Cara Menulis Job Description yang Efektif dan Menarik

cara menulis job description

Tanpa job description atau deskripsi pekerjaan yang menarik, jumlah pelamar kerja bisa jadi tidak memenuhi kuota yang diharapkan. Tidak hanya itu, penulisan job description yang tidak tepat juga bisa jadi menarik orang-orang yang kurang tepat atau tidak sesuai dengan yang diharapkan. Memang, nyatanya menulis job description tidaklah mudah. Tapi tenang, Anda tidak sendirian! Ikuti tips-tips sederhana berikut agar job description Anda dapat menarik jumlah pelamar kerja yang Anda harapkan sekaligus meningkatkan ragam dan kualitas pelamar kerja Anda.

Tarik perhatian pelamar sejak awal

Sebelum membuka sebuah lowongan pekerjaan, Anda tentu sudah memiliki bayangan kandidat yang ideal. Nah sekarang coba posisikan diri Anda sebagai kandidat tersebut. Kira-kira, hal apa saja yang akan menarik perhatian kandidat ideal tersebut? Kalimat seperti apa yang ingin dibaca oleh kandidat tersebut? Kalau sudah mendapat jawabannya, buatlah kalimat tawaran pekerjaan yang sulit ditolak oleh kandidat berdasarkan jawaban Anda tadi.

Jabarkan semua detil yang biasa dicari oleh pelamar kerja

Pastikan job description yang Anda berikan sudah sangat jelas bagi pelamar kerja dan juga perusahaan Anda sendiri. Beberapa hal yang wajib Anda bahas dalam job description termasuk posisi pekerjaan atau job title, tipe pekerjaan, kriteria atau kualifikasi kandidat, gaji yang ditawarkan hingga lokasi kantor serta pihak yang bisa dikontak.

Pertama-tama, job title harus dituliskan secara jelas dan ringkas. Jika posisi pekerjaan tersebut tergolong baru, coba cari tahu nama posisi pekerjaan dengan job description yang serupa di perusahaan lain sebagai referensi. Kedua, kriteria kandidat harus secara gamblang menjelaskan kriteria apa saja yang dibutuhkan atau harus dimiliki oleh pelamar kerja. Ketiga, tipe pekerjaan harus secara jelas menyatakan apakah posisi yang ditawarkan itu merupakan posisi full-time, part-time, freelance, atau magang. Keempat, ada baiknya juga jika Anda memberitahukan kisaran atau rentang gaji yang ditawarkan untuk memudahkan proses negosiasi. Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan alamat kantor serta nomor atau email yang dapat dihubungi oleh kandidat.

Pastikan deskripsi Anda mudah dibaca serta singkat, padat, jelas

Poin-poin yang dibahas di atas perlu diberikan rincian informasi lebih lanjut. Sebagai contoh, dalam penjelasan mengenai posisi pekerjaan, Anda perlu menjelaskan pula tanggung jawab harian pelamar kerja tersebut. Lalu dalam poin gaji, Anda perlu menjelaskan juga benefit yang akan didapatkan pelamar kerja di luar gajinya. Nah daripada menuliskan rincian tersebut dalam bentuk paragraf yang panjang, lebih baik jika penjelasan tersebut disajikan dalam bentuk poin-poin yang ringkas.

Selain dapat membantu kandidat memahami detil-detil tersebut dengan lebih mudah, job description yang ditulis dengan poin-poin yang ringkas juga lebih enak dilihat. Anda juga dapat menambahkan foto fasilitas atau suasana kerja untuk membuat tampilan job description Anda lebih menarik. Terakhir, pastikan Anda menggunakan bahasa yang mudah dimengerti untuk menghindari munculnya kesalahpahaman.

Tunjukkan keunikan dan visi perusahaan Anda

Jika perusahaan Anda memiliki track record yang mengagumkan, akan ada banyak kandidat yang tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Anda. Tapi lebih dari track record yang bagus, Anda juga butuh yang namanya kejelasan visi serta semangat dan optimisme untuk visi tersebut, ala perusahaan startup. Karena itu, pastikan Anda menuliskan secara jelas visi perusahaan Anda di job description karena orang-orang suka menjadi bagian dari sesuatu yang besar atau menarik. Terakhir, pastikan keunikan perusahaan Anda juga terlihat jelas dalam job description yang Anda bagikan.

Jelaskan apa saja yang akan diterima oleh sang pelamar

Setelah menjabarkan semua yang diharapkan dari para kandidat, Anda juga perlu menjelaskan apa saja yang mereka akan terima sebagai imbal balik. Nah, tuliskanlah dengan jelas dan ringkas hak, fasilitas, atau benefit yang akan didapatkan oleh kandidat ketika sudah bergabung dengan perusahaan Anda. Contohnya asuransi kesehatan, upah lembur, pelatihan gratis, sistem reimbursement, atau bahkan fasilitas gym di kantor serta ruang bermain game.


Menulis job description yang menarik dan efektif terhitung cukup sulit, baik untuk perusahaan muda yang masih belajar, ataupun perusahaan besar yang sedang membuka posisi baru. Namun satu hal yang pasti, jika penulisan dan penyajian job description Anda menarik dan berhasil menampilkan persona perusahaan, Anda akan mendapatkan kandidat-kandidat yang berkualitas dengan lebih mudah.