Cara Mudah Menghitung ROI untuk Printed Ads Toko Online Anda

menghitung roi

Meskipun online marketing sedang booming, iklan media cetak atau yang biasa dikenal sebagai printed ads tetap diperlukan untuk mencapai goals dari perusahaan Anda. Karena marketing planning yang efektif adalah juga mencakup kegiatan online marketing dan printed ads untuk menarik target marketing Anda dari berbagai level. Caranya dengan menarik benang merah antara online marketing dan printed ads dalam kegiatan marketing Anda. Cara menghitung ROI nya pun kini lebih mudah dengan menghubungkan printed ads dan online market yang mampu menghasilkan performance dari kegiatan marketing.

Gunakan cara berikut ini untuk menghitung ROI dari printed ads Anda dan menghubungkannya dengan online marketing:

Tawarkan target pasar Anda dengan nomor telepon unik

Hitung setiap panggilan masuk dari nomor telepon Anda dan gunakan CRM untuk men-tracking hasilnya. Gunakan sistem seperti Marchex karena Anda hanya perlu men-set nomor telepon dan sistem tersebut yang akan mengaturnya. Jika bisnis Anda masih kecil dan start up, pilih nomor gratis dan voicemail gratis dari Google Voice.

Tarik calon konsumen Anda ke dalam custom landing page

Sebelum Anda menjalankan online marketing, Anda harus mampu men-set up sistem yang mampu men-tracking segala kegiatan Anda di dalam website, misalnya dengan menggunakan Google Analytics. Kemudian Anda dapat membuat customized landing page. Alamat dari landing page tersebut dapat Anda peroleh melalui printed ads. Gunakan alamat landing page yang unik, mudah dan gampang diingat oleh semua orang. Berikan tampilan yang berbeda dengan tampilan utama website Anda agar Google mampu men-tracking website Anda dengan mudah dan memudahkan setiap orang untuk mencari landing page Anda.

Tambahkan pertanyaan “How’d you find us?” Dalam form contact di website Anda

Hal ini merupakan cara mudah bagi Anda untuk mengukur ROI dari printed ads Anda untuk mengetahui darimana konsumen mengetahui website atau iklan Anda. Pastikan Anda menyediakan beberapa pilihan jawaban untuk konsumen agar memberikan jawaban lebih spesifik untuk Anda. Gunakan kolom dropdown yang mampu membantu konsumen untuk mengingat kembali informasi yang mereka peroleh. Pastikan juga untuk menghapus campaign lama agar jawaban tetap up to date dan mengurangi error.

Selalu tanyakan kepada konsumen Anda

Latihlah tim Anda khususnya customer service untuk selalu bertanya mengenai sumber informasi dari iklan atau perusahaan Anda lalu record ke dalam system CRM Anda. Anda dapat memberikan service yang terbaik untuk konsumen Anda sekaligus menghitung nilai ROI dalam campaign yang Anda lakukan. Hal ini dapat memberikan insight baru bagi Anda untuk menentukan campaign selanjutnya atau mengevaluasi campaign yang sedang Anda jalankan.

Anda harus perhatikan bahwa printed ads khususnya majalah, sangat lambat untuk membangun basis konsumen. Hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama bagi mereka untuk memperoleh total audiens dari majalah tersebut. Misalnya majalah bulanan memberikan efek terhadap penjualan Anda dalam waktu 2 atau 3 bulan sejak terbit. Namun hal ini tentu berbeda jika Anda memasang iklan di Koran karena setiap media khususnya media printing memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing.

Sumber : The Daily Egg

Join Us

Artikel - Artikel Terkait