi saat ini, membuat pemilik toko online tidak bisa mengesampingkan petingnya memiliki hubungan yang solid dengan customernya. Intinya adalah membuat pengunjung & pembeli online shop Anda puas. Dengan begitu, mereka akan kembali lagi dan bahkan merekomendasikan toko Anda. Satu viral customer akan membawa banyak pembeli yang baru. Kepuasan tersebut bisa diberikan salah satunya dengan loyalty program.

Hal pertama yang paling penting untuk memulai loyalty program tersebut adalah planning. Loyalty program yang dirancang harus dapat mendorong customer melakukan future purchase.

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan loyalitas customer di online shop Anda:

1. Newsletter subscription
Hal yang pertama yang ingin Anda lakukan adalah membuat online shop Anda mudah di akses oleh customer. Anda bisa meminta pengunjung Anda untuk sign up ke newsletter. Dengan newsletter tersebut, customer akan mendapatkan update terbaru tentang online shop Anda, seperti produk baru, promo, events dll. Subscribe newsletter bisa dilakukan ketika customer sign up di online shop Anda.

2. Poin reward untuk setiap pembelian
Ketika customer membeli di online shop Anda, berikan mereka poin untuk setiap rupiah yang mereka habiskan. Contohnya, berikan 10 poin untuk setiap pembelian sebesar Rp 100.000,-. Aturlah jangka periode reedem yang cukup, sehingga customer terdorong untuk mengumpulkan poin tersebut. Pada umumnya redeem biasa dilakukan setelah 3 - 4 kali pembelian. Jika cara ini dilakukan dengan benar, maka akan meningkatkan Sales & loyalitas customer Anda secara instant.

3. Referral/Affiliate Diskon
Anda bisa meminta customer Anda untuk merefer customer baru dan berikan diskon untuk setiap referral. Berikan diskon yang cukup menarik, sehingga customer rela untuk berbagi ke social circle mereka. Semakin banyak social circle yang customer Anda punya, semakin besar traffic yang akan didatangkan oleh mereka.

4. Mengumpulkan data demografis & kontak
Dengan menggunakan survei, Anda bisa mengumpulkan data mengenai customer Anda, seperti demografis, jenis produk yang disukai, bentuk diskon yang disukai dll. Melalui data tersebut Anda bisa memperluas database Anda. Berikan voucer atau diskon untuk customer yang mengisi survei sebagai insentif.

Sumber: Expatliving.sg

Join Us

Artikel - Artikel Terkait