Cara Meningkatkan Penjualan Online Melalui Facebook

Cara Meningkatkan Penjualan Online Melalui Facebook

Facebook sudah terbukti menjadi salah satu alat untuk berjualan online yang sangat efektif. Dengan tingginya trafik di media sosial tersebut setiap menit nya, banyak penjual online yang mencoba menawarkan berbagai produk untuk dijual baik melalui teman ke teman, berbagai grup jual beli ataupun mengiklan melalui Facebook Ads.

Jika saat ini Anda ingin memulai atau sedang berjualan online di Facebook, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

Pastikan customer mengetahui brand toko Anda.

Langkah pertama untuk berjualan online melalui facebook adalah dengan membuat sebuah akun atau halaman fan. Akan lebih mudah jika Anda memulai dengan sebuah akun yang Anda beri nama sesuai dengan brand toko Anda. Bayangkan bahwa akun tersebut adalah toko Anda, sehingga Anda harus mencantumkan setiap informasi yang diperlukan, seperti logo toko Anda, kontak yang bisa dihubungi, deskripsi mengenai toko Anda & metode pembayaran. Deskripsi yang lengkap akan membantu branding sekaligus meningkatkan kerpercayaan customer pada toko Anda.

Upload gambar & deskripsi produk dengan jelas.

Langkah kedua adalah dengan memasukan gambar & deskripsi produk yang akan Anda jual. Gunakanlah gambar dengan kualiatas bagus & jelas, sehingga customer dapat membayangkan produk yang akan mereka beli. Artikel ini dapat menjadi referensi bagaimana cara mengambil foto untuk gambar produk dengan benar.. Di samping itu, produk deskripsi sangatlah penting. Pastikan Anda memberikan informasi yang lengkap mengenai harga, ukuran, jenis dll.

Distribusikan toko Anda sesuai dengan target market.

Salah satu bagian terpenting adalah menentukan target market untuk produk yang Anda jual, seperti gender, usia, kebiasaan dll. Seringkali online seller menyalahgunakan fitur tagging yang dimiliki facebook. Cara berjualan seperti itu tidak akan menghasilkan konversi penjualan yang baik, karena tidak terarah pada target market yang tepat.

Setelah Anda mengetahui target market, gunakan berbagai channel seperti facebook group, facebook Ads, ataupun mencari orang-orang yang relevan.

Persiapkan flow transaksi dengan benar.

Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan ketika customer mulai tertarik hingga akhirnya membeli produk Anda.

  1. Bersiaplah untuk menjawab segala pertanyaan mengenai produk Anda. Sebisa mungkin pindahkan percakapan Anda ke ruang yg lebih privat, seperti BBM, whatsapp, LINE dll.
  2. Ketika customer melakukan order, pastikan customer mengetahui cara melakukan pembayarannya, biaya kirim & tujuan pengiriman. Jasa payment gateway akan membantu Anda menerima pembayaran secara online dengan lebih mudah & aman.
  3. Setelah pembayaran dilakukan, Anda dapat bersiap mengemas & melakukan pengiriman ke customer.
  4. Langkah terakhir adalah dapatkan feedback mengenai produk & pelayanan toko Anda, untuk meningkatkan kualitas toko Anda.

Scale toko Anda dengan membuat website eCommerce.

Metode berjualan melalui facebook hanya dapat Anda lakukan ketika ukuran bisnis Anda masih kecil. Bayangkan jika Anda memiliki ratusan hingga ribuan produk & order Anda sudah sangat banyak, Anda akan menghadapi banyak kendala dalam memperbesar bisnis Anda. Hal tersebut disebabkan karena Facebook bukanlah tool untuk berjualan secara online.

Yang Anda harus lakukan adalah membuat online shop Anda berpindah dari Facebook ke website eCommerce. Website eCommerce akan membantu Anda mengatur flow bisnis Anda dengan lebih baik & scalable.

Sumber: Mediabisnisonline

Join Us

Artikel - Artikel Terkait