Cara Meningkatkan Website Credibility Toko Online Anda

website credibility

Era digital memungkinkan kita untuk melakukan riset dengan mudah dan cepat. Mengevaluasi sumber informasi pun menjadi hal penting yang wajib dilakukan. Sebagai penyedia informasi tersebut, Anda tentu ingin agar orang-orang terus kembali mengunjungi website Anda karena kredibilitas yang dijunjung. Kredibilitas inilah yang membuat orang-orang merasa bahwa mereka dapat meletakkan kepercayaannya terhadap website Anda. Sekarang kami akan membahas sedikit tentang bagaimana cara meningkatkan kredibiltas website untuk membantu penjualan ataupun tingkat kepercayaan masyarakat.

Mengapa suatu website harus kredibel?

Menurut situs Conversionxl.com, salah satu ahli riset terbaik yang bergerak pada bidang website credibility, yakni BJ Fogg, pernah berkata bahwa pelanggan menuntut Anda untuk menciptakan website yang dapat dipercaya dan memiliki pengetahuan cukup untuk menyebarkan informasi. Website merupakan titik kontak pertama yang dikunjungi oleh pelanggan, oleh sebab itu website bertanggung jawab untuk menciptakan kesan pertama yang tepat.

Misalnya, Anda sedang berjalan menyusuri kota dan ada orang yang menawari iPhone 6 baru seharga 3 juta rupiah. Penjual tersebut bahkan menunjukkan barangnya. Meski harganya murah dan produknya bagus, kemungkinan besar Anda pasti tidak akan membelinya karena Anda tidak merasa percaya. Apakah iPhone 6 tersebut bisa menyala? Mengapa harganya sangat murah? Bisa saja barang tersebut merupakan hasil curian, bukan? Akan ada pertanyaan-pertanyaan lain serupa yang terus memenuhi benak Anda. Lagi pula, Anda juga tidak kenal dengan penjualnya.

Sama halnya dengan website Anda. Tujuan yang harus Anda tetapkan adalah untuk menawarkan produk Anda dalam cara yang membuat orang merasa bahwa iPhone 6 memang pantas dibeli dengan harga 3 juta rupiah. Dengan kredibilitas, Anda akan mendapatkan pelanggan yang diinginkan. Perusahaan yang menyusun website-nya dengan menjunjung kredibilitas akan memiliki competitive advantage dibanding para kompetitornya.

4 tipe website credibility

Masih dari situs Conversionxl.com, Fogg juga mengatakan bahwa setidaknya ada empat macam kredibilitas yang bisa diterapkan dalam pembuatan website, yakni:

  • Presumed credibility – asumsi umum (contoh: Anda mendengar sebuah brand yang lebih kredibel dari brand-brand lain dalam bidang tertentu).
  • Reputed credibility – referensi dari pihak ketiga (contoh: rekan kantor Anda mengatakan bahwa brand A memiliki kredibilitas baik, sedangkan brand B tidak).
  • Surface credibility – ditemukan melalui “inspeksi” sederhana (contoh: Anda menilah bahwa website dari brand C terlihat membingungkan).
  • Earned credibility – pengalaman pribadi (contoh: customer service yang ramah atau e-mail marketing yang penuh dengan kesalahan penulisan).

Hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan website credibility

Kabar baiknya, website credibility bisa dibangun secara perlahan. Anda bisa coba melakukannya dengan menerapkan beberapa cara berikut ini:

Perhatikan desain website

Pada dasarnya, setiap orang akan merasa lebih senang berinteraksi dengan manusia sungguhan daripada sebuah mesin. Menciptakan desain website yang tepat dapat membantu Anda untuk mencapai hal tersebut. Dr. Brent Coker pernah meneliti efek dari website atraktif terhadap perilaku manusia. Secara psikologi, tanpa sadar kita lebih memiliki kepercayaan tinggi pada orang-orang berpenampilan menarik, dan hal ini berlaku pula untuk website. Perilaku dan kecenderungan kita secara offline turut memengaruhi eksistensi online kita. Website yang atraktif mampu menciptakan kepercayaan dan profesionalisme pada benak pelanggan.

Tunjukkan tempat kerja

GetCRAFT

Meski berbisnis dalam ranah online, Anda tentu memiliki kantor offline yang digunakan untuk bekerja sehari-hari, bukan? Tunjukkan eksistensi dari kantor tersebut dengan memajang fotonya pada website Anda. Hal ini dapat menjadi salah satu bukti bahwa organisasi Anda benar-benar ada dan nyata. Hasilnya, orang-orang akan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi terhadap perusahaan Anda.

Selalu sertakan alamat dan nomor telepon

Veritrans

Foto tempat kerja saja belum cukup untuk menambah nilai kredibilitas pada website Anda. Sertakan alamat kantor dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Cantumkan kedua hal tersebut pada bagian footer dan sidebar. Namun, bagi yang jenis bisnisnya sangat mengandalkan telepon masuk, Anda juga harus mencantumkan alamat dan nomor telepon pada bagian header.

Kenalkan tim di balik layar

Brodo

Everyone can be anyone in the internet, dan itulah mengapa orang-orang tidak akan percaya kepada website anonim. Kenalkan diri Anda dan orang-orang yang bekerja bersama Anda di balik layar. Jangan lupa untuk menyesuaikan foto dengan image yang ingin ditampilkan perusahaan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa menampilkan foto bertema kasual apabila perusahaan Anda merupakan agensi kreatif.

Highlight kelebihan bisnis Anda

Matoa

Orang-orang hanya dapat melihat apa yang Anda tunjukkan melalui website Anda, jadi jangan ragu untuk memberi tahu berbagai kelebihan yang Anda miliki. Jangan hanya mengandalkan foto karena pengunjung bisa memberi beragam interpretasi. Berilah deskripsi jelas yang mampu menghapuskan keraguan pada benak pengunjung dan menggantinya dengan kesan kredibel.


Kredibilitas tidak bisa didapatkan hanya dalam waktu semalam. Dibutuhkan berbagai strategi, yang mungkin tidak seluruhnya akan berhasil, untuk membangun website credibility. Jadi, jangan patah semangat apabila sebuah strategi memberi hasil kurang maksimal pada website Anda. Masih ada berbagai strategi lain yang bisa Anda coba. Good luck!

Sumber: Conversion XL, Usabilla Blog, Our Everyday Life

Join Us

Artikel - Artikel Terkait