Cara Meningkatkan Penjualan Online Shop Anda Melalui SEM dengan Google Adwords

Growth

Digital Advertising atau pengiklanan secara digital, menjadi metode terbaru bagi pemilik usaha untuk melakukan aktivitas marketing. Selain metode tersebut jauh lebih tertarget dibading media konvensional seperti radio, televisi & cetak, ditigal advertising relatif lebih murah.

Saat ini, space yang tersedia untuk digital advertising didominasi oleh bisnis-bisnis digital & online. Tetapi, brand-brand besar seperti, XL, Unilever & Telkomsel, mulai melirik potensi digital advertising untuk aktivitas marketing mereka.

Apa Itu SEM?

SEM adalah kependekan dari Search Engine Marketing dan mencakup semua aktivitas marketing yang ditargetkan menuju search engines. Secara gampangnya, SEM adalah proses mendapatkan trafik dengan membeli iklan di search engines. Secara lebih specific, penerapan SEM untuk salah satu search engine yang paling populer yaitu Google, adalah Google Adwords.

Mengapa SEM Itu Penting?

Berikut adalah keuntungan yang Anda dapat melalui SEM;

  • Meningkatkan brand awareness
  • Menjaga kompetisi
  • Meningkatkan trafik website
  • Meningkatkan penjualan
  • Menghasilkan leads & mengakuisisi customers.

3 Langkah untuk Memulai SEM

1. Identifikasi keywords

Sebelum Anda memulai campaign, Anda perlu mengidentifikasi keywords yang akan ditarget. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, keunggulan digital advertising adalah kemampuan untuk mentarget customer Anda. Google Adwords memungkinkan pemilik bisnis atau brand, mentarget pencari sesuai dengan keywords atau kata kunci yang dicari.

Contoh Google Adowords

Mulailah mencari long-tail keywords, atau kata kunci yang panjang & spesifik. Semakin specifik kata kunci yang digunakan semakin tertarget iklan Anda & semakin tinggi tingkat kualitas visitor Anda.

2. Buatlah iklan Anda

Setelah Anda memiliki daftar keywords yang akan ditarget, saatnya memanfaatkan keywords tersebut untuk mengiklan. Buatlah iklan sesuai dengan keyword yang telah Anda pilih dengan memasukkan keyword tersebut di dalam iklan Anda. Lalu, tentukan website tujuan dari iklan yang Anda buat.

3. Tentukan Budget Anda

Langkah terakhir adalah menentukan budget untuk iklan Anda. Salah satu keunggulan dari Google Adwords adalah, Anda hanya membayar berdasarkan jumlah klik dari iklan Anda. Jadi, Anda dapat menyesuikan biaya iklan berdasarkan budget yang Anda miliki.

Jika Anda sudah selesai dengan 3 langkah diatas, Anda bisa memulai iklan Anda. Hal yang tidak kalah penting setelah Anda memulai iklan Anda adalah, melakukan review. Review diperlukan untuk mengoptimasi iklan Anda, seperti keyword yang berhasil & tidak, waktu pengiklan paling efektif ataupun budget yang diperlukan. Dengan review Anda dapat membuat iklan yang jauh lebih efektif kedepannya.

Sumber: Prestashop

Join Us

Artikel - Artikel Terkait